8 Inspirasi Kolam Ikan Batu Alam Minimalis untuk Halaman Rumah

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana ∙ 18 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Kolam ikan batu alam dapat membuat suasana taman rumah terasa lebih sejuk dan asri. Elemen dekorasi ini bisa kamu tempatkan di teras depan maupun belakang rumah. Bahkan, sekalipun luas terasmu terbatas, kamu tetap bisa menghadirkan kolam hias batu alam, dengan catatan ukurannya disesuaikan.

Dalam pembuatannya, pastikan jenis batu alam untuk kolam ikan pun sesuai agar tidak merusak ekosistem serta mempercantik dekorasi rumah. Nah, jenis batu alam yang bisa kamu gunakan seperti batu sabak, batu kali, batu gunung, batu candi, serta batu hijau sukabumi. Kalau tak mau repot, kamu bisa memesan langsung pada tukang pembuatan kolam. Tenang, harga batu alam untuk kolam ikan, biasanya dihitung berdasarkan luas, kok. Kalau sekaligus pasang, maka akan dihitung bersama ongkos pasangannya.

Buatmu yang berniat membuat kolam ikan batu alam untuk dekorasi rumah, beberapa inspirasi berikut bisa disontek. Yuk, simak langsung uraiannya!

Baca juga: Ini 6 Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis di Dalam Rumah yang Wajib Dicoba!

Kolam Ikan Batu Alam dengan Taman Mini

Kolam Ikan Batu Alam
(The Spruce)

Kalau halaman rumah terbatas, kamu bisa membuat desain kolam minimalis batu alam dengan ukuran mungil. Sebagai focal point, kamu bisa menggunakan bongkahan kayu besar untuk sekitar kolamnya. Dengan begitu, kolam akan berbentuk cekungan yang indah. Nah, untuk menambah kesan alami dan natural, coba tambahkan tanaman hijau di sekitar kolam maupun dalam airnya. Berkat penambahan tanaman tersebut, suasana halaman rumah sempit, serasa di taman.

Kolam Ikan Batu Alam Mungil

Kolam Ikan Batu Alam
(DIY Joy)

Kolam ikan batu alam mungil seperti gambar di atas, cocok digunakan pada halaman depan rumah dengan lahan berbatas. Meski mungil, tapi kolam ini bisa menjadi focal point karena tampilannya yang unik dan cantik.

Di sekitar kolam, kamu bisa menambahkan batu alam besar dan bertumpuk. Pada satu sisinya, bisa ditambahkan aliran air dari tembikar untuk memberi kesan natural dan alami. Tak lupa, tambahkan pula tanaman air sebagai dekorasi tambahan untuk mempercantik kolam mungil ini. Walau hemat bujet, tapi tetap terlihat cantik, kan?

Baca juga: Punya Lahan Terbatas? Ini 20 Desain Kolam Ikan yang Bisa Kamu Coba!

Kolam Ikan Minimalis dengan Batuan Melingkar

Kolam Ikan Batu Alam
(Bob Villa)

Gambar di atas bisa jadi salah satu inspirasi kolam koi minimalis batu alam. Dengan bentuknya yang melingkar, ikan bisa berenang dengan bebas. Tak hanya dari segi ekosistem, tapi desain kolam ini juga tidak ribet dalam penataannya. Kamu hanya perlu menyusun batu kali secara melingkar, lalu hias dengan tanaman air di dalamnya.

Jika memungkinkan, bisa pula ditambahkan aliran air, layaknya air terjun. Nah, untuk menambah kesan cantik pada malam hari, kamu bisa menempatkan lampu kuning di sekitar kolamnya. Sederhana, tapi terlihat cantik!

Baca juga: 21 Inspirasi Desain Kolam Taman Minimalis yang Unik dan Eksotis!

Kolam Ikan Batu Alam untuk Koi

Kolam Ikan Batu Alam
(Pinterest)

Apabila ingin memelihara ikan koi, baiknya buat kolam ikan koi berukuran besar. Kamu bisa membuatnya di halaman depan atau belakang rumah. Untuk desain tak perlu ribet, gunakan layout sederhana dengan memasang batuan besar di pinggir kolam. Jika ingin menambahkan tanaman hijau, bisa ditempatkan di sisi-sisi kolam saja. Dengan begitu, ikan koi bisa bebas berenang. Nah, terkait batu alam buat kolam ikan koi, bisa gunakan batu kali agar lebih hemat.

Kolam Ikan Batu Alam Minimalis Modern

Kolam Ikan Batu Alam
(Pond Informer)

Kolam ikan batu alam modern cocok ditempatkan pada rumah bergaya minimalis. Untuk bentuk kolamnya, kamu bisa menggunakan persegi panjang yang compact agar terkesan elegan. Sementara itu, penataannya bisa diberi tumpukan batu andesit di salah satu sisinya agar memberi kesan modern. Sebagai sentuhan akhir, kamu bisa menambahkan pancuran air di bawah dekorasi batu andesit tersebut, sehingga nampak estetik.

Kolam Ikan Batu Alam Modern

Kolam Ikan Batu Alam
(Pinterest)

Desain kolam ikan batu alam, tak melulu harus pakai batu kali. Kamu pun bisa memakai batu lempengan atau batu candi yang sama kokohnya. Untuk menambah kesan natural, kamu bisa menempatkan kendi dari tembikar atau batu di area kolamnya. Ini sekaligus bisa menjadi focal point kolam ikan pada halaman rumahmu. Namun, karena unsur batu alamnya tak terlalu ketara, baiknya tempatkan kolam ini di area dinding dengan batu ekspose.

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga Dengan Benar? Ini Cara Mudahnya!

Kolam Ikan Batu Alam dengan Jembatan

Kolam Ikan Batu Alam
(Trendir)

Pada halaman rumah dengan lahan terbatas, kamu bisa membuat kolam batu alam dengan tambahan jembatan di atas. Jembat ini bisa dibuat memakai batu ataupun andesit datar. Nah, untuk memanfaatkan tiap sisi halaman, maka jembatan tersebut bisa langsung diarahkan menuju pintu masuk. Dengan begitu, setiap area yang tersisa fungsional.

Selain mempertimbangkan fungsi, alangkah lebih baik jika kamu juga memikirkan dekorasinya. Tak perlu bingung, dekorasinya cukup pakai tanaman hijau yang biasa digunakan di halaman rumah. Bisa pula ditambahkan patung batu pada salah satu sudutnya.

Baca juga: Skema Filter Kolam Koi, Ini Fungsi dan Cara Membuatnya

Kolam Ikan Batu Alam dan Kaca

Kolam Ikan Batu Alam
(Pinterest)

Ingin menghadirkan kesan modern pada kolam ikan batu alam? Jika iya, kamu bisa menambahkan kaca pada desainnya. Tak cuma modern, kaca juga bisa memberi kesan mewah pada kolam ikannya, lho! Apalagi jika kamu bisa menambahkan air mancur di bagian tengahnya seperti pada gambar.

Sebagai sentuhan akhir, tambahkan pula tanaman hijau di sekelilingnya. Tak cuma, kerikil atau batu apung kecil di sekitar kolam agar tetap terkesan natural.

Itulah beberapa inspirasi desain kolam ikan batu alam yang bisa kamu sontek. Dari desain di atas, kamu tertarik yang mana?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia