BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti25 Tips Membeli Rumah di Perumahan untuk Gaji Pas-pasan
0
0

25 Tips Membeli Rumah di Perumahan untuk Gaji Pas-pasan

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jan 2, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips membeli rumah di perumahaantop-right-banner

Contributor: Risty Wahyuni

Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian bagi setiap orang. Terutama untuk kamu yang berencana untuk menikah atau pasangan muda yang siap menjalani kehidupan rumah tangga sendiri. Namun, bagaimana jika penghasilan sebatas UMR atau sekitar 5 jutaan? Apakah bisa untuk membeli rumah baru yang nyaman dan sesuai keinginan? Kamu perlu tahu tips membeli rumah dengan gaji UMR.

Membeli rumah baru bukan hal yang tidak mungkin bagi karyawan yang bergaji UMR (Upah Minimum Regional). Meskipun dengan gaji yang terbatas, Pins bisa mewujudkannya dengan strategi yang tepat dan efektif untuk diterapkan.

Jika Pins sedang membuat target untuk memiliki rumah, Pins harus tahu tips membeli rumah meskipun dengan gaji UMR. Pins perlu untuk mengetahui harga pasar properti dengan fitur Pinvalue di Pinhome yang memudahkan kamu mencari rumah atau properti sesuai pilihan. Selain itu, Pins bisa titip jual dan sewa properti untuk menambah anggaran membeli rumah baru

Baca juga: 

Tips Membeli Rumah Di Perumahan

Artikel ini akan membahas tentang tips membeli rumah dengan Gaji UMR. Terdapat beberapa langkah yang bisa Pins lakukan untuk merealisasikan rumah idaman, meskipun dengan finansial yang terbatas. 

1. Menentukan rumah sesuai kebutuhan

Ciri-ciri penipuan jual beli rumah
Source : Pinhome

Hal pertama yang harus Pins lakukan adalah menentukkan rumah dan lokasi. Kamu bisa melakukan survei untuk mengetahui rumah seperti apa yang kamu butuhkan. Tentukan berapa banyak ruangan yang dibutuhkan dan gaya rumah yang diinginkan. Pertimbangkan faktor seperti anggaran biaya, keamanan lingkungan, akses jalan, daerah yang bebas banjir dan ketersediaan air bersih.

Lalu, evaluasi juga kualitas udara  serta fasilitas umum yang memadai di sekitar lokasi rumah yang ingin dimiliki. Berbagai tipe rumah, mulai dari tipe 21, 36, 45 dan lainnya yang ditawarkan oleh developer bisa menjadi pilihan kamu untuk mewujudkan rumah impian. 

2. Cek harga pasar

Penting juga untuk tahu nilai properti dari aset yang akan kamu miliki berdasarkan analisa appraisal. Hal ini dibutuhkan untuk menentukan harga beli rumah dan legalitas dari properti tersebut. Untuk menentukan harga pasar rumah idaman, lakukan riset pasar properti di daerah yang kamu minati. Bandingkan harga rumah satu dengan lainnya, fasilitas, dan kondisi properti di sekitar. Pertimbangkan juga faktor eksternal seperti perkembangan lingkungan dan rencana infrastruktur. 

Saat ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk pergi ke Kantor Jasa Penilai Publik atau agen properti. Karena cek estimasi nilai properti bisa dilakukan dengan mudah di Pinvalue. Pins bisa membandingkan harga properti idaman dengan estimasi nilai properti berdasarkan lokasi dan spesifikasinya. 

Dengan hanya memasukkan area yang ingin kamu ketahui kisaran harganya, Pinvalue akan mengidentifikasi pencarian properti yang ada di lokasi pilihan. Selanjutnya akan muncul beberapa kisaran nilai properti sesuai informasi yang Pins berikan. Cukup mudah digunakan bukan? Pins bisa cari harga rumah yang terjangkau namun tetap berkualitas.

3. Disiplin menabung

kekurangan menabung di bank

Setelah mengetahui harga pasar rumah, maka selanjutnya adalah menentukan anggaran untuk membeli rumah. Menabung adalah cara jitu bagi Pins yang bergaji UMR. Kamu bisa sisihkan 30% gaji untuk menabung.

Jika besaran gaji Rp 5.000.000, untuk 30% nya adalah Rp 1.500.000. Cobalah konsisten untuk menabung, dalam kurun waktu 2 tahun saja kamu akan mendapatkan tabungan sekitar Rp 36.000.000. Buat rekening khusus untuk tabungan membeli rumah agar tidak tercampur dengan rekening pengeluaran harian. 

4. Investasikan tabungan

Setelah terkumpul sejumlah uang tabungan, maka cobalah untuk memulai investasi. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk investasi, salah satunya adalah investasi emas. Dengan jumlah tabungan kamu, Pins bisa mendapat emas dengan berat lebih dari 30 gram.

Menurut Yohanes Chandra Ekajaya, Pebisnis Properti, nilai emas tumbuh sebesar 15–20% per tahun. Sementara nilai properti tumbuh 10–15% per tahun. Itu artinya, emas yang kamu punya akan mengalami pertumbuhan nilai yang lebih cepat dibandingkan dengan rumah idaman kamu. Maka, dalam waktu 2-3 tahun kamu bisa melunasi sejumlah DP rumah baru. 

5. Hidup hemat

Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

Saat memutuskan untuk membeli rumah, maka Pins harus mulai hidup hemat. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Berhenti menggunakan uang dengan bebas tanpa memikirkan konsekuensinya. Gunakanlah uang hanya untuk kebutuhan utama dan mendesak. Ingat, Pins sedang menabung untuk membeli rumah baru. Ubahlah mindset jika rumah adalah prioritas utama saat ini.

6. Pakai metode pembayaran KPR

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bisa menjadi solusi bagi Pins yang memiliki penghasilan UMR. Karena harga rumah yang tidak murah, banyak masyarakat yang mengambil KPR sebagai pinjaman rumah. 

Jika harus menunggu sampai Pins memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah rumah, dana yang akan terkumpul akan lama karena nilai rumah akan terus naik. Mengingat luas tanah yang tidak bertambah dan pilihan tanah yang terbatas, sementara naiknya gaji mungkin tidak sama. 

Bagi Pins yang memilih untuk mengambil KPR bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Berapa harga rumah yang mampu dibeli? kamu harus memiliki dana minimal 20-30% dari harga beli rumah untuk dijadikan uang muka atau down payment (DP).
  2. Berapa nilai cicilan KPR yang mampu dibayar? kamu harus memiliki arus kas sebesar minimal 25% dari gaji bulanan selama minimal 5 tahun ke depan yang tidak digunakan untuk kebutuhan konsumsi rutin.

7. Cari tahu aturan di wilayah perumahan yang akan dibeli

Untuk informasi tentang peraturan dan regulasi pembelian rumah di wilayah tertentu, Pins dapat menghubungi pemerintah setempat atau lembaga keuangan seperti bank. Pins juga dapat mencari informasi online melalui situs web pemerintah atau situs web perusahaan perumahan.

8. Bersabar dan tidak terburu-buru

Terburu-buru akan selalu merugikan. Ketika melihat rumah dan menyukainya, Pins harus memikirkannya sejenak dan tidak gegabah. Karena bisa saja Pins menemukan rumah lain yang jauh lebih menarik.

9. Pilih lingkungan yang tepat

Source : Grand Mekarsari

Membeli rumah adalah membeli lingkungan, oleh karena itu perlu diperhatikan bagaimana kondisi lingkungan dan budaya masyarakat sekitar, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam menghuni rumah tersebut. Apabila kita mempunyai anak juga akan mempengaruhi pola pendidikan untuk buah hati.

10. Lihat calon tetangga

tips membeli rumah di perumahaan
Source : Metlandtransyogi

Menyelidiki siapa calon tetangga, karena bertetangga dengan orang baik akan sangat mendukung kenyamanan aktifitas keluarga sehari-hari.

11. Survey dan cek kualitas bangunan

Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil
Source : Pixabay

Proyek bangunan perumahan seringkali kualitasnya seadanya karena mengejar waktu pembuatan dan terbuat dari bahan seadanya. Jika ingin membeli rumah di perumahan, pastikan melakukan survey dan melihat kualitas bahan bangunan yang digunakan. Hal ini terkait perihal lama penggunaan dan jangka waktu renovasi.

12. Desain sesuai keinginan

Setiap desian rumah pasti mencerminkan pemilik rumah. Itulah kenapa penting memiliki rumah dengan desain yang sesuai keinginan Pins.

13. Pastikan fasilitas di perumahan lengkap

Membeli rumah di perumahan
Source : Pixabay

Fasilitas perumahan yang lengkap tentu jadi salah satu bagian paling penting agar bisa menjalani kehidupan nyaman dan bahagia. Antara lain ada pos keamanan, kebersihan, tempat ibadah, fasilitas olah raga, warung atau minimarket dan lainnya.

Beberapa area lapang juga kadang diperlukan di dekat rumah, misalnya untuk parkir mobil jika ada tamu atau mobil Pins lebih dari satu. Kebanyakan perumahan tidak menyediakan tempat lapang yang bisa jadi tempat parkir. Sehingga kadang mencari tempat parkir sangat sulit.

Baca Juga: Tak Perlu Tunda Membeli Rumah Saat Pandemi Wabah Corona, Ini Alasannya

14. Ketahui Track Record developernya

Developer juga ikut andil dalam menentukan berkualitas atau tidaknya rumah yang digunakan juga berkaitan langsung dengan pelayanan bagus. Developer yang baik tentu harusnya memberikan garansi, membantu mengurus sertifikat, jaminan lain dan sebagainya.

Pengembang perumahan harus terus kontak dengan para penghuninya karena dalam jangka panjang fasilitas umum dan penggunaan tempat bersama masih menjadi tanggung jawab developer atau pengembang. Hingga nantinya ada serah terima setelah masuk perangkat desa setempat. Itu sebabnya, mengetahui rekam jejak developer jadi tips membeli rumah di perumahan yang cukup penting agar tidak tertipu.

15. Periksa kesehatan rumah

Memiliki rumah yang sehat akan sangat penting. Pins bisa mencari tahu apakah sistem drainer, pengolahan limbh dan faktor-faktor kesehatan lainnya sudah terpenuhi.

16. Pastikan memiliki asuransi yang cukup

Asuransi sangat penting untuk melindungi diri Pins dan keluarga dari risiko keuangan yang tidak terduga. Ada berbagai jenis asuransi yang tersedia, seperti asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi jiwa, dll. Sebaiknya pastikan Pins memiliki asuransi yang cukup untuk melindungi diri Pinsdan keluarga dari risiko yang mungkin terjadi. Pastikan juga untuk membaca dan memahami seluruh syarat dan ketentuan dari asuransi yang Pins pilih.

17. Pahami kontrak dengan benar

Sangat penting untuk memahami seluruh isi dari kontrak yang akan ditanda tangani sebelum menandatangani. Ini akan membantu untuk mengetahui hak dan kewajiban serta meminimalkan risiko masalah hukum di kemudian hari. Jika Pins tidak yakin tentang isi dari kontrak, sebaiknya Pins mencari bantuan dari pengacara atau profesional lain yang berpengalaman dalam hal tersebut.

18. Hitung biaya perawatan

Memperhitungkan biaya perawatan dan pemeliharaan rumah sangat penting ketika membeli rumah baru. Biaya ini dapat berupa biaya untuk perbaikan atau pemeliharaan sistem rumah, seperti sistem pendingin udara, sistem pemanas, atau perbaikan atap. Biaya ini juga dapat meliputi perawatan luar ruangan seperti perawatan taman atau perbaikan jalan masuk. Hal ini sangat penting untuk diperhitungkan dalam anggaran bulanan untuk memastikan Pins dapat membayar biaya ini tanpa kesulitan.

19. Cari tahu fasilitas publik di sekitar rumah

Fasilitas publik sangat penting misalnya seperti bus, gojek dan sebagainya. Karena ini akan berkaitan dengan akses dan kemajuan daerah tersebut.

20. Perhatikan biaya pajak

tips membeli rumah
Source : PIxabay

Biaya pajak dan beban pemeliharaan rumah adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan saat merencanakan pembelian atau sewa properti. Pajak properti biasanya dikenakan setiap tahun oleh pemerintah setempat dan besarnya bervariasi tergantung pada lokasi dan nilai properti.

21. Hitung biaya renovasi

Biaya renovasi dan perbaikan juga harus diperhitungkan dalam rencana keuangan. Sebelum membeli atau menyewa properti, Pins harus mengevaluasi kondisi properti saat ini dan memperkirakan biaya yang mungkin diperlukan untuk membuat perbaikan atau renovasi.

22. Periksa fasilitas keamanan

Keamanan lingkungan akan sangat penting ketika membeli rumah. Pins bisa mencari tahu keamanan apa saja yang dimiliku perumahan tersebut. Misalnya apakah ada pos satpam hingga jalur keluar masuk perumahan.

23. Cek usia bangunan rumah

Mengetahui usia bangunan sangat penting agar Pins bisa menentukan harga rumah yang akan Pins beli. Jika usia bangunan terlalu tua, Pins juga wajib mempertimbangkan biaya renovasinya.

24. Maksimal Cicilan 35% dari Penghasilan

Lembaga pemberi kredit atau bank mungkin menyetujui pengajuan KPR dengan cicilan sebesar 50% dari penghasilan bulanan. Namun, untuk memastikan kesejahteraan keuangan yang stabil, cicilan rumah yang ideal adalah maksimal 35% dari penghasilan bulanan. Hal ini dikarenakan untuk memastikan bahwa kamu masih memiliki cukup dana untuk menutupi kebutuhan pokok sehari-hari, asuransi, serta menyisihkan dana untuk investasi.

25. Beli dari Tangan Pertama

Jika kamu membeli rumah bekas, mak cara terbaik dengan menghubungi pemiliknya secara langsung. Hal ini akan memberikan Anda informasi yang lebih detail tentang rumah tersebut dan juga menghemat biaya karena tidak ada komisi yang dibayarkan kepada perantara atau broker.

Jadi, jika Pins ingin mempunyai rumah, coba ikuti tips membeli rumah untuk gaji UMR di atas. Perhatikan dan kenali langkah-langkahnya agar impian memiliki rumah menjadi kenyataan. Pastikan untuk mengetahui kemampuan finansial agar terhindar dari kredit macet ya, Pins.

Cari tahu rumah idaman di aplikasi Pinhome

Temukan berbagai pilihan aneka properti hunian tempat tinggal pribadi hanya di aplikasi Pinhome. Kamu juga bisa menemukan hunian dijual dari berbagai daerah seperti rumah dijual di Depok, Tangerang, Bekasi dan kawasan lainnya. 

Selain itu, Pinhome juga hadir dengan jasa rumah tangga Pinhome Service seperti daily cleaning, cuci AC, cuci kotoran sofa, karpet, dan kasur, sampai dengan pijat relaksasi. Kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk akses properti dan layanan urusan rumah di satu aplikasi, karena cuma Pinhome yang #PintarUrusanHunian.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Safir Citra Pesona dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download