Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ragam Jenis Tanaman Air Hias untuk Kamu yang Ingin Mulai Berkebun

Lifestyle

Ragam Jenis Tanaman Air Hias untuk Kamu yang Ingin Mulai Berkebun

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 12 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Untuk kamu yang sudah jatuh cinta dengan tanaman hias, pasti kamu ingin sekali mengoleksi ragamnya. Semua jenis spesies tanaman hias memang sangat bervariasi dan mengandung unsur candu. Seperti diantaranya adalah tanaman air hias. Jenis tumbuhan satu ini unik dengan medium air sebagai media utama dalam mengembangbiakan tanaman. Dikenal pula dengan metode hidroponik, tanaman satu ini juga kaya akan manfaat. Seperti apa ragamnya?

Pinhome – Sebagian besar dari kalian pasti mengetahui tanaman teratai yang hidup di air. Jenis tumbuhan ini masuk dalam famili nymphaeaceae, dan banyak ditemukan mengapung di air yang tenang seperti danau. Namun, apa kamu mengetahui jenis tumbuhan air lainnya yang dapat kamu rawat pada hunian? 

Baca Juga: Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Menyiram Tanaman?

Tumbuhan yang hidup pada media air juga layak untuk dijadikan tanaman hias di rumah lho Pins! Selain tak sembarang tumbuhan dapat hidup di air, tumbuhan hias air juga memiliki manfaat menarik tak kalah dari tanaman hias lainnya. Pada artikel kali ini, Pinhome akan mengajak kamu untuk mengenal ragam jenis tanaman air hias yang dapat kamu tanam di rumah. Semuanya indah dan pastinya membuat hatimu tenang. Langsung saja yuk kita intip!

Water Lily

tanaman air
(britannica)

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Bambu Air Dengan Baik Dan Benar

Water Lily menjadi tanaman yang memiliki pesona indah yang dapat terlihat dari bunganya. Warnanya yang cantik dapat kamu lihat pada permukaan air. Menjadi salah satu tumbuhan yang hidup pada permukaan air, water lily sering disebut teratai karena kemiripannya. Perbedaannya ada pada jenis daun yang tumbuh. Daun water lily tumbuh rata pada permukaan air, sedangkan teratai berada di atas hampir tidak menyentuh permukaan air.

Creeping Jenny

tanaman air
(thespruce)

Bagi kamu yang memiliki kolam hias dalam hunian, tanaman satu ini cocok dijadikan tanaman pilihan. Creeping Jenny dapat kamu tanam merambat pada tepi kolam maupun sudut-sudutnya untuk menambah kesan menarik pada kolam minimalis. Hal menarik lainnya, tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, kamu hanya perlu memotongnya bila terlihat sudah panjang.

Java Moss

tanaman air
(amazon)

Untuk kamu yang hobi memiliki ikan hias di rumah, saatnya untuk memiliki tumbuhan hias air. Java Moss dapat kamu jadikan pilihan tanaman hias yang dapat hidup di dalam akuarium. Menjadi salah satu tumbuhan hidup di air yang paling mudah tumbuh di antara spesies lainnya, kamu yang pemula akan senang memilikinya. Warna hijau mencolok yang terlihat dari tanaman ini sangat menarik berada dalam akuarium kesayangan milik Pins.

Amazon Sword

tanaman air
(just4fish)

Masih membahas tanaman hias yang dapat hidup di dalam air, ada Amazon Sword yang juga dapat dijadikan pilihan untuk menghiasi akuarium. Bentuknya seperti pedang dan berwarna hijau, cocok disandingkan dengan batu karang yang memiliki warna cerah. Ikan hias pasti senang bersembunyi di balik tanaman ini.

Hornwort

tanaman air
(gardeningnwohow)

Tanaman dalam air selanjutnya hadir dari varian Hornwort. Hornwort mampu hidup di kedalaman air dengan bentuk daun dan batang yang tipis. Layaknya seperti helaian rambut, hornwort akan melayang mengikuti arus air. Sering disebut lumut tanduk, tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai tempat bertelur para ikan dan sebagai tanaman penyuplai oksigen ke air.

Sirih Gading

tanaman air
(dream)

Mampu hidup di medium tanah maupun air, Sirih Gading juga merupakan salah satu jenis tanaman merambat. Tanaman satu ini sangat mudah tumbuh subur sehingga cocok berada di dalam rumah. Kamu bisa menggunakan pot transparan yang cantik agar sirih gading semakin terlihat keindahannya. 

Centella Asiatica/ Pegagan Air

tanaman air
(bukalapak)

Centella Asiatica sudah lama dijadikan sebagai pengobatan anti depresi oleh orang-orang Asia. Pegagan air yang memiliki kaya manfaat ternyata juga bisa kamu pilih menjadi tanaman yang tumbuh dalam air. Bil kamu sudah memilikinya, tanaman ini dapat memperbaiki suasana hatimu. Cocok sekali untuk kamu yang sedang galau nih!

Paperwhites

(tallahassee)

Tanaman asli daerah Mediterania ini memang indah rupawan. Kamu dapat memiliki keindahannya dalam kurun waktu empat minggu. Cocok sekali untuk pemula yang menginginkan tanaman hias dalam air yang sedap dipandang. Paperwhites dapat kamu tanam dalam pot berisi air maupun kolam kecil milik mu.

Jenis-Jenis Habitat Tanaman Air Hias

Tempat tinggal atau tempat ditanamnya tanaman hias air tidak bisa disamaratakan satu dengan yang lainnya. Walaupun tetap berhubungan dengan air tetapi Pins harus mengetahui detail air yang digunakan. Tanaman menurut habitat air yang dimaksud terlampir.

  • Tumbuh di dalam air, atau biasa disebut dengan tanaman yang berada pada kedalaman air biasanya dipakai dalam hunian pada akuarium. Tanaman dengan habitat satu ini mampu bertahan di dalam air sekaligus sebagai penghias tampilan akuarium. Contoh-contoh tanaman hias yang dapat kamu pilih seperti java moss, amazon sword, hornwort dan masih banyak lagi.
  • Mengapung di atas air menjadi habitat yang sering kita lihat pada tanaman air. Walaupun hanya akarnya saja yang berada di dalam air, daun dan batangnya baisanya muncul pada permukaan air. Hal tersebut dikarenakan tanaman hias air jenis satu ini memerlukan sinar matahari pada proses fotosintesisnya. Contoh-contoh tanamannya seperti lotus atau teratai, gagang rantai, sirih gading, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, cukup menarik bukan? Semua jenis tanaman air hias memang sangat indah dan dapat dijadikan penghias dalam hunian. Kamu bisa memilih ragamnya sesuai dengan selera dan jangan lupa untuk tetap merawat tanaman hias dengan baik ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel