Pinhome

Cara Membangun Rumah Tahan Gempa

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 8 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah yang indah dan megah mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika kondisi rumah tersebut ketika bencana gempa terjadi? Tetap berdiri kokoh, retak, atau bahkan rubuh? Tentunya, kita tidak menginginkan hal itu terjadi, membangun rumah tahan gempa mungkin sebuah kata yang tepat dalam merencanakan sebuah rumah indah, nyaman, sekaligus kuat.

Ketika bencana gempa terjadi, sebagai manusia tentunya harus berusaha sebaik mungkin dalam menghindari bencana. Namun, hasilnya tetap beresiko, jadi dalam membangun rumah juga harus disertai perencanaan yang matang. Berikut cara membangun rumah tahan gempa yang harus kamu ketahui.

Rumah Tahan Gempa

rumah tahan gempa

Perhitungan Struktur Rumah 

Struktur rumah tahan gempa harus direncanakan terlebih dahulu untuk dapat menahan gempa dengan skala kebesaran tertentu, sperti halnya untuk ketahanan struktur rumah dalam bencana kebakaran. Membangun rumah anti gempa, artinya memiliki masa ketahanan dalam waktu tertentu ketika bencana gempa terjadi, sehingga memberikan kesempatan pada penghuni rumah untuk menyelamatkan diri dari keruntuhan.

Rumus perhitungan struktur rumah ini akan berbeda antara daerah yang satu dengan lainya. Hal ini menyesuaikan besarnya gempa yang terjadi untuk masing-masing wilayah. Data pembagian wilayah gempa di Indonesia bisa di peroleh di badan klimayologi dan geofisika yang bertugas mengidentifikasi iklim dan bencana yang digunakan dalam merencanakan insfrastrukutur seperti jembatan, maupun gedung.

Pondasi Rumah

rumah tahan gempa
(Shutterstock)

Jika pada rumah biasa menggunakan pondasi batu kali seadanya, berbeda dengan pondasi dalam membangun rumah anti gempa yang harus dibuat sebaik mungkin. Seperti penambahan ukuran pondasi, membuat pondasi yang aman terhadap pergoyangan struktur rumah, sehingga nantinya dapat menahan rumah disaat gempa terjadi.

Baca juga: Jenis Pondasi Rumah 1 Lantai, Kuat dan Tahan Lama

Bahan Bangunan 

Bebagai jenis bahan bangunan dapat dipakai dalam membangun rumah yang kuat seperti beton bertulang, baja, kayu, bamboo yang masing-masing bahan bangunan tersebut mempunyai nilai kekuatan dalam hal ketahanan terhadap gempa.

Inovasi terbaru juga menggabungkan semacam peer yang mampu bertahan disaat terjadi goyangan gempa, namun teknologi tersebut belum sepenuhnya sempurna, masih diperlukan inovasi lainya dalam membangun rumah anti gempa. 

Sekiranya, itulah yang dapat menggambarkan bagaimana cara membangun rumah tahan gempa terbaik, semakin megah dan besar rumah dibangun maka antisipasi terhadap gempa semakin besar pula. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel