5 Cara Cerdas Membeli Rumah Tanpa DP - Pinhome

Pinhome

5 Cara Cerdas Membeli Rumah Tanpa DP

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 18 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Membeli rumah tanpa DP tentu menjadi keinginan setiap orang. Ternyata, tidak hanya pengusaha properti yang ulung saja yang bisa mendapatkan rumah tanpa DP. Orang biasa pun juga bisa mendapatkan rumah tanpa DP.

Namun, untuk mendapatkan rumah tanpa DP Pins perlu pengetahuan dan pengalaman yang cukup di bidang property. Nah, berikut ini beberapa cara atau tips untuk membeli rumah tanpa DP yang dapat Pins ikuti.

Baca juga: Membeli rumah di perumahan

1. Survey Harga Pasar

Survey harga pasar sangat penting Pins lakukan untuk mengetahui perkembangan harga pasar saat ini. Hal ini dapat Pins lakukan sebelum Pins membayarkan tanda jadi dan DP pada rumah yang akan Pins beli. Dengan survey harga pasar, Pins juga dapat memperkirakan bagaimana prospek kawasan tersebut di masa yang akan datang.

Untuk daerah yang masih sepi, harga properti biasanya masih relatif murah. Namun daerah yang sepi bukan berarti tidak memiliki prospek yang baik. Bisa jadi dalam waktu dua hingga tiga tahun ke depan kawasan tersebut dapat menjadi kawasan yang ramai dan padat sehingga harga properti di daerah tersebut akan naik.

Cek harga pasar
(Unsplash)

Baca Juga: Membeli Rumah Mudah Dengan KPR

2. Mencari Rumah Below The Market

Hal yang harus Pins lakukan selanjutnya untuk membeli rumah tanpa DP adalah dengan mencari rumah dengan harga di bawah pasar. Untuk dapat memiliki rumah dengan haga murah atau di bawah harga pasar, Pins harus mencari penjual dengan motivasi tinggi.

Penjual bermotivasi tinggi biasanya adalah orang-orang yang butuh dana cepat, ingin pindah ke luar kota atau luar negeri, butuh biaya pengobatan, pindah tugas, dll.

Baca Juga: Cara Kredit Rumah Tanpa DP Dengan Mudah

3. Appraisal atau Menaksir Harga

Setelah Pins melakukan survey harga pasar, sekarang saatnya Pins menaksir harga rumah yang akan Pins beli. Yan paling penting adalah taksiran pihak bank dalam menaksir harga rumah yang akan Pins ajukan dalam KPR.

Biasanya bank akan mendanai hingga 70% dari harga yang ditaksir sedangkan 30% lagi harus dibayarkan akan dibayar oleh pembeli sebagai DP. Untuk itu Pins harus pandai-pandai mencari rumah yang akan Pins beli dengan KPR.

Jika Pins bisa mencari rumah di bawah harga pasar, dan ternyata bank menaksir rumah yang Pins beli lebih tinggi, maka Pins tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk membeli rumah tersebut.

Baca Juga: Cara Membeli Rumah di Lelang Dalam Pengawasan Bank

4. Kerja Sama Dengan Penjual

Salah satu hal yang paling penting Pins lakukan adalah bekerja sama dengan penjual. Jelaskan kepada penjual bahwa Pins sedang mengajukan KPR kepada bank. Oleh karena itu Pins akan membayar DP minimal satu bulan setelah pengajuan KPR. Yakinkan pada penjual bahwa Pins serius untuk membeli rumah tersebut.

Kerja sama membli rumah tanpa dp
(Unsplash)

Baca Juga: Membeli Rumah Tanpa Uang

5. Mengajukan KPR ke Banyak Bank Sekaligus

Saat Pins ingin mengajukan KPR rumah, sebaiknya Pins mengajukan permohonan KPR ke banyak bank sekaligus. Hal ini akan memperbesar potensi pengajuan Pins akan diterima. Jika ada lebih dari satu bank yang menyetujui KPR Pins, pilihlah bank yang memberikan plafon tertinggi dengan bunga terendah serta jangka waktu terlama.

Baca juga: 

 

————————————————-

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel