Pinhome

Investasi

Tips Membeli Rumah di Perumahan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Sudah tahu bagaimana cara meraih keuntungan maksimal ketika membeli rumah di perumahan? Terserah nantinya rumah tersebut mau dijual kembali atau digunakan sendiri, yang jelas ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan dalam berpikir ketika memutuskan untuk memiliki hunian di komplek perumahan. Ketika kita memutuskan untuki membeli rumah maka akan ada banyak penawaran lokasi perumahan yang harus kita pilih, dan ketika kita sudah menentukan perumahan mana yang akan dipilih maka masih harus memilih rumah mana yang akan dibeli. Untuk bisa memilih dengan tepat maka diperlukan pengetahuan tentang beberapa kriteria rumah terbaik. O.k langsung saja kita mulai dengan membuat daftar hal-hal yang barangkali bisa menjadi pertimbangan untuk menemukan rumah idaman.

Tips membeli rumah di perumahan

  1. Pilih lokasi perumahan yang bebas banjir, lokasi strategis dan punya prospek pengembangan wilayah yang bagus kedepanya.
  2. Pilih rumah yang letaknya dekat fasos/fasilitas sosial atau disebut juga dengan fasum/fasilitas umum, karena area ini banyak peminatnya dan harga jualnya cenderung lebih tinggi dengan kenaikan cepat dibanding rumah yang berlokasi di gang hadap-hadapan.
  3. Rumah hadap timur juga banyak peminatnya karena akan mendapat sinar matahari pagi diteras rumah dan halaman depan rumah tidak panas ketika siang hari.
  4. Membeli rumah adalah membeli lingkungan, oleh karena itu perlu diperhatikan bagaimana kondisi lingkungan dan budaya masyarakat sekitar, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam menghuni rumah tersebut. Apabila kita mempunyai anak juga akan mempengaruhi pola pendidikan untuk buah hati.
  5. Sesuaikan perumahan yang dipilih dengan kepribadian. Perumahan elit biasanya warganya cenderung tak kenal tetangga karena sibuk masing-masing, sedangkan perumahan sederhana akan lebih besar kemungkinan tumbuhnya rasa kekeluargaan dan persatuan antar warga.
  6. Biaya hidup di perumahan itu biasanya lebih tinggi dibanding perkampungan, karena akan ada iuran kebersihan, keamanan, kematian, listri, air dll. Oleh karena itu perlu disesuaikan dengan kemampuan keuangan keluarga.
  7. Menyelidiki siapa calon tetangga, karena bertetangga dengan orang baik akan sangat mendukung kenyamanan aktifitas keluarga sehari-hari.

Apalagi ya, pertimbangan lain yang bisa kita gunakan saat membeli rumah di perumahan? Masing-masing tentu punya pola pikir dan cara pandang yang berbeda. Yang terpenting adalah jangan sampai menyesal ketika sudah memilih sebuah rumah. Ada juga pepatah jawa yang bilang bahwa yang namanya rumah itu ada unsur “pulung” atau istlilah bahasa indonesianya mana yang jodoh itulah yang didapat. Jadi, selamat meraih rumah terbaik 🙂

Tags :

Bagikan Artikel