Pinhome

Tips Properti

10 Jenis Besi yang Sering Digunakan Dalam Kegiatan Konstruksi

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 12 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Konstruksi dari sebuah bangunan memerlukan pondasi atau unsur penyangga yang kuat. Hal tersebut berkaitan pula dengan keamanan dan umur dari bangunan tersebut. Macam-macam jenis besi yang tersedia memiliki fungsinya masing-masing dalam konstruksi bangunan. Elemen yang cukup penting dalam pembangunan tersebut, harus benar penempatan dan fungsinya agar bangunan bisa berdiri dengan kokoh.

Pinhome- Terlepas dari fungsinya yang beraneka ragam pada sebuah bangunan. Berat jenis besi itu sendiri pun bervariasi. Tidak semua besi memiliki berat yang fantastis lho! Untuk mengenal lebih dalam akan macam-macam besi, Pinhome akan menyajikan ulasan singkat beserta manfaatnya satu persatu dalam dunia bangunan. Let’s check it out!

Besi Hollow

jenis besi
(sverdrupsteel)

Besi hollow menjadi material besi pertama yang sering kita dengar. Besi berbentuk segiempat ini tergolong dalam besi ringan yang mempunyai fungsi bermacam-macam dalam pembuatan sebuah hunian.  Mulai dari material dalam pembuatan pagar rumah, furniture, lapisan saluran gas, sampai membuat railing tangga. Apalagi bila hunian milik Pins mengusung tema industrial, besi hollow menjadi material yang paling banyak dicari. Besi satu ini juga anti rayap dan tahan api lho Pins!

Jenis Besi Wiremesh

jenis besi
(telagabaja)

Bermacam-macam jenis besi yang tersedia di pasaran memang sangat beragam. Bila Pins tidak mengetahui fungsinya, jangan coba-coba asal membelinya ya! Salah satu contohnya adalah besi wiremesh. Besi satu ini berbentuk unik layaknya sebuah anyaman dengan mayoritas bahannya dibuat dari kawat yang cukup tebal. Kotak-kotak lembaran yang dijual bisa berfungsi sebagai penguat dak beton dalam pembangunan. Berat jenis besi yang cenderung ringan membuatnya layak menjadi pilihan terbaik pada penguat pagar beton di rumah. 

Besi Plat

jenis besi
(asiajayasteel)

Bila Pins sering melihat besi dalam bentuk lempengan, itu berarti Pins sedang melihat besi dengan jenis plat. Besi satu ini berbentuk sebuah lempengan memanjang yang dapat dibentuk. Macam-macam besi plat mayoritas dibuat dari bahan baja yang digunakan sebagai bahan dasar perkakas. Kamu bisa melihat hasil akhirnya pada beberapa peralatan rumah tangga maupun plat mobil yang biasa ditaruh sebagai informasi nomor kendaraan.

Jenis Besi Beton

(tokopedia)

Lanjut membahas besi yang berguna sebagai rangka sebuah hunian. Besi beton mampu menopang pondasi hunian yang terbilang berskala kecil. Beton bertulang ini, memiliki dua jenis. Pertama besi ulir (diformed bar) dan besi polos (plain bar). Besi ulir terbukti menjadi material tulang bangunan yang lebih kuat dibanding besi polos, dikarenakan besi tersebut melalui proses rol pada permukaan sehingga daya ikat jauh lebih baik. Macam-macam besi beton ini mampu menahan tekanan yang cukup besar sehingga bangunan lebih tahan lama.

Pipa Besi

(pusathdpe)

Untuk besi satu ini mungkin Pins sering melihatnya bukan? Pipa besi berfungsi sebagai penyalur bahan-bahan tambang yang mudah terbakar. Diantaranya seperti minyak dan gas. Bentuknya bulat menyerupai pipa, dengan bahan baku berupa baja. Warna hitam yang menjadi ciri khas pipa besi ini, juga dapat digunakan pada konstruksi kebutuhan rumah lainnya. Seperti tralis, rangka plafon hingga tiang lampu.

Besi Siku

(pengadaan)

Nah, untuk besi satu ini kegunannya cukup beragam Pins! Bentuknya yang unik menyerupai segitiga siku tanpa penutup dan berguna untuk keperluan material rumah. Mulai dari teralis jendela, kerangka pintu, rak besi, hingga struktur menara tangki air. Berat jenis besi ini tergolong ringan namun mempunyai ketahanan yang cuup kuat dengan sudut kemiringan kurang ebih 90 derajat.

Besi Konstruksi H-Beam

(indiamart)

Varian besi jenis h-beam mungkin terdengar tidak familiar, namun bila melihat rupanya pasti Pins akan langsung mengetahuinya. Banyak digunakan pada konstruksi dalam skala besar, besi h-beam memiliki bentuk menyerupai huruf H. Kamu akan menemukan pada konstruksi pembangunan jembatan maupun proyek-proyek gedung tingkat tinggi. Besi penahan struktur bangunan ini pun bisa kamu gunakan pada gaya rumah industrial lho!

Jenis Besi CNP

(klopmart)

Menyerupai huruf C, besi CNP merupakan material hasil pabrik yang dibentuk dari bahan plat koil dengan metode cutting dan banding. Macam-macam besi yang memang khusus dibuat untuk konstruksi bangunan ini harus jeli dalam penggunaan. Besi CNP pun selain digunakan sebagai rangka atap bangunan juga dapat digunakan sebagai material bahan pada pabrik otomotif maupun industri.

Jenis Besi UNP

(builder)

Varian besi lainnya bernama besi UNP.  Besi satu ini menyerupai huruf U dan sudah memenuhi standar Eropa. Besi UNP berfungsi sebagai penyambung bangunan maupun atap dudukan bangunan. Untuk ketahanannya, tidak perlu diragukan lagi. Besi satu ini kokoh dikarenakan pembuataannya telah melalui fase teknologi yang cukup canggih. Selain dipakai untuk keperluan pembangunan bangunan, besi UNP juga sering ditemukan dalam pembuatan gardu listrik maupun kontainer sampah.

Besi Expanded Metal

jenis besi
(expandedmetalmurah)

Dalam segi penampakan, besi satu ini mirip dengan besi wiremesh. Besi expanded metal berbentuk jaring dan terbuat dari plat baja berlubang. Berat jenis besi satu ini cenderung ringan namun kekutannya tidak perlu diragukan lagi. Besi satu ini sangat sering digunakan sebagai bagian dari seni artistik dalam desain interior.

Itulah 10 ragam besi yang biasa digunakan pada konstruksi sebuah bangunan. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel