BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Kolam Ikan Batu Alam Minimalis untuk Halaman Rumah
0
0

10 Inspirasi Kolam Ikan Batu Alam Minimalis untuk Halaman Rumah

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
kolam ikan batu alamtop-right-banner

Kolam ikan minimalis dengna batu alam dapat membuat suasana taman rumah terasa lebih sejuk dan asri. Elemen dekorasi ini bisa kamu tempatkan di teras depan maupun belakang rumah seken di Jakarta Barat. Bahkan, sekalipun luas terasmu terbatas, kamu tetap bisa menghadirkan kolam hias batu alam, dengan catatan ukurannya disesuaikan, termasuk di rumah Griya Parama.

Dalam pembuatannya, pastikan jenis batu alam untuk kolam ikan pun sesuai agar tidak merusak ekosistem serta mempercantik dekorasi rumah. Nah, jenis batu alam yang bisa kamu gunakan seperti batu sabak, batu kali, batu gunung, batu candi, serta batu hijau sukabumi.

Kalau tak mau repot, kamu bisa memesan langsung pada tukang pembuatan kolam. Tenang, harga batu alam untuk kolam ikan, biasanya dihitung berdasarkan luas, kok. Kalau sekaligus pasang, maka akan dihitung bersama ongkos pasangannya. Ini beberapa inspirasi yang bisa jadi pertimbangan Pins!

Baca juga: Ini 6 Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis di Dalam Rumah yang Wajib Dicoba!

1. Kolam Ikan Batu Alam dengan Taman Mini

Kolam Ikan Batu Alam
Source : The Spruce

Kalau halaman rumah terbatas, kamu bisa membuat desain kolam minimalis batu alam dengan ukuran mungil. Sebagai focal point, kamu bisa menggunakan bongkahan kayu besar untuk sekitar kolamnya.

Dengan begitu, kolam akan berbentuk cekungan yang indah. Nah, untuk menambah kesan alami dan natural, coba tambahkan tanaman hijau di sekitar kolam maupun dalam airnya. Berkat penambahan tanaman tersebut, suasana halaman rumah sempit, serasa di taman.

2. Kolam Ikan Batu Alam Mungil

Source : DIY Joy

Kolam ikan batu alam mungil seperti gambar di atas, cocok digunakan pada halaman depan rumah dengan lahan berbatas. Meski mungil, tapi kolam ini bisa menjadi focal point karena tampilannya yang unik dan cantik.

Di sekitar kolam, kamu bisa menambahkan batu alam besar dan bertumpuk. Pada satu sisinya, bisa ditambahkan aliran air dari tembikar untuk memberi kesan natural dan alami. Tak lupa, tambahkan pula tanaman air sebagai dekorasi tambahan untuk mempercantik kolam mungil ini. Walau hemat bujet, tapi tetap terlihat cantik, kan?

Baca juga: Punya Lahan Terbatas? Ini 20 Desain Kolam Ikan yang Bisa Kamu Coba!

3. Kolam Ikan Minimalis dengan Batuan Melingkar

Kolam Ikan Batu Alam
Source : Bob Villa

Gambar di atas bisa jadi salah satu inspirasi kolam koi minimalis batu alam. Dengan bentuknya yang melingkar, ikan bisa berenang dengan bebas. Tak hanya dari segi ekosistem, tapi desain kolam ini juga tidak ribet dalam penataannya. Kamu hanya perlu menyusun batu kali secara melingkar, lalu hias dengan tanaman air di dalamnya.

Jika memungkinkan, bisa pula ditambahkan aliran air, layaknya air terjun. Nah, untuk menambah kesan cantik pada malam hari, kamu bisa menempatkan lampu kuning di sekitar kolamnya. Sederhana, tapi terlihat cantik!

Baca juga: 21 Inspirasi Desain Kolam Taman Minimalis yang Unik dan Eksotis!

4. Kolam Ikan Batu Alam untuk Koi

Kolam Ikan Batu Alam
Source : Pinterest

Apabila ingin memelihara ikan koi, baiknya buat kolam ikan koi berukuran besar. Kamu bisa membuatnya di halaman depan atau belakang rumah. Untuk desain tak perlu ribet, gunakan layout sederhana dengan memasang batuan besar di pinggir kolam. Jika ingin menambahkan tanaman hijau, bisa ditempatkan di sisi-sisi kolam saja. Dengan begitu, ikan koi bisa bebas berenang. Nah, terkait batu alam buat kolam ikan koi, bisa gunakan batu kali agar lebih hemat.

5. Kolam Ikan Batu Alam Minimalis Modern

Source : Pond Informer

Kolam ikan batu alam modern cocok ditempatkan pada rumah bergaya minimalis. Untuk bentuk kolamnya, kamu bisa menggunakan persegi panjang yang compact agar terkesan elegan. Sementara itu, penataannya bisa diberi tumpukan batu andesit di salah satu sisinya agar memberi kesan modern. Sebagai sentuhan akhir, kamu bisa menambahkan pancuran air di bawah dekorasi batu andesit tersebut, sehingga nampak estetik.

6. Kolam Ikan Batu Alam Modern

Kolam Ikan Batu Alam
Source : Pinterest

Desain kolam ikan batu alam, tak melulu harus pakai batu kali. Kamu pun bisa memakai batu lempengan atau batu candi yang sama kokohnya. Untuk menambah kesan natural, kamu bisa menempatkan kendi dari tembikar atau batu di area kolamnya. Ini sekaligus bisa menjadi focal point kolam ikan pada halaman rumahmu. Namun, karena unsur batu alamnya tak terlalu ketara, baiknya tempatkan kolam ini di area dinding dengan batu ekspose.

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga Dengan Benar? Ini Cara Mudahnya!

7. Kolam Ikan Batu Alam dengan Jembatan

Kolam Ikan Batu Alam
Source : Trendir

Pada halaman rumah dengan lahan terbatas, kamu bisa membuat kolam batu alam dengan tambahan jembatan di atas. Jembat ini bisa dibuat memakai batu ataupun andesit datar. Nah, untuk memanfaatkan tiap sisi halaman, maka jembatan tersebut bisa langsung diarahkan menuju pintu masuk. Dengan begitu, setiap area yang tersisa fungsional.

Selain mempertimbangkan fungsi, alangkah lebih baik jika kamu juga memikirkan dekorasinya. Tak perlu bingung, dekorasinya cukup pakai tanaman hijau yang biasa digunakan di halaman rumah. Bisa pula ditambahkan patung batu pada salah satu sudutnya.

Baca juga: Skema Filter Kolam Koi, Ini Fungsi dan Cara Membuatnya

8. Kolam Ikan Batu Alam dan Kaca

Source : Pinterest

Ingin menghadirkan kesan modern pada kolam ikan batu alam? Jika iya, kamu bisa menambahkan kaca pada desainnya. Tak cuma modern, kaca juga bisa memberi kesan mewah pada kolam ikannya, lho! Apalagi jika kamu bisa menambahkan air mancur di bagian tengahnya seperti pada gambar.

Sebagai sentuhan akhir, tambahkan pula tanaman hijau di sekelilingnya. Tak cuma, kerikil atau batu apung kecil di sekitar kolam agar tetap terkesan natural.

9. Kolam ikan batu alam dengan bambu

Source : Gramedia

Kolam ikan batu alam dengan bambu adalah sebuah desain kolam yang menggabungkan keindahan alam dengan unsur estetika. Kolam ini menggunakan batu alam sebagai bahan dasar untuk pembuatan kolam, menciptakan tampilan alami yang menawan.

Bambu digunakan sebagai elemen dekoratif yang mengelilingi kolam, memberikan sentuhan oriental dan ekosistem yang ramah lingkungan. Kombinasi antara batu alam dan bambu menciptakan sebuah kolam ikan yang harmonis, estetis, dan alami, cocok untuk menciptakan suasana tenang dan damai di lingkungan taman atau halaman.

10. Kolam ikan batu alam bersusun

Source : Gramedia

Jika ingin kolam ikan dengan tampilan yang unik, Pins bisa mencoba menggabungkan berbagai tingkat atau lapisan batu alam yang saling bertingkat. Hal ini untuk menciptakan tampilan yang lebih estetik, lain dari kolam pada umumnya.

Biasanya, kolam ini memiliki berbagai ukuran batu yang dipilih dengan hati-hati untuk menciptakan tekstur dan pola yang unik. Setiap lapisan batu berfungsi sebagai tempat berjemurnya air sehingga air mengalir dari tingkat yang lebih tinggi ke yang lebih rendah. Dengan begitu, air bisa mengalir lebih indah. menciptakan efek air yang mengalir yang indah.

Itulah beberapa inspirasi desain kolam ikan minimalis batu alam yang bisa kamu sontek. Dari desain di atas, kamu tertarik yang mana?

Baca juga: 7 Feng Shui Kolam Ikan Depan Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download