Pinhome

Tips Properti

Tips Beli Rumah yang Harus Dilakukan agar Tidak Salah Pilih

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Punya rumah idaman pasti jadi impian semua orang di dunia. Apalagi kalau Pins sudah berkeluarga atau baru memiliki rencana untuk menikah. Pastinya Pins ingin memiliki rumah impian untuk menjadi tempat tinggal Pins bersama keluarga. Namun, sebelum Pins membeli rumah, ada baiknya kalau Pins mencari tahu dulu mengenai tips beli rumah.

Pinhome – Beli rumah itu bukanlah perkara mudah dan akan menjadi urusan jangka panjang. Jadi, banyak hal yang harus Pins siapkan supaya tidak menyesal nantinya. Berikut ini adalah beberapa tips beli rumah yang penting untuk Pins ketahui.

1. Perhatikan Kebutuhan Keluarga

Sebelum membeli sebuah rumah, ada baiknya kalau Pins memperhatikan tips beli rumah berikut ini. Pins bisa mencari tahu kebutuhan dan keinginan keluarga dengan cara membuat daftar kebutuhan. Daftar tersebut berisi hal-hal apa saja yang Pins dan keluarga butuhkan dari sebuah rumah. Untuk itu, Pins bisa ajukan pertanyaan kepada seluruh anggota keluarga.

Pertanyaan dari tips beli rumah ini seperti apakah butuh garasi yang luas atau tidak, apakah perlu memiliki taman yang luas untuk berkebun. Selain itu tanyakan juga jumlah kamar yang dibutuhkan, dan apakah ingin merenovasi rumah di masa depan. Jawaban dari pertanyaan itu bisa Pins jadikan sebagai acuan untuk memilih rumah nantinya.

2. Cari Rumah Sendiri Atau Gunakan Agen Properti

Tips beli rumah selanjutnya adalah Pins harus mencari rumah sendiri atau menggunakan jasa agen properti. Kalau Pins mencari informasi tentang rumah-rumah yang dijual sendiri, Pins bisa tahu secara langsung apa saja kekurangan dan kelebihan rumah tersebut. Tapi, tentunya Pins harus memiliki banyak waktu untuk melakukan hal tersebut.

Tips beli rumah untuk mencari informasi rumah bisa juga Pins dapatkan dengan menggunakan jasa agen properti. Cara ini lebih mudah karena Pins tidak harus menghabiskan waktu untuk berkeliling sana-sini. Agen properti akan membantu Pins untuk mencarikan rumah dengan kriteria yang Pins inginkan.

3. Pertimbangkan Lokasi Dan Akses Rumah Idaman

Mempertimbangkan lokasi dan akses rumah juga menjadi salah satu tips beli rumah yang harus Pins perhatikan. Hal tersebut bisa mempengaruhi harga rumah yang akan Pins beli. Semakin mudah akses dan strategis lokasinya, maka bisa dipastikan kalau harga rumah itu akan jauh lebih mahal. Tapi sudah bisa dipastikan Pins bisa menikmati akses jalan yang mudah untuk bepergian kemana saja.

Itulah mengapa Pins harus sangat memperhatikan tips beli rumah yang satu ini. Kalau Pins ingin rumah yang jauh lebih murah, Pins bisa mencari rumah yang letaknya jauh dari pusat kota. Selain itu, Pins juga harus menyiapkan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil karena di tempat tersebut pasti jarang dilewati oleh kendaraan umum.

4. Perhatikan Spesifikasi Material Bangunan Rumah

Tips beli rumah yang keempat adalah jangan lupa untuk memperhatikan material bahan bangunan rumah dengan lebih spesifik. Hal ini akan sangat berguna untuk Pins, karena penggunaan bahan bangunan bisa menentukan usia dari rumah tersebut. Tidak ada salahnya kan kalau Pins mencari tahu mengenai bahan-bahan apa saja yang rumah idaman Pins gunakan.

Tips beli rumah ini sangat berguna untuk Pins agar mengetahui bahan bangunan mana yang lebih kokoh dan tahan lama. Atau bahan mana yang sesuai dengan struktur dan kondisi tanah di daerah tersebut. Jadi, Pins bisa memperkirakan berapa tahun lagi rumah tersebut membutuhkan perbaikan atau renovasi.

5. Memperhatikan Kondisi Dan Kesehatan Rumah

Tips beli rumah ini melanjutkan dari tips sebelumnya yaitu untuk memperhatikan kondisi dan kesehatan rumah. Tentunya, Pins harus mendapatkan rumah dengan kondisi yang baik dan juga mendukung Pins untuk hidup sehat. Hal ini penting untuk dilakukan meskipun banyak orang yang melewatkannya karena sudah terlalu senang karena mendapatkan rumah baru impiannya.

Tips beli rumah berikut ini mengharuskan Pins untuk memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Yang pertama adalah perhatikan sistem pengolahan limbah dan drainasenya. Selain itu, perhatikan apa rumah itu memiliki ventilasi dan jendela yang cukup. Yang terakhir, pastikan lingkungan sekitar rumah tidak kumuh agar Pins bisa hidup disana dengan sehat dan nyaman.

6. Perhatikan Fasilitas Di Sekitar Rumah

Memperhatikan fasilitas di sekitar rumah merupakan salah satu tips beli rumah yang penting untuk Pins lakukan. Fasilitas itu akan membantu dan menunjang kebutuhan hidup Pins dan keluarga setiap harinya. Contoh fasilitas yang penting yaitu supermarket atau pasar, mesin ATM, dan rumah sakit. Kalau bisa, Pins pilih rumah yang tidak jauh dari tempat-tempat tersebut.

Tips beli rumah ini cukup penting untuk Pins lakukan karena untuk mempermudah kehidupan Pins di kemudian hari. Jadi, kalau misalkan Pins butuh belanja ke pasar atau supermarket, Pins tidak perlu menghabiskan waktu banyak. Atau Pins tidak perlu pergi ke pusat kota hanya untuk mengambil uang di ATM.

Baca juga: Tak Perlu Tunda Membeli Rumah Saat Wabah Corona, Ini Alasannya!

7. Periksa Lingkungan Sekitar

Tips beli rumah yang tidak kalah penting lainnya adalah Pins harus memeriksa lingkungan yang ada di sekitar rumah. Pins harus tahu kondisi lingkungan di sekitar rumah dengan cara mencari tahu atau memperhatikannya lebih dalam lagi. Jadi, Pins harus perhatikan kalau daerah di sekitar rumah itu aman dari banjir.

Tips beli rumah lainnya adalah Pins harus memastikan juga kalau daerah di sekitar rumah itu aman dari perampokan, pencurian atau hal-hal lain yang membahayakan. Dengan begitu, Pins bisa memberikan hunian yang aman untuk Pins dan keluarga. Selain itu Pins bisa melindungi diri dan keluarga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Dapatkan Desain Rumah Impian

Tips beli rumah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mendapatkan atau mencari desain rumah impian Pins. Perlu Pins tahu kalau desain rumah itu menggambarkan kepribadian pemiliknya. Maka dari itu kebanyakan orang mendesain rumahnya dengan keinginan mereka sendiri. Hal ini menjadi kebanggaan sendiri untuk bisa menunjukkan rumah impian kita kepada orang lain.

Untuk itu, dalam tips beli rumah ini Pins bisa meminta pendapat anggota keluarga yang lain untuk memberikan idenya dalam mendesain rumah. Atau Pins juga bisa menggunakan daftar kebutuhan Pins bersama keluarga untuk mempertimbangkan desain rumah yang akan dibeli.

9. Pertimbangkan Harga yang Sepadan dan Skema Pembayaran

Tips yang satu ini tampaknya akan menjadi hal yang paling utama untuk Pins pertimbangkan. Saat membeli rumah tentu, harus ada harga yang Pins sepakati dan ketentuan pembayarannya. Dengan begitu Pins bisa memiliki rumah impian Pins seutuhnya. Oleh karena itu, tips beli rumah kali ini mengharuskan Pins untuk membandingkan harga rumah-rumah yang Pins incar.

Pastikan harga tersebut sudah sesuai dengan semua fasilitas dan kualitas yang rumah ini miliki dan tentunya sesuai dengan keadaan keuangan Pins. Yang tidak kalah penting, Pins juga harus mempertimbangkan skema pembayaran tersebut apakah ingin tunai atau menggunakan KPR.


Jadi itulah tadi beberapa tips beli rumah yang harus Pins ketahui. Jika memperhatikan dan melakukan tips-tips di atas, maka dapat dipastikan Pins bisa mendapatkan rumah impian tanpa harus merasa kecewa.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel