BlogLifestyleEdukasiYuk, Buat Kreasi Pot Bunga dari Barang Bekas yang Unik!
0
0

Yuk, Buat Kreasi Pot Bunga dari Barang Bekas yang Unik!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
kreasi pot bungatop-right-banner

Membuat hunian asri dan nyaman sekaligus terkesan estetis bisa ditimbulkan dari penggunaan tanaman hias pada hunian. Ragam jenis tanaman hias berwarna cantik dengan tampilan menarik bisa Pins pilih. Selain tanaman sendiri, pot bunga pun tidak kalah pentingnya. Kamu bisa menemukannya di toko yang menjual tanaman, maupun membuat kreasi pot bunga sendiri dari barang-barang bekas. Seperti apa bentuknya?

Pinhome – Tempat dimana tanaman ditempatkan bila kamu tidak mempunyai lahan yang cukup disebut pot bunga. Tanaman pun bisa terlihat unik dengan kreasi pot bunga dari barang bekas. Barang-barang bekas pakai yang tersedia di rumah jangan buru-buru Pins buang begitu saja. Kamu bisa menggunakan botol kaca maupun plastik, ban bekas, hingga pipa air untuk bahan dasar pembuatan pot bunga yang menarik.

Namun, seperti apa kreasi yang pastinya cocok dipajang di rumah dan tentunya unik? Terlampir Pinhome sajikan ulasan modelnya dan pastinya mudah untuk dibuat.

Pot Bunga dari Ban Bekas

Desain Unik yang Manis

Source : backyardboss.net

Kini, hunian minimalis pun tidak lengkap sepertinya tanpa kehadiran tanaman hias. Membuat pot bunga dari barang bekas seperti ban motor atau mobil bisa kamu temukan dengan mudah. Ban tersebut juga bisa dibuat menarik sebagai pot bunga lho! Lihat pada pengaplikasiannya di atas. Dijamin tanaman di rumahmu akan terlihat unik dan tentunya menarik.

Pot Bunga Gantung Ban Bekas

Source : ofdesign

Selain model ban bekas yang di desain bertumpuk, Pins bisa menggunakan ban bekas tanpa pengecatan. Kreasi pot bunga dari barang bekas seperti ban dengan warna hitam, bisa kamu buat menggantung pada taman outdoor milikmu maupun di paku layaknya pigura. Hunian minimalis mu akan terlihat eye catching dan sekaligus tidak membosankan.

Desain Warna Pastel yang Lembut

Source : shutterstock

Nah, untuk kamu yang feminin dan menginginkan hunian bernuansa warna pastel, kamu bisa menggunakan pot bunga dari ban bekas dengan cat warna pastel. Ban bekas yang terkesan garang, bisa menjadi lembut dengan pemakaian warna-warna pastel. Hijau muda, merah muda, ataupun kuning muda cocok sekali dipadukan dengan tanaman hias yang cantik  seperti bunga bugenvil.

Pipa Air

Pipa Potong Minimalis

kreasi pot bunga
Source : gardenknowhow

Cara mudah selanjutnya yang pastinya bisa kamu lakukan adalah membuat pot dengan potongan pipa. Ukuran pot tergantung pada pipa yang Pins gunakan. Dalam hunian minimalis kamu dapat menambah kesan aesthetic dengan penggunaan pipa ini. Ada baiknya bersihkan pipa sebelum digunakan dan tambah cat untuk hasil yang lebih sempurna.

Pipa Pot Besar

Source : gardenknowhow

Untuk kamu yang mempunyai pipa bekas dalam ukuran yang cukup besar, kamu bisa menggunakannya sebagai pot tanaman yang unik seperti pada contoh di atas. Membuatnya pun cukup mudah! Pins hanya perlu membuat lubang pada bagian yang diinginkan dan taruh pupuk untuk menanam tanaman. Namun, bagi Pins yang hanya mempunyai pipa dengan ukuran kecil, jangan berkecil hati. Kamu pun dapat membuat kreasi sama seperti cara di atas, namun dalam ukuran yang kecil.

Pot Bunga dari Botol Plastik

Plastik Botol Bersusun

Source : youtube/hurngarden

Beralih ke botol plastik yang sering digunakan dalam rumah tangga. Kamu bisa recycle botol tersebut menjadi pot bunga. Selain ramah lingkungan, hunian mu pun kian cantik. Bahan yang diperlukan untuk membuat pot bunga bersusun seperti di atas adalah botol plastik 1 liter, botol plastik galon mini, gunting, lem tembak, pipa paralon dan pylox. 

Pertama, potong kedua botol menjadi dua bagian. Bagian tutup botol dan bagian alas botol. Setelahnya tegakkan paralon yang sudah Pins ukur, dan masukan sesuai dengan urutan seperti di atas. Tambahkan pupuk dan jangan lupa pylox dengan warna kesukaanmu. Seketika kreasi warna pot bunga milikmu siap untuk ditaruh di rak tanaman hias.

Botol Plastik Cantik Jenis Gantung

kreasi pot bunga
Source : youtube/balcony&garden

Kreasi warna pot bunga yang mencolok bisa kamu pakai pada ide satu ini. Pembuatannya pun cukup mudah dan pastinya aman menjadi hiasan dalam hunian. Caranya adalah, potong botol menjadi dua bagian dengan sisi tutup dan alas. Gunting perlahan bagian tengah ke bawah menyerupai rumbai, dan lipat ke arah bawah dengan menyelipkan potongan plastik pada bagian bawah. Setelah itu jangan lupa untuk membuat tambahn plastik sebagai gantungan.Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan pengecatan, agar warna lebih mencolok dan menarik.

Botol Plastik Minimalis

kreasi pot bunga
Source : creepvisegrad.wordpress

Tidak selalu harus menggunakan botol plastik bekas minuman, Pins pun bisa menggunakan botol plastik bekas sabun mandi seperti pada contoh di atas. Hasilnya minimalis dengan mayoritas warna putih yang lembut. Kreasi warna pot bunga satu ini cenderung simpel namun tetap sedap dipandang. Jenis pos gantung satu ini layak dipajang pada taman indoor milikmu!

Baca Juga: Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas

Kreasi Pot Bunga dari Botol Kaca

Tipe Gantung dari Botol Kaca Bekas

kreasi pot bunga
Source : balconygardenweb

Nah, setelah membahas menggunakan botol plastik, kamu pun bisa membuat kreasi warna pot bunga yang indah dengan menggunakan botol kaca. Botol kaca dapat kamu hias dan digantung seperti pada contoh di atas maupun tanpa finishing warna. Gantung pada teras depan rumah ataupun pada sisi-sisi jendela rumah. Indah sekali bukan? 

Pot Bunga Botol Kaca Menarik

kreasi pot bunga
Source : youtube/handimania

Bekas botol kecap ataupun sirup di rumah ada banyak? Ini bisa kamu jadikan ide menarik dalam kreasi pot bunga dari barang bekas. Caranya pun cukup mudah dan menarik. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan botol kaca, tali dengan bahan rotan (tersedia pada toko pernak pernik ulang tahun), air es, minyak tanah, amplas dan pemantik api.
  • Membelah botol kaca menjadi hal menarik untuk kamu lakukan. Namun, tetap mengutamakan keselamatan, dan ada baik nya dilakukan di tempat terbuka ya Pins!
  • Selanjutnya, ikat bagian yang akan Pins potong dan balurkan dengan minyak tanah pada bagian tali saja.
  • Nyalakan api hingga tali terbakar dan tunggu beberapa menit sampai bagian mengecil.
  • Celupkan pada air yang sudah diberikan es batu dan botol kamu akan terbelah.
  • Jangan lupa amplas bagian-bagian yang tajam agar aman.
  • Setelah terbelah dan diamplas, pada bagian tutup bisa kamu beri tanah subur yang sudah kamu beri tali wol dan kain kasa yang diikat. Air bersih yang kamu tuang dalam alas botol dapat diserap oleh tanah melalui tali dan kain.
  • Kini, kamu sudah mempunyai pot tanaman unik menarik yang kamu buat sendiri.

Bagaimana Pins, cukup mudah dan tentunya unik bukan? Kreasi tersebut bisa dijadikan ladang bisnis rumahan pula lho! Tunggu apalagi, yuk buat kreasi pot bunga dari barang bekas di rumahmu sekarang!

Baca Juga: 10 Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Mudah Dibuat


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download