Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Mudah! Ini Dia Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga dengan Praktis

Hobi

Mudah! Ini Dia Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga dengan Praktis

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 16 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Merawat taman bunga bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Anda bisa sekalian berkebun dan menyalurkan hobi. Selain itu menikmati warna-warni bunga juga akan membuat Anda lebih rileks. Merawat tanaman bisa menjadi stress release yang tepat untuk Anda yang merasa penat setelah bekerja setiap hari. Lalu bagaimana cara merawat taman yang mudah dan menyenangkan ya?

Pinhome – Beberapa cara merawat tanaman bunga dengan praktis bisa Anda lakukan di rumah. Anda tidak perlu menyewa gardener atau tukang yang merawat tanaman untuk melakukan pekerjaan ini. Anda bisa melakukan agenda merawat tanaman ini di akhir pekan. Hal ini karena merawat tanaman memerlukan waktu yang lebih dari 2 jam sehingga Anda perlu mengalokasikan waktu tertentu untuk hal tersebut.

Di hari kerja mungkin Anda akan kesulitan untuk merawat tanaman, pasalnya Anda hanya akan mempunyai waktu sedikit untuk berkebun. Hal sederhana yang bisa Anda lakukan di hari kerja mungkin hanya menyiram tanaman atau menggeser tanaman ke area yang terkena paparan matahari. Pertanyaannya adalah apakah ada cara mudah untuk merawat tanaman secara sederhana yang dapat dilakukan setiap hari ya?

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai bagaimana cara merawat tanaman bunga yang praktis. Yuk disimak bersama-sama!

Pastikan Anda mempunyai keran air di taman

(Pixabay)

Mempunyai keran air di taman ternyata ada manfaatnya. Anda bisa dengan mudah menyiram tanaman menggunakan selang air. Daripada repot-report membawa ember dan gayung, menyiram tanaman dengan selang air akan lebih mudah. Maka dari itu memasang keran di taman sangat efektif untuk hal satu ini.

Namun, pastikan volume air saat menyiram taman bunga dengan keran tidak terlalu kuat ya. Hal ini untuk mencegah kerusakan air karena semburan air yang terlalu kencang. Gunakan mode sedang atau rendah untuk menyiram tanaman bunga.

Lakukan penjadwalan untuk pemberian pupuk

(Dinas Pertanian Buleleng)

Bagi Anda yang bekerja namun tetap ingin mempunyai taman bunga, maka melakukan penjadwalan untuk pemberian pupuk adalah langkah tepat.

Anda bisa melakukan pemupukan 1 sampai 2 kali seminggu menggunakan pupuk kompos atau kandang. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pemupukan di hari kerja. Dengan begini waktu kerja Anda tidak akan terganggu.

Pisahkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari lebih dan yang tidak

bagaimana cara merawat taman
(Hipwee)

Anda juga bisa melakukan tips berikut ini Pins. Pisahkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari lebih dan yang tidak. Ini akan memudahkan Anda dalam mengatur posisi tanaman. Jadi Anda tidak harus selalu menggeser posisi tanaman bunga.

Untuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari bisa Anda siasati dengan memasang penghalang seperti jaring atau letakkan di bawah tanaman lebih tinggi yang rindang.

Pilih tanaman bunga yang tidak memerlukan penyiraman setiap hari

bagaimana cara merawat taman
(Lazada)

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa memilih tanaman bunga yang tidak memerlukan penyiraman. Ada beberapa tanaman yang tidak memerlukan penyiraman setiap hari seperti bunga amarilis, bunga impatiens, dan bougenville.

Nah, dengan begitu Anda bisa menghemat waktu Anda, karena tidak perlu menyiram tanaman bunga tersebut setiap hari. Tiga tanaman bunga tersebut memang mempunyai kekuatan untuk bertahan di kondisi yang terik dan kering, maka dari itu mereka masih dapat hidup dan berkembang dalam cuaca panas.

Pilih tanaman bunga yang tidak memerlukan sinar matahari setiap hari

(Miracle Gro)

Kalau sebelumnya ada tanaman yang tidak memerlukan penyiraman, maka ada juga tanaman yang tidak perlu sinar matahari secara intens. Tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari adalah bunga Anthurium, Peace Lily, anggrek bulan,  Bunga cyclamens, dan bunga clivia.

Tanaman-tanaman bunga tersebut bisa menjadi referensi Anda yang mencari tanaman yang kuat hidup di indoor. Dengan kata lain tanaman bunga di atas bisa tumbuh dan berkembang tanpa sinar matahari.

Perbaiki kesalahan umum dalam menanam tanaman di taman

(Foodhill Conservacy)

Selain tips di atas, Anda juga bisa memanfaatkan tips berikut untuk merawat taman bunga, yaitu memperbaiki kesalahan umum dalam menanam tanaman.

Pertama, apabila Anda menanam tanaman bunga di tanah, usahakan memberi jarak setiap tanaman. Hal ini agar setiap tanaman mempunyai ruang untuk tumbuh dan berkembang sehingga mereka tidak berebut nutrisi tanah.

Kedua, pangkas tanaman bunga yang mempunyai penyakit. Hal ini dilakukan demi mencegah menularnya atau menyebarnya penyakit tersebut ke tanaman lain yang masih sehat.

Ketiga jangan menggunakan mulsa terlalu banyak. Penggunaan mulsa bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan gulma. Walaupun ini langkah yang baik tapi ada aturannya dalam menggunakan mulsa. Jangan sampai tumpukan mulsa terlalu tebal, hal ini akan mencegah sinar matahari menembus tanah untuk memberikan cahaya pada akar. Apabila mulsa terlalu tebal maka berpotensi akan membuat tanaman layu.

Nah itu saja Pins tips tentang bagaimana cara merawat taman bunga yang praktis. Yuk mulai diaplikasikan untuk membantu Anda berkebun!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel