Pinhome

Tips Properti

Ukuran Sloof Rumah 1 Lantai Berserta Penjelasan Besi Tulanganya

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 25 August 2021 ∙ 2 menit membaca

Berbicara tentang ukuran sloof rumah 1 lantai perlu melihat terlebih dahulu bangunan seperti apa yang akan berdiri diatasnya. Karena semakin berat bangunanya maka perlu sloof yang lebih besar.

Di sini kita akan membahas ukuran sloof rumah 1 lantai untuk rumah standar dengan ketinggian tembok 3 m yang terbuat dari pasangan batu bata finish plester aci dan cat.

Sloof adalah balok beton bertulang yang diletakan diatas pondasi bangunan sebagai tempat berdirinya kolom dan dinding, fungsinya untuk meratakan beban bangunan ke pondasi.

Adapun pertimbangan dalam menentukan ukuran ini yaitu dari segi biaya agar hemat namun masih tergolong kuat serta aman digunakan sebagai struktur bangunan.

Mungkin kamu bisa saja membuat sloof dengan ukuran lebih besar dari kebutuhan. Namun, itu akan membuat pemborosan biaya bangunan rumah.

Lalu, bagaimana cara memilih ukuran sloof rumah 1 lantai? Simak info berikut ini.

Ukuran Sloof 15cm x 20 cm

Untuk rumah dengan pertimbangan ukuran di atas, kamu bisa membuat lebar sloof sepanjang 15cm menyesuaikan dengan tebal batu bata beserta plester aci dikedua sisinya.

Sedangkan tingginya bisa pakai ukuran 20cm menyamakan lebar papan dipasaran sehingga bisa lebih mudah dalam membuat bekisting tanpa harus menyambung.

Besi Sloof Rumah 1Lantai

ukuran sloof rumah 1 lantai
(Shutterstock)

Untu memuilih besi sloof, kamu bisa memakai besi tulangan 4bh diameter 10 mm atau cukup 8mm jika bangunanya ringan. Untuk besi begel bisa pakai yang diamater 8mm atau 6mm.

Dengan jarak pemasangan 20cm tersebut, kamu butuh begel 5 buah setiap 1m, dan untuk mengetahui kebutuhan begel dalam 1 rumah bisa dilakukan dengan cara menghitung total panjang sloof lalu dibadi dengan jarak pemasangan yang dalam hal ini sepanjang 0,2m.

Material beton memakai K250 sehingga takaran perbandingan antara pasir dan semen perlu disesuaikan.

Oh ya sebagai bonus tambahan kita berikan juga informasi ukuran sloof rumah 2 lantai itu bisa dibuat 15cm x 35cm dengan besi tulangan pokok 6bh diameter 10mm, sedangkan besi cincinya pakai diamater 8mm ukuran 10cm x 30cm.

Demikian uraian mengenai ukuran sloof rumah 1 lantai berserta penjelasan besi tulanganya semoga bisa menambah wawasan sekaligus menjadi bahan referensimu untuk membangun rumah.

Dengan memahami ini, kamu mungkin bisa menghemat biaya bangun rumah baru.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel