BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiJangan Lewatkan!10 Cara Cerdas Membeli Rumah Tanpa DP
0
0

Jangan Lewatkan!10 Cara Cerdas Membeli Rumah Tanpa DP

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 6, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Membeli rumah tanpa DP tentu menjadi keinginan setiap orang. Ternyata, tidak hanya pengusaha properti yang ulung saja yang bisa mendapatkan rumah tanpa DP. Orang biasa pun juga bisa mendapatkannya asal tahu cara membeli rumah tanpa DP berikut ini.

Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi Pinhome untuk memakai Simulasi KPR agar lebih memahami prosedur kredit rumah. Lewat fitur pencariannya tersedia informasi lengkap seputar rumah bekas di Kota Bogor misalnya Ananta Homes Tenjo, perumahan baru di Kabupaten Bekasi hingga properti sekitaran SMAN 1 Puri dan lainnya.

Cara Membeli Rumah Tanpa DP

Namun, untuk mendapatkan rumah tanpa DP Pins perlu pengetahuan dan pengalaman yang cukup di bidang property. Nah, berikut ini beberapa cara atau tips untuk membeli rumah tanpa DP yang dapat Pins ikuti.

1. Survey Harga Pasar

Source : Pexels

Survey harga pasar sangat penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan harga pasar saat ini. Hal ini dapat Pins lakukan sebelum membayarkan tanda jadi dan DP pada rumah yang akan dibeli.

Dengan survey harga pasar, Pins juga dapat memperkirakan bagaimana prospek kawasan tersebut di masa yang akan datang. Untuk daerah yang masih sepi, harga properti biasanya masih relatif murah.

Namun daerah yang sepi bukan berarti tidak memiliki prospek yang baik. Bisa jadi dalam waktu dua hingga tiga tahun ke depan kawasan tersebut dapat menjadi kawasan yang ramai dan padat sehingga harga properti di daerah tersebut akan naik.

Baca juga: Membeli Rumah Mudah Dengan KPR

2. Mencari Rumah Below The Market

Hal yang harus Pins lakukan selanjutnya untuk membeli rumah tanpa DP adalah dengan mencari rumah dengan harga di bawah pasar. Untuk dapat memiliki rumah dengan haga murah atau di bawah harga pasar, kamu harus mencari penjual dengan motivasi tinggi. Penjual bermotivasi tinggi biasanya adalah orang-orang yang butuh dana cepat, ingin pindah ke luar kota atau luar negeri, butuh biaya pengobatan, pindah tugas, dan lain-lain.

3. Appraisal

Setelah Pins melakukan survey harga pasar, sekarang saatnya menaksir harga rumah yang akan dibeli. Satu hal yang paling penting adalah taksiran pihak bank dalam menaksir harga rumah yang akan kamu ajukan dalam KPR.

Biasanya bank akan mendanai hingga 70% dari harga yang ditaksir sedangkan 30% lagi harus dibayarkan akan dibayar oleh pembeli sebagai DP. Untuk itu Pins harus pandai-pandai mencari rumah yang akan Pins beli dengan KPR.

Jika Pins bisa mencari rumah di bawah harga pasar, dan ternyata bank menaksir rumah yang dibeli lebih tinggi, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk membeli rumah tersebut.

4. Kerja Sama Dengan Penjual

Kerja sama membli rumah tanpa dp
Source : Unsplash

Salah satu hal yang paling penting dilakukan adalah bekerja sama dengan penjual. Jelaskan kepada penjual bahwa Pins sedang mengajukan KPR kepada bank. Oleh karena itu Pins akan membayar DP minimal satu bulan setelah pengajuan KPR. Yakinkan pada penjual bahwa kamu serius untuk membeli rumah tersebut.

5. Mengajukan KPR ke Banyak Bank Sekaligus

Saat Pins ingin mengajukan KPR rumah, sebaiknya kamu mengajukan permohonan KPR ke banyak bank sekaligus. Hal ini akan memperbesar potensi pengajuan Pins akan diterima apalagi jika pengajuan DP besar. Jika ada lebih dari satu bank yang menyetujui KPR, pilihlah bank yang memberikan plafon tertinggi dengan bunga terendah serta jangka waktu terlama.

Baca juga: Membeli Rumah di Perumahan

6. Benchmarking

Source : Pexels

Beberapa orang ada pula yang memilih membeli rumah lewat developer dengan penawaran KPR. Kamu bisa mencari pengembang yang menawarkan DP 0% ataupun diskon.

Lakukan benchmarking atau membandingkan beberapa developer. Bandingkan seluruh syarat dan promo yang ditawarkan agar kamu memperoleh penawaran terbaik. Meskipun sudah memperoleh diskon, ingat bahwa untuk membeli rumah masih memerlukan dana yang besar.

7. Cek Legalitas

Survey pasar memang penting namun mengecek legalitas tak kalah krusialnya. Legalitas yang jelas menambah jaminan keamanan terhadap properti tersebut sekaligus menghindari sengketa di masa depan.

Status tanah yang dikuasai oleh developer seharusnya hanya Hak Guna Bangunan (HGB). Status ini ternyata mempunyai jangka waktu tertentu sehingga perlu diperpanjang kembali. Untuk memastikan asal muasal status HGB bisa langsung cek ke Dinas Pertanahan setempat.

8. Pantau Pembangunan dan Minta Garansi

Source : AcerID

Ada baiknya memantau proses pembangunan rumah agar sesuai dengan spesifikasi yang tertera dalam perjanjian. Umumnya proses pembangunan menghabiskan waktu 6-12 bulan.

Pastikan dalam perjanjian tertulis adanya garansi bangunan. Garansi ini membantu kamu memperoleh perbaikan ketika terjadi kerusakan yang bukan akibat kesengajaan pemilik.

9. Minimalisir Utang Konsumtif

Dengan adanya kredit rumah ini tentu penting meminimalisir utang konsumtif. Cek kembali pemakaian kartu kredit dan selektif dalam membeli sesuatu.

Apalagi kredit rumah memiliki tenor yang panjang sehingga penting mempunyai kondisi keuangan yang baik. Kebiasaan utang perlu dihentikan apalagi untuk barang-barang yang benar-benar tidak dibutuhkan.

10. Miliki Kondisi Keuangan yang Baik

Source : Unsplash

Susun anggaran pengeluaran yang tepat dan tempatkan pada pos yang sesuai. Kamu bisa menerapkan komposisi 50-30-20% yang mana 50% untuk biaya hidup, 30% untuk cicilan dan sisanya sebagai tabungan dan dana hari tua.

Dengan mengikuti cara membeli rumah tanpa dp di atas sekaligus memahami pengelolaan keuangan tentu dapat menghindari kredit macet di kemudian hari. Selain itu bisa memperoleh penawaran terbaik untuk hunian impianmu.

Baca juga: Membeli Rumah Tanpa Uang

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download