BlogPemilik PropertiDesain HunianKetahui Tips Membeli Rumah Murah, Sebelum Terlambat!
0
0

Ketahui Tips Membeli Rumah Murah, Sebelum Terlambat!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 11, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
investasi rumah atau apartementop-right-banner

Membeli rumah pasti menjadi prioritas bagi setiap orang, terutama bagi para pasangan yang baru menikah. Tapi, urusan membeli rumah bukan perkara mudah saat pertama kali dilakukan. Diperlukan perencanaan yang matang Pins! Seperti memahami tips membeli rumah murah yang aman dan nyaman.

Pinhome – Membeli rumah harus dipersiapkan dengan baik, karena bukan hanya rumah akan menjadi tempat tinggal bagi kamu dan keluarga. Selain itu, membeli rumah adalah kegiatan yang mungkin hanya kamu lakukan beberapa kali dalam hidup. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam proses membeli rumah.

Baca Juga: 

Tips Membeli Rumah Murah

Menggunakan developer merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Karena tidak perlu repot lagi untuk mencari tanah dan tidak harus membangun, rumah sudah dibangun oleh developer. Namun, jika kamu tidak menemukan developer yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, ada beberapa tips membeli rumah murah.

Tips Membeli Rumah Murah, Perhatikan Kebutuhan Keluarga

tips membeli rumah murah

Sebelum mencari rumah, buatlah daftar apa saja yang kamu butuhkan dari tempat tinggalmu, Pins. Contohnya berapa jumlah kamar yang diperlukan, apakah dibutuhkan garasi yang luas, apakah perlu halaman yang luas dan apakah akan dilakukan renovasi di masa yang akan datang.

Rumah murah terkadang memiliki luas yang terbatas dengan jumlah kamar yang kecil. Coba konsultasikan juga dengan keluarga, apakah keadaan rumah yang hendak dibeli dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Baca Juga: 

Gunakan Agen Properti atau Kamu Bisa Mencari Sendiri

Pins bisa mencari lewat situs properti, dengan begini kamu akan lebih hemat waktu dan kamu juga bebas melakukan perbandingan, lalu kamu juga dapat mengontak pemilik rumah secara langsung.

Beritahukan agen properti Pins mengenai budget rumah murah yang hendak dibeli. Pins pun bisa langsung mencari sendiri, tapi kamu perlu menyediakan waktu yang cukup banyak untuk melakukannya.

Baca Juga: 

Perhatikan Lokasi dan Akses Rumah Idaman Kamu

Lokasi rumah adalah hal yang paling penting dipertimbangkan. Karena akses dan lokasi rumah kamu berkaitan erat dengan harganya. Jika rumah lokasi rumah kamu dekat dengan perkotaan dan aksesnya mudah maka harganya semakin mahal. Begitu juga sebaliknya, jika jauh dari perkotaan maka harganya pun semakin murah tapi juga akan semakin menyita waktu kamu.

Tips Membeli Rumah Murah, Perhatikan Lingkungan Sekitar

Pins perlu memperhatikan lingkungan rumah yang akan dibeli. Contohnya jika kamu akan membeli rumah di Jakarta, Pins harus memastikan bahwa lingkungan tersebut tidak termasuk area yang rawan kebanjiran. Jadi kamu tidak usah kerepotan saat musim hujan.

Pastikan lingkungan rumah kamu bebas dari tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan, tawuran antar warga atau hal hal yang buruk lainnya.

Baca Juga: 

Fasilitas dan Amenitas di Sekitar Rumah Idaman

tips membeli rumah murah

Rumah yang nyaman adalah rumah yang berada dekat dengan fasilitas dan amenitas. Seperti rumah sakit, mesin ATM, dan supermarket.

Tips Membeli Rumah Murah, Perhatikan Harga dan Skema Pembayaran

Kamu harus melakukan survey ke beberapa rumah yang setara dengan keinginan kamu, lalu bandingkan harganya. Dengan itu kamu bisa memilih rumah impian yang paling pas dengan kondisi keuangan kamu.

Baca juga:

Spesifikasi Material Rumah

tips membeli rumah murah

Banyak di antara kita yang cuek mengenai jenis material yang digunakan pada saat rumah dibangun. Padahal ini sangatlah penting. Rumah murah biasanya menggunakan bahan-bahan standar yang tidak dapat disamakan dengan rumah mewah. Misalnya marmer sering digunakan untuk lantai rumah mewah.

Walaupun tidak harus menggunakan material mahal, kamu harus melihat apakah material rumah yang hendak kamu beli sesuai dengan kriteria dan kebutuhanmu. Jangan sampai tidak sesuai kualitas yang kamu harapkan. Karena terkadang, selain untuk faktor estetika, material rumah yang baik akan lebih awet, Pins.

Desain Rumah Impian

Sebuah rumah biasanya mencerminkan kepribadian pemiliknya. Jika kamu membeli rumah dari developer, kamu bisa melakukan renovasi untuk desain yang kamu inginkan. Tapi sekarang sudah banyak developer yang menawarkan untuk kamu bisa custom desain rumah kamu sendiri lho, Pins!

Baca Juga: 

Potensi Perubahan Rumah di Masa Depan

Saat kamu membeli rumah kamu harus dapat membayangkan apa yang akan kamu lakukan pada rumah tersebut di masa depan. Seperti apakah kamu akan menjualnya dan membeli rumah di kota lain, apakah kamu akan menambah kamar saat kamu memiliki anak, atau kamu akan mewariskan rumah tersebut ke anak-anak.

Rumah murah terkadang memiliki luas yang terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk diperbesar. Kemungkinan tersebut sebaiknya kamu pikirkan Pins agar kamu tidak repot di kemudian hari.

Baca juga:

Perhatikan Faktor Rumah Yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu

Pins harus memperhatikan kondisi rumah yang dapat mendukung kesehatan kamu dan keluarga. Beberapa hal yang penting adalah sistem drainase dan pengolahannya, ventilasi dan jendela yang cukup. Serta pastikan lingkungan sekitar kamu tidak kumuh dan terjaga kebersihannya.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download