BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Cara Agar Besi Tidak Berkarat, Bagaimana Perawatannya?
0
0

6 Cara Agar Besi Tidak Berkarat, Bagaimana Perawatannya?

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Agar Besi Tidak Berkarattop-right-banner

Besi adalah salah satu material yang biasa digunakan dalam proses pembangunan properti. Terlepas dari semua kelebihannya, besi tetap memiliki kelemahan yaitu mudah berkarat. Tapi ada beberapa cara agar besi tidak berkarat yang bisa kamu lakukan, Pins!

Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga besi dari korosi adalah dengan memberikan perawatan yang tepat. Sebagai catatan, sebagaimana semua jenis logam, besi juga pasti akan berkarat. Perawatan hanya menunda dan mencegah karat saja. 

Kamu yang sedang berencana beli rumah di Bekasi atau rumah bekas di Kab Bogor Utara bisa mengunjungi fitur PinValue dari Pinhome, Pins. Fitur ini bisa membantu kamu mencari tahu estimasi harga rumah idaman. Pinhome juga bisa membantu kamu menjual rumah melalui fitur titip jual properti gratis

Baca juga: 8 Pilihan Bahan dan Model Atap Dapur Terang

Penyebab Besi Berkarat

Cara Agar Besi Tidak Berkarat
Source : iStock Photo

Korosi pada besi merupakan fenomena yang tidak diinginkan. Pasalnya, karat menyebabkan besi menjadi terkelupas dan lemah, sehingga menurunkan kekuatan, penampilan, dan permeabilitasnya. 

Besi yang berkarat tidak memiliki sifat-sifat besi yang diinginkan. Karatnya besi dapat menyebabkan kerusakan pada mobil, pagar, kisi-kisi bangunan, dan banyak struktur besi lainnya.

Selain itu, besi yang berkarat dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab tetanus. Luka akibat benda yang menembus kulit ini bisa berbahaya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, besi merupakan bagian dari logam yang pasti akan berkarat seiring waktu. Tapi ada beberapa faktor yang menjadi penyebab besi berkarat, seperti kadar air atau pH lingkungan sekitar. 

Berikut beberapa faktor penyebab besi jadi berkarat:

  • Kelembaban: Korosi besi dibatasi oleh ketersediaan air di lingkungan. Paparan hujan adalah penyebab paling umum terjadinya karat.
  • Asam: jika pH lingkungan sekitar logam rendah, proses karat akan semakin cepat. Karatnya besi semakin cepat bila terkena hujan asam. PH yang lebih tinggi menghambat korosi besi.
  • Garam: Besi cenderung lebih cepat berkarat di laut karena kandungan garam. Air asin mengandung banyak ion yang mempercepat proses karat melalui reaksi elektrokimia.
  • Pengotor: Besi murni cenderung lebih lambat berkarat jika dibandingkan dengan besi yang mengandung campuran logam.

Baca juga: Inspirasi Desain Beserta Tips Desain Dapur Minimalis Paling Indah dan Mewah

Cara Agar Besi Tidak Berkarat

Ada beberapa cara agar besi tidak berkarat yang bisa dilakukan. Namun cara-cara ini bersifat mencegah atau menunda proses pengkaratan saja. Jika faktor-faktor di atas menguat, potensi besi berkarat akan tetap besar. 

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah besi agar tidak berkarat. 

1. Dipadukan dengan Logam Lain

agar besi tidak berkarat
Source : iStock Photo

Meskipun semua logam terkorosi, namun mereka terkorosi dengan kecepatan yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa paduan atau pencampuran yang terbuat dari dua atau lebih logam berbeda, bisa mencegah karat. 

Secara teknis, semua jenis baja sudah merupakan paduan karena terbuat dari besi dan karbon. Namun penambahan logam lain, seperti kromium, nikel, mangan dan lain-lain, akan menghasilkan jenis paduan baja yang berbeda.

Mengubah komposisi baja juga mengubah ketangguhan, konduktivitas, penampilan, dan banyak sifat lainnya. Penting untuk mempertimbangkan cara mencegah karat, tetapi juga memastikan bahwa pencampuran baja dilakukan dengan takaran yang sesuai.

2. Oleskan Minyak

Source : iStock Photo

Sebagian besar pemilik senjata mengetahui pentingnya menjaga agar senjata api tetap terminyaki, bahkan ketika senjata tersebut tidak digunakan. Minyak tidak hanya melumasi bagian logam dan memungkinkannya bergerak dengan lebih sedikit gesekan, namun juga membentuk lapisan pelindung terhadap karat. 

Prinsipnya cukup sederhana, dengan lapisan minyak, kelembaban tidak dapat bereaksi terhadap besi dan menyebabkan karat. Meskipun melapisi minyak bisa menjadi cara yang sederhana dan efektif untuk mencegah karat, hal ini tentu saja tidak sempurna. 

Minyak juga mempersulit pegangan pada suatu benda, dan dapat menyebabkan bagian-bagiannya tergelincir atau menjadi tidak seimbang. Ini juga bisa menjadi kotor dan tidak menyenangkan untuk dikerjakan. Terakhir, meminyaki harus dilakukan berulang-ulang sehingga memakan waktu dan tenaga.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

3. Oleskan Lapisan Kering

agar besi tidak berkarat
Source : iStock Photo

Beberapa produk dibuat khusus untuk mencegah karat. Produk-produk ini bekerja dengan prinsip yang sama seperti minyak, yaitu menciptakan lapisan pelindung terhadap karat. Bedanya, produk itu tidak meninggalkan residu. 

Produk pencegah karat dapat diaplikasikan melalui semprotan, celup, atau pencucian. Setelah kering, penghalang karat sudah terpasang. Logamnya tidak akan terlihat atau terasa berbeda, sehingga penerapannya tetap sama. 

Pelapis kering juga dapat digunakan bersamaan dengan cara lain untuk mencegah karat. Misalnya, kamu dapat menggunakan lapisan kering pada benda yang dicat atau dilapisi bubuk untuk meningkatkan tingkat perlindungan.

4. Lapisi dengan Cat

agar besi tidak berkarat
Source : iStock Photo

Cat juga akan menciptakan lapisan pelindung pada benda logam dan mencegah masuknya kelembaban. Tentu saja, tidak ada penghalang yang dapat sepenuhnya menghentikan masuknya kelembaban, tetapi mengecat dapat menjadi cara sederhana dan mudah untuk memperlambat karat. 

Penting untuk menggunakan cat besi terbaik untuk mencegah karat. Cat harus menempel pada logam, jadi perhatikan jenis cat yang digunakan serta lapisan akhir apa pun yang sudah diaplikasikan pada logam. 

Baca juga: Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

5. Simpan dengan Benar

Source : iStock

Cara terbaik untuk mencegah karat adalah menyimpan dan enjauhkan benda dari besi dari area yang lembab. Air bereaksi pada besi membentuk karat, sehingga lingkungan yang tidak lembab tidak akan menimbulkan karat. 

Namun, perlu diingat bahwa udara biasa pun mengandung sejumlah uap air dalam bentuk kelembaban. Untuk sepenuhnya mencegah karat, kamu memerlukan segel kedap udara dan air. 

6. Galvanisasi

agar besi tidak berkarat
Source : iStock Photo

Galvanisasi adalah memberikan pelindung seng pada besi atau baja. Karena seng terkorosi sekitar 30 kali lebih lambat dibandingkan besi, galvanisasi bisa menjadi cara yang murah dan efektif untuk mencegah karat.

Seperti semua cara untuk mencegah karat, galvanisasi juga mempunyai keterbatasan. Lapisan seng tidak tahan terhadap pengaruh lingkungan yang keras seperti hujan asam atau garam. Galvanisasi juga mengubah tampilan luar logam, dan lapisan tambahan dapat menutupi bagian komponen, seperti ulir pada sekrup.

Itulah beberapa cara agar besi tidak berkarat yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download