Pinhome

Tips Properti

Ketahui Tips Ini Sebelum Membeli Rumah Murah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Membeli rumah pasti menjadi prioritas bagi setiap orang, terutama bagi para pasangan yang baru menikah. Tapi, urusan membeli rumah bukan perkara mudah saat pertama kali dilakukan. Diperlukan perencanaan yang matang lho, Pins! Kamu juga harus mengumpulkan banyak informasi dan tips membeli rumah sebelum kamu mengambil keputusan. Apa saja tips yang perlu kamu ketahui membeli rumah murah?

Pinhome – Membeli rumah harus dipersiapkan dengan baik, karena bukan hanya rumah akan menjadi tempat tinggal bagi kamu dan keluarga, tapi membeli rumah adalah kegiatan spesial yang mungkin hanya kamu lakukan beberapa kali dalam hidup. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam proses membeli rumah, mulai dari cari tahu sendiri, meminta bantuan teman atau keluarga, serta menggunakan jasa profesional.

Apa Saja Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Rumah Murah

Menggunakan developer merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Karena tidak perlu repot lagi untuk mencari tanah dan tidak harus membangun, rumah sudah dibangun oleh developer. Pada umumnya perumahan ini memiliki kawasan yang tertata apik dengan landscape dan fasilitas yang memadai.

Namun, jika kamu tidak menemukan developer yang sesuai dengan kebutuhan dan budget-mu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri sebelum membeli rumah loh, Pins. Yuk, simak beberapa tips berikut!

Perhatikan Kebutuhan Keluarga

Sebelum mencari rumah, buatlah daftar apa saja yang kamu butuhkan dari tempat tinggalmu, Pins. Contohnya berapa jumlah kamar yang diperlukan, apakah dibutuhkan garasi yang luas, apakah perlu halaman yang luas dan apakah akan dilakukan renovasi di masa yang akan datang.

Rumah murah terkadang memiliki luas yang terbatas dengan jumlah kamar yang kecil. Coba konsultasikan juga dengan keluarga, apakah keadaan rumah yang hendak dibeli dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Gunakan Agen Properti atau Kamu Bisa Mencari Sendiri

Pins bisa mencari lewat situs properti, dengan begini kamu akan lebih hemat waktu dan kamu juga bebas melakukan perbandingan, lalu kamu juga dapat mengontak pemilik rumah secara langsung. Beritahukan agen properti Pins mengenai budget rumah murah yang hendak dibeli.

Pins pun bisa langsung mencari sendiri, tapi kamu perlu menyediakan waktu yang cukup banyak untuk melakukannya.

Perhatikan Lokasi dan Akses Rumah Idaman Kamu

Lokasi rumah adalah hal yang paling penting dipertimbangkan. Karena akses dan lokasi rumah kamu berkaitan erat dengan harganya. Jika rumah lokasi rumah kamu dekat dengan perkotaan dan aksesnya mudah maka harganya semakin mahal. Begitu juga sebaliknya, jika jauh dari perkotaan maka harganya pun semakin murah tapi juga akan semakin menyita waktu kamu.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Pins perlu memperhatikan lingkungan rumah yang akan dibeli. Contohnya jika kamu akan membeli rumah di Jakarta, Pins harus memastikan bahwa lingkungan tersebut tidak termasuk area yang rawan kebanjiran. Jadi kamu tidak usah kerepotan saat musim hujan.

Dan pastikan lingkungan rumah kamu bebas dari tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan, tawuran antar warga atau hal hal yang buruk lainnya.

Fasilitas dan Amenitas di Sekitar Rumah Idaman

Rumah yang nyaman adalah rumah yang berada dekat dengan fasilitas dan amenitas. Seperti rumah sakit, mesin ATM, dan supermarket.

Perhatikan Harga dan Skema Pembayaran

Kamu harus melakukan survey ke beberapa rumah yang setara dengan keinginan kamu, lalu bandingkan harganya. Dengan itu kamu bisa memilih rumah impian yang paling pas dengan kondisi keuangan kamu.

Baca juga: Salah Menabung, Impian Beli Rumah Bisa Makin Lama!

Spesifikasi Material Rumah

Banyak di antara kita yang cuek mengenai jenis material yang digunakan pada saat rumah dibangun. Padahal ini sangatlah penting. Rumah murah biasanya menggunakan bahan-bahan standar yang tidak dapat disamakan dengan rumah mewah. Misalnya marmer sering digunakan untuk lantai rumah mewah, sedangkan ubin atau keramik biasa digunakan untuk lantai rumah pada umumnya.

Walaupun tidak harus menggunakan material mahal, kamu harus melihat apakah material rumah yang hendak kamu beli sesuai dengan kriteria dan kebutuhanmu. Jangan sampai tidak sesuai kualitas yang kamu harapkan. Karena terkadang, selain untuk faktor estetika, material rumah yang baik akan lebih awet, Pins.

Contohnya, rumah yang berdinding batu bata lebih kokoh daripada batako, lantai yang diberi beton lebih awet daripada lantai yang hanya disemen dan dikeramik biasa. Selain itu rangka atap baja ringan lebih baik daripada kuda-kuda kayu. Jadi, ingatlah untuk menanyakan bahan yang digunakan saat pengecekan kondisinya.

Desain Rumah Impian

Sebuah rumah biasanya mencerminkan kepribadian pemiliknya. Jika kamu membeli rumah dari developer, kamu bisa melakukan renovasi untuk desain yang kamu inginkan. Tapi sekarang sudah banyak developer yang menawarkan untuk kamu bisa custom desain rumah kamu sendiri lho, Pins!

Potensi Perubahan Rumah di Masa Depan

Saat kamu membeli rumah kamu harus dapat membayangkan apa yang akan kamu lakukan pada rumah tersebut di masa depan. Seperti apakah kamu akan menjualnya dan membeli rumah di kota lain, apakah kamu akan menambah kamar saat kamu memiliki anak, atau kamu akan mewariskan rumah tersebut ke anak-anak.

Baca juga: Simak 10 Gambar Sebelum dan Sesudah Renovasi Rumah!

Rumah murah terkadang memiliki luas yang terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk diperbesar. Kemungkinan tersebut sebaiknya kamu pikirkan Pins agar kamu tidak repot di kemudian hari.

Perhatikan Faktor Rumah Yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu

Pins harus memperhatikan kondisi rumah yang dapat mendukung kesehatan kamu dan keluarga. Beberapa hal yang penting adalah sistem drainase dan pengolahannya, ventilasi dan jendela yang cukup, serta pastikan lingkungan sekitar kamu tidak kumuh dan terjaga kebersihannya.

Baca juga: 9 Ciri Rumah Yang Bersih Untuk Hunian Yang Sehat


Itu dia beberapa tips agar kamu tidak salah pilih ya Pins, semoga bermanfaat!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel