BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern
0
0

12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh Mustika

Mei 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Atap rumah memang memiliki fungsi utama sebagai pelindung bangunan dari terik matahari dan hujan. Akan tetapi, pemilihan model atap rumah akan mempengaruhi tampilan bangunan dan juga ruang interior di dalamnya. Maka, tidak ada salahnya memilih model atap rumah terbaru untuk hunian modern agar tidak terkesan ketinggalan zaman.

Model atap rumah yang sering kita jumpai di sekitar kita adalah atap berbentuk segitiga atau yang disebut atap pelana dan perisai. Kedua model atap ini  merupakan model yang paling mudah dibuat dan biasanya terbuat dari material genteng maupun multiroof. Saking banyaknya dipakai, penggunaan kedua model atap ini sudah terlihat biasa.

Kalau ingin tampilan rumah yang beda dari yang lain, model atap rumah terbaru bisa jadi pilihan. Inovasi atap model terbaru ini bisa dilihat dari bentuknya yang unik hingga materialnya yang beragam.

Model Atap Mepet Tembok

Source : home-designing

Model atap rumah pada umumnya dibuat menjorok lebih maju daripada tembok rumah. Hal ini bertujuan untuk melindungi tembok dari tempias hujan.

Nah, model atap rumah terbaru ini berbeda karena sisi atapnya tidak menjorok, melainkan terpasang pas dengan tepian tembok. Namun, bukan berarti rumah tidak terlindungi dari tempias hujan. Sebab, posisi bangunannya dibuat menjorok ke dalam. Konsepnya sederhana, tapi unik dan menarik.

Model Atap Datar

Source : yourownarchitect

Atap berbentuk datar juga termasuk model atap rumah yang populer beberapa tahun belakangan ini. Atap yang datar membuat bangunan berbentuk kotak sehingga menciptakan kesan dinamis dan beda. Apalagi salah satu sisi dindingnya didominasi dengan kaca tembus pandang.

Menariknya lagi, atap datar bisa dimanfaatkan untuk membuat ruang rooftop, lho. Di sini kamu bisa menciptakan ruangan yang cozy untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dari ketinggian atas rumah.

Model Atap Miring Kombinasi

Source : Minimal home design

Model atap rumah terbaru yang satu ini merupakan kombinasi atap datar dan atap miring. Bentuknya beda dari yang lain, membuat siapa pun yang melihatnya akan terkesan. Model atap semacam ini cocok untuk rumah yang melebar ke samping, sehingga tampilan fasad depan rumah terlihat unik.

Model Atap Miring dan Rooftop

Source : artofit

Model atap rumah yang satu ini tidak hanya memiliki satu fungsi sebagai pelindung, melainkan fungsi ganda. Pasalnya, atap rumah terbagi menjadi dua bagian, yaitu sebagian rooftop dek dan sebagian lagi berupa atap miring. Model atap rumah terbaru ini cocok untuk rumah kecil untuk memaksimalkan ruang yang ada.

Model Atap Miring Meruncing

Source : prohomedecors

Konsep atap rumah ini tidak jauh berbeda dengan atap pelana, yakni membentuk segitiga yang tinggi di bagian tengahnya. Bedanya, model atap ini memiliki salah satu sisi yang melintang dan menjorok lebih tinggi. Konsepnya sederhana tetapi langsung terlihat uniknya, kan?

Model atap rumah terbaru ini bisa membuat rumah kecil tampak lebih besar. Apalagi kalau kedua sisinya dicat dengan warna berbeda, seolah mengesankan ada dua bangunan yang menyatu.

Model Atap Rumah Asimetris

Source : trendir

Model atap rumah ini lebih dikenal dengan sebutan saltbox. Bentuknya jelas berbeda dari atap pada umumnya yang berbentuk segitiga simetris dengan kedua sisinya sama panjang. Atap saltbox ini justru memiliki bentuk asimetris karena salah satu sisinya jauh lebih panjang. Unik, ya!

Model Atap Solar Panel

Source : designersgang

Hunian masa kini mulai mengedepankan konsep ramah lingkungan dan hemat energi. Karenanya, model atap rumah terbaru dengan solar panel pun kian populer.

Konsep atap semacam ini cocok untuk negara tropis dengan sinar matahari yang melimpah. Jadi, atap bukan sekadar pelindung dari matahari tetapi justru memanen energi listrik dari matahari.

Model Atap Melengkung

Source : idesignarch

Model atap rumah ini disebut curved roof atau arched roof, yaitu merupakan atap yang bentuknya melengkung. Di antara model atap rumah yang umumnya berbentuk segitiga, atap melengkung otomatis terlihat beda dan menonjol dari yang lain.

Model Atap Lengkung Ekstrem

Source : Houzz

Model atap rumah berikutnya juga memiliki bentuk melengkung, tetapi lebih ekstrem. Pasalnya, lengkungannya tidak terbatas pada atap saja, tapi bahkan temboknya pun ikut melengkung. Model atap rumah terbaru tentu saja butuh perencanaan yang matang dengan bantuan arsitek.

Model Atap Rumah Hijau

Source : onekindesign

Konsep rumah yang dekat dengan lingkungan alam juga bisa diintegrasikan dalam komponen atap, lho. Seperti contoh model atap rumah terbaru ini yang memiliki green rooftop. Bukan sembarang rooftop belaka, melainkan rooftop dengan hamparan rumput layaknya di halaman rumah.

Model Atap Rumah Miring Ganda

Source : witteha

Model atap rumah berikutnya memiliki bentuk miring yang melandai ke salah satu sisinya, seperti segitiga siku-siku. Menariknya, bangunan ini memiliki atap miring ganda yang melandai ke arah berlawanan. Hunian pun tampak unik dan estetik dengan kesan kontemporer yang kental.

Model Atap Rumah Datar Melengkung

Source : Essential Home

Model atap rumah datar tidak harus monoton dengan bentuk kotak. Atap datar yang dibuat melengkung pun memberi karakter tersendiri pada bangunan rumah. Alih-alih terlihat kaku, adanya lengkungan pada atap datar justru memberi kesan luwes dan estetik.

Itulah sederetan contoh model atap rumah terbaru yang cocok untuk hunian masa kini. Saat memilih model atap rumah, pastikan Pins juga memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, ya. Misalnya saja, apakah daerah tersebut sangat panas atau termasuk teduh. Pertimbangkan juga intensitas hujan dan pengelolaan aliran airnya untuk menentukan model atap yang tepat.

Baca juga: Aneka Jenis Atap Teras Rumah Minimalis


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download