BlogPemilik PropertiDesain HunianMacam Macam Fungsi Sloof Dari Sisi Teknis dan Sosial
0
0

Macam Macam Fungsi Sloof Dari Sisi Teknis dan Sosial

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 28, 2024

2 menit membaca

Copied to clipboard
macam macam fungsi sloof adalahtop-right-banner

Memahami macam macam fungsi sloof adalah keharusan bagi Pins yang ingin membeli ataupun membangun rumah. Ini karena sloof letaknya seringkali tersembunyi di dalam tanah dan rawan dibuat secara asal. Beberapa kasus ada yang ternyata sloof-nya menggunakan besi yang ukurannya kurang dari persyaratan atau pengecoran tidak sesuai aturan. 

Selain memperhatikan struktur bangunan, kamu juga bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung, rumah seken di Bekasi atau daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome. Aplikasi ini juga memudahkan kamu untuk Take Over KPR, lho

Mengingat, pemahaman tentang macam macam fungsi sloof adalah sangat penting, maka ulasan kali ini wajib Pins baca sampai selesai ya!

Baca Juga: Ukuran Sloof Rumah 1 Lantai

Macam Macam Fungsi Sloof Adalah

Source : Klopmart

Meskipun letaknya, tersembunyi namun keberadaan sloof sangat penting dalam satu kesatuan struktur beton bertulang. Beberapa oknum nakal membuat sloof secara asal karena beberapa alasan. Mulai dari menghemat biaya pembangunan hingga developer dan kontraktor yang ingin mendapatkan untung lebih besar.

Sayangnya, sikap menyepelekan sloof ini tentunya sangat bertolakbelakang dengan fungsi sloof itu sendiri. Pada dasarnya, ada dua sudut pandang yang bisa Pins gunakan untuk melihat fungsi sloof.

Baca juga:

Fungsi Dari Segi Teknis

Source : Indonusa Conblock

Dari sisi teknis, macam macam fungsi sloof adalah sangat beragam. Sebut saja mulai dari penerima beban hingga ornamen untuk mempercantik bangunan. Lebih jauh, kamu bisa menyimak penjelasan singkatnya di bawah ini:

  1. Salah satu dari macam macam fungsi sloof adalah menerima beban bagian bangunan diatasnya. Contohnya seperti pasangan dinding, pintu, jendela, dan sejenisnya.
  2. Dari sisi teknis, sloof juga berfungsi untuk meratakan beban yang diterima dari bangunan diatasnya. Nantinya, semua beban yang diterima akan disalurkan menuju pondasi.
  3. Fungsi lain adalah pengikat antar kolom untuk membuat struktur bangunan menjadi kaku dan aman terhadap guncangan akibat angin, gempa, dan lain-lain.
  4. Contoh lain dari macam macam fungsi sloof adalah untuk menahan material. Posisi sloof di bagian bawah membuatnya harus menahan beban dari urugan tanah, pasangan keramik dan berbagai macam pekerjaan lantai bangunan agar bisa tetap berada pada posisi yang direncanakan.
  5. Sloof juga bisa difungsikan sebagai ornamen untuk memperindah arsitektur bangunan. Fungsi ini terdapat pada sloof yang lokasinya di atas permukaan tanah sehingga bisa langsung terlihat oleh mata memandang.
  6. Sloof tidak menerima beban lantai dan bertindak sebagai elemen length-breaking untuk kolom, dalam kondisi di mana lantai berada pada tingkat yang lebih tinggi dari ketinggian umum.
  7. Contoh selanjutnya dari macam macam fungsi sloof adalah untuk membawa kompresi aksial dan mentransfer beban kasau (kayu/bambu) ke kolom.
  8. Sloof juga menghubungkan pondasi kolom atau tiang pancang dan menahan tulangan longitudinal pada posisi semula ketika beton dicor.
  9. Salah satu dari macam macam fungsi sloof adalah menjaga pijakan menyebar di posisinya masing-masing saat ada gempa bumi.
  10. Contoh lain dari macam macam fungsi sloof adalah sebagai grade beam yang mendistribusikan kembali beban vertikal melalui momen dan geser pada saat terjadi penurunan.
  11. Terakhir, macam macam fungsi sloof adalah sebagai pijakan untuk menopang dinding dalam atau luar dan sebagai grade beam di atas pondasi tiang untuk menyambung tiang-tiang serta menopang bangunan di atasnya.

Baca Juga : Prinsip Dasar Bangunan Tahan Gempa

Dilihat Dari Segi Sosial

fungsi sloof
Source : Balok Sloof

Dari sisi sosial, macam macam fungsi sloof adalah berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Kehadiran sistem struktur sloof membuat berbagai kalangan masyarakat bisa memperoleh pendapatan.

Sebut saja tukang bangunan yang mendapatkan upah kerja. Kemudian, ada pengusaha besi begel yang mendapat keuntungan dan toko bangunan yang memperoleh laba dari hasil penjualan material.

Kalangan pekerja lain yang memperoleh manfaat dari segi sosial macam macam fungsi sloof adalah arsitek atau insinyur. Mereka mendapatkan penghasilan dari kegiatan menghitung, merancang dan melaksanakan pembangunan.

Baca juga:

Jenis Jenis Sloof

Source : Tipe Rumah

Setelah Pins tahu lebih jauh tentang kegunaan sloof maka sudah punya alasan untuk membuatnya secara lebih baik. Ibarat akar dari sebuah pohon, ia tidak terlihat namun fungsinya sangat besar.

Mengingat fungsi sloof yang sangat vital pada bangunan, maka Pins perlu memilih material yang tepat. Pada dasarnya, ada cukup banyak material yang bisa kamu pakai. Pilihannya adalah sebagai berikut:

1. Besi

Material ini cukup populer untuk sloof. Namun, perlu Pins ingat bahwa penggunaan sloof besi akan membutuhkan beberapa hal seperti besi tulangan, pokok, hingga cincinnya. Komposisi dari elemen-elemen ini juga harus tepat.

Baca juga: 6 Cara Agar Besi Tidak Berkarat, Bagaimana Perawatannya?

2. Kayu

Pilihan aterial lain adalah kayu yang lebih banyak digunakan untuk bangunan rumah adat. Fungsi sloof kayu ini untuk pengikat sehingga bisa mengurangi panjang kolom yang ditumpu tanpa penyangga.

3. Batu Bata

Material lain yang bisa Pins gunakan untuk sloof adalah batu bata. Namun, Pins perlu tahu bahwa material ini tidak sekokoh lainnya. Alasannya sifat lembab pada batu bata membuatnya kurang cocok sebagai penyangga beban.

4. Beton Bertulang

Jika Pins membutuhkan material yang kokoh dan tahan banting, maka beton bertulang adalah jawabannya. Sloof beton bertulang cocok untuk hunian satu lantai dan acap kali digunakan untuk balok pengikat di pondasi tiang.

Baca juga: Tips Melakukan Pembongkaran Beton Bertulang 1 m3

Penempatan Sloof

Source : Freepik

Pada dasarnya, sloof memang ditempatkan di atas pondasi. Namun, sebenarnya ada dua ketentuan yang bisa Pins jadikan acuan dalam menempatkan sloof. Penempatan ini bergantung pada fungsi balok di bangunan yang sedang dibangun.

Ketentuan pertama, apabila balok pengikat berguna untuk menghubungkan dua pondai, maka sloof ditempatkan di tingkat pondasi.

Sementara itu, ketentuan kedua adalah jika balok pengikat berguna untuk mengurangi panjang kolom tanpa penyangga, maka penempatan sloof di dekat permukaan. Ini karena sloof berfungsi sebagai balok perata atau penpang dinding antara dua kolom.

Sebuah pohon bisa roboh apabila akarnya tidak kuat. Begitu juga sebuah bangunan bisa ambruk apabila sloof tidak berfungsi dengan baik. Informasi terkait macam macam fungsi sloof adalah sangat penting bagi Anda yang sedang ingin membangun rumah. Pastikan mempercayakan proses pembangunan pada ahlinya ya!

Baca Juga : Desain Rumah Tanpa Gempa


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download