Yuk, Buat Kreasi Pot Bunga dari Barang Bekas yang Unik!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 4 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Membuat hunian asri dan nyaman sekaligus terkesan estetis bisa ditimbulkan dari penggunaan tanaman hias pada hunian. Ragam jenis tanaman hias berwarna cantik dengan tampilan menarik bisa Pins pilih. Selain tanaman sendiri, pot bunga pun tidak kalah pentingnya. Kamu bisa menemukannya di toko yang menjual tanaman, maupun membuat kreasi pot bunga sendiri dari barang-barang bekas. Seperti apa bentuknya?

Pinhome – Tempat dimana tanaman ditempatkan bila kamu tidak mempunyai lahan yang cukup disebut pot bunga. Tanaman pun bisa terlihat unik dengan kreasi pot bunga dari barang bekas. Barang-barang bekas pakai yang tersedia di rumah jangan buru-buru Pins buang begitu saja. Kamu bisa menggunakan botol kaca maupun plastik, ban bekas, hingga pipa air untuk bahan dasar pembuatan pot bunga yang menarik.

Namun, seperti apa kreasi yang pastinya cocok dipajang di rumah dan tentunya unik? Terlampir Pinhome sajikan ulasan modelnya dan pastinya mudah untuk dibuat.

Pot Bunga dari Ban Bekas

Desain Unik yang Manis

(backyardboss.net)

Kini, hunian minimalis pun tidak lengkap sepertinya tanpa kehadiran tanaman hias. Membuat pot bunga dari barang bekas seperti ban motor atau mobil bisa kamu temukan dengan mudah. Ban tersebut juga bisa dibuat menarik sebagai pot bunga lho! Lihat pada pengaplikasiannya di atas. Dijamin tanaman di rumahmu akan terlihat unik dan tentunya menarik.

Pot Bunga Gantung Ban Bekas

(ofdesign)

Selain model ban bekas yang di desain bertumpuk, Pins bisa menggunakan ban bekas tanpa pengecatan. Kreasi pot bunga dari barang bekas seperti ban dengan warna hitam, bisa kamu buat menggantung pada taman outdoor milikmu maupun di paku layaknya pigura. Hunian minimalis mu akan terlihat eye catching dan sekaligus tidak membosankan.

Desain Warna Pastel yang Lembut

(shutterstock)

Nah, untuk kamu yang feminin dan menginginkan hunian bernuansa warna pastel, kamu bisa menggunakan pot bunga dari ban bekas dengan cat warna pastel. Ban bekas yang terkesan garang, bisa menjadi lembut dengan pemakaian warna-warna pastel. Hijau muda, merah muda, ataupun kuning muda cocok sekali dipadukan dengan tanaman hias yang cantik  seperti bunga bugenvil.

Pipa Air

Pipa Potong Minimalis

kreasi pot bunga
(gardenknowhow)

Cara mudah selanjutnya yang pastinya bisa kamu lakukan adalah membuat pot dengan potongan pipa. Ukuran pot tergantung pada pipa yang Pins gunakan. Dalam hunian minimalis kamu dapat menambah kesan aesthetic dengan penggunaan pipa ini. Ada baiknya bersihkan pipa sebelum digunakan dan tambah cat untuk hasil yang lebih sempurna.

Pipa Pot Besar

(gardenknowhow)

Untuk kamu yang mempunyai pipa bekas dalam ukuran yang cukup besar, kamu bisa menggunakannya sebagai pot tanaman yang unik seperti pada contoh di atas. Membuatnya pun cukup mudah! Pins hanya perlu membuat lubang pada bagian yang diinginkan dan taruh pupuk untuk menanam tanaman. Namun, bagi Pins yang hanya mempunyai pipa dengan ukuran kecil, jangan berkecil hati. Kamu pun dapat membuat kreasi sama seperti cara di atas, namun dalam ukuran yang kecil.

Pot Bunga dari Botol Plastik 

Plastik Botol Bersusun

(youtube/hurngarden)

Beralih ke botol plastik yang sering digunakan dalam rumah tangga. Kamu bisa recycle botol tersebut menjadi pot bunga. Selain ramah lingkungan, hunian mu pun kian cantik. Bahan yang diperlukan untuk membuat pot bunga bersusun seperti di atas adalah botol plastik 1 liter, botol plastik galon mini, gunting, lem tembak, pipa paralon dan pylox. 

Pertama, potong kedua botol menjadi dua bagian. Bagian tutup botol dan bagian alas botol. Setelahnya tegakkan paralon yang sudah Pins ukur, dan masukan sesuai dengan urutan seperti di atas. Tambahkan pupuk dan jangan lupa pylox dengan warna kesukaanmu. Seketika kreasi warna pot bunga milikmu siap untuk ditaruh di rak tanaman hias.

Botol Plastik Cantik Jenis Gantung

kreasi pot bunga
(youtube/balcony&garden)

Kreasi warna pot bunga yang mencolok bisa kamu pakai pada ide satu ini. Pembuatannya pun cukup mudah dan pastinya aman menjadi hiasan dalam hunian. Caranya adalah, potong botol menjadi dua bagian dengan sisi tutup dan alas. Gunting perlahan bagian tengah ke bawah menyerupai rumbai, dan lipat ke arah bawah dengan menyelipkan potongan plastik pada bagian bawah. Setelah itu jangan lupa untuk membuat tambahn plastik sebagai gantungan.Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa melakukan pengecatan, agar warna lebih mencolok dan menarik.

Botol Plastik Minimalis

kreasi pot bunga
(creepvisegrad.wordpress)

Tidak selalu harus menggunakan botol plastik bekas minuman, Pins pun bisa menggunakan botol plastik bekas sabun mandi seperti pada contoh di atas. Hasilnya minimalis dengan mayoritas warna putih yang lembut. Kreasi warna pot bunga satu ini cenderung simpel namun tetap sedap dipandang. Jenis pos gantung satu ini layak dipajang pada taman indoor milikmu!

Baca Juga: Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas

Kreasi Pot Bunga dari Botol Kaca

Tipe Gantung dari Botol Kaca Bekas

kreasi pot bunga
(balconygardenweb)

Nah, setelah membahas menggunakan botol plastik, kamu pun bisa membuat kreasi warna pot bunga yang indah dengan menggunakan botol kaca. Botol kaca dapat kamu hias dan digantung seperti pada contoh di atas maupun tanpa finishing warna. Gantung pada teras depan rumah ataupun pada sisi-sisi jendela rumah. Indah sekali bukan? 

Pot Bunga Botol Kaca Menarik

kreasi pot bunga
(youtube/handimania)

Bekas botol kecap ataupun sirup di rumah ada banyak? Ini bisa kamu jadikan ide menarik dalam kreasi pot bunga dari barang bekas. Caranya pun cukup mudah dan menarik. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan botol kaca, tali dengan bahan rotan (tersedia pada toko pernak pernik ulang tahun), air es, minyak tanah, amplas dan pemantik api.
  • Membelah botol kaca menjadi hal menarik untuk kamu lakukan. Namun, tetap mengutamakan keselamatan, dan ada baik nya dilakukan di tempat terbuka ya Pins!
  • Selanjutnya, ikat bagian yang akan Pins potong dan balurkan dengan minyak tanah pada bagian tali saja.
  • Nyalakan api hingga tali terbakar dan tunggu beberapa menit sampai bagian mengecil.
  • Celupkan pada air yang sudah diberikan es batu dan botol kamu akan terbelah.
  • Jangan lupa amplas bagian-bagian yang tajam agar aman.
  • Setelah terbelah dan diamplas, pada bagian tutup bisa kamu beri tanah subur yang sudah kamu beri tali wol dan kain kasa yang diikat. Air bersih yang kamu tuang dalam alas botol dapat diserap oleh tanah melalui tali dan kain.
  • Kini, kamu sudah mempunyai pot tanaman unik menarik yang kamu buat sendiri.

Bagaimana Pins, cukup mudah dan tentunya unik bukan? Kreasi tersebut bisa dijadikan ladang bisnis rumahan pula lho! Tunggu apalagi, yuk buat kreasi pot bunga dari barang bekas di rumahmu sekarang!

Baca Juga: 10 Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Mudah Dibuat


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia