Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Cara Memasang Plafon Triplek yang Baik dan Benar

Cara Memasang Plafon Triplek yang Baik dan Benar

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 September 2021 ∙ 2 menit membaca

Pinhome – Plafon rumah menjadi salah satu hal penting untuk sebuah bangunan rumah. Plafon terbuat dari berbagai material, salah satunya adalah material tripleks. Penggunaan material triplek sebagai bahan plafon rumah mempunyai berbagai macam kelebihan maupun kekurangan. Nah kali ini mari mulai membahas bagaimana cara memasang plafon triplek yang baik dan benar.

Baca Juga: Jenis-Jenis Triplek Beserta Ukurannya

Cara Memasang Plafon Triplek

Cara memasang plafon triplek yang baik
(Unsplash)

Metode pemasangan plafon triplek dapat kita lakukan dengan langkah kerja sebagai berikut:

  1. Persiapkan bahan-bahan yang akan dipakai untuk pembuatan plafon triplek seperti triplek, kayu rangka plafond, paku, cat dll.
  2. Menyiapkan peralatan kerja pembuatan plafon triplek (benang ukur, palu, gergaji dll).
  3. Pertama-tama cek terlebih dahulu apakah dinding sudah benar-benar rapi dan siap untuk dipasang plafon triplek. Pastikan atap rumah dalam kondisi aman dari bahaya kebocoran air hujan yang dapat merusak plafon triplek nantinya.
  4. Gunakan benang dan selang air untuk mengukur kedataran lokasi pemasangan plafon dan juga sebagai penentu batasan titik-titik yang akan dipasang rangka plafon.
  5. Selanjutnya, pemasangan rangka plafon. Aturlah sedemikian rupa sehingga benar-benar sesuai dengan ukuran triplek yang direncanakan. Usahakan hingga posisi rapi dan datar tidak bergelombang. Potongan triplek yang baik adalah simetris dalam satu ruangan.
  6. Perlu juga diperhatikan untuk lokasi pemasangan titik lampu, sebaiknya dalam posisi di tengah ruangan atau pada titik-titik yang sudah direncanakan dengan baik. Dengan begitu plafon nantinya akan terlihat indah.
  7. Pemasangan triplek bisa dimulai setelah rangka plafon selesai dan benar-benar kuat.
  8. Pekerjaan compound dilakukan untuk menutup cacat kayu pada triplek atau pada nut. Jika pemasangan plafon triplek dilakukan dengan rapat tanpa celah antar sambungan.
  9. Lakukan pengecatan plafon agar plafon triplek yang sudah terpasang terlihat lebih rapi dan indah.

Demikianlah sekilas informasi tentang urutan cara memasang plafon triplek yang baik dan benar. Semoga informasi yang diberikan membantu ya!

Baca Juga:

·       Ini Dia Perbandingan Plafon Gypsum dan Plafon Asbes

·       Cara Pasang Lantai Keramik yang Benar


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel