BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiJangan Sampai Menyesal! Ini 9 Tips Memilih Rumah yang Tepat
0
0

Jangan Sampai Menyesal! Ini 9 Tips Memilih Rumah yang Tepat

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jul 3, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips memilih rumahtop-right-banner

Memilih rumah tidak sama dengan memilih pakaian, sepatu, dan aksesoris lainnya. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini Pins bisa memanfaatkan yang ada di internet dalam satu kali klik. Jika ingin mencari rumah di Pinhome, Pins cukup mengetik rumah seken di Tangerang, dan semua hasilnya akan muncul. Maka dari itu, tips memilih rumah yang tepat kini bisa dicari dengan sekejap.

Terlebih lagi, kamu bisa mencari properti secara spesifik di internet, misalnya, Bali Resort Tangerang. Hanya dengan mengetikkan nama proyek perumahn, semua informasi properti ini akan tersedia, mulai dari spesifikasi hingga estimasi harga rumah yang dicari. Meski begitu, Pins tetap perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli rumah. Simak apa saja tips-tipsnya di sini!

Tips Memilih Rumah

tips memilih rumah
Source : Unsplash

1. Tentukan Tujuan Membeli Rumah

Beda tujuan tentunya beda strategi, ada yang membeli rumah untuk investasi, membeli rumah untuk ditempati, membeli rumah sebagai tempat usaha, yang masing-masing tentunya mempunyai pertimbangan sendiri.

Jika memilih rumah yang baik usaha, Pins tentu perlu tahu apakah properti yang akan dibeli berada di tempat strategis atau bukan. Sementara itu, pertimbangan memilih rumah tinggal akan berbeda karena mungkin melihat dari segi fasilitas pendidikan, rumah sakit, dan faktor lainnya.

Baca juga: 30 Tips Membeli Rumah di Perumahan

2. Konsultasikan dengan Keluarga

Mengingat Pins akan membeli rumah untuk tempat tinggal dengan biaya tidak sedikit, jangan lupa untk berkonsultasi dengan keluarga. Ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana kriteria membeli rumah yang baik menurut masing-masing anggota rumah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir ketika terjadi perdebatan. Perbedaan alur pikir bisa disatukan dengan berkompromi dan menjelaskan alasan masing-masing dalam tips memilih rumah yang baik. Dengan begitu, rumah yang akan dipilih nantinya bisa diterima oleh berbagai pihak.

3. Tentukan Lokasi Rumah

Memilih rumah yang bagus tentu harus mempertimbangkan lokasi di mana rumah tersebut berada. Misalnya, Pins ingin memiliki rumah di daerah yang bebas banjir, di sekitar lingkungan yang aman, atau punya rumah di daerah wisata.

Setiap lokasi rumah tentu menawarkan keuntungan dan kekurangan masing-masing. Tinggal Pins yang menentukan apakah keuntungan beli rumah di lokasi tersebut lebih bermanfaat dibandingkan yang lainnya. Hal ini juga berlaku ketika mellihat jarak antara rumah dan kantor atau tempat usaha.

4. Cek Lingkungan di Sekitar Rumah

lingkungan rumah

Membeli rumah adalah membeli lingkungan. Jadi, Pins perlu melihat bagaimana kondisi lingkungan di sekitar rumah apakah sesuai dengan kepribadian, kepercayaan sehingga baik untuk dihuni dan baik pula untuk perkembangan anak-anak nantinya.

Rumah yang berada di jalan utama lebih banyak diminati. Pasalnya, ada fasilitas sosial, seperti lapangan olahraga atau masjid. Itu sebabnya, banyak orang yang memilih rumah yang dekat sarana tersebut. Terlebih lagi, rumah yang menghadap ke jalan besar berpengaruh besar terhadap tingkat kenyamanan dengan standar harga yang ada, bukan?

Baca juga: Ini Dia 11 Tips Membeli Rumah Pertama, Anak Muda Wajib Tahu!

5. Perhatikan Akses Jalan ke Rumah

Kondisi jalan yang baik antara lokasi rumah dengan tempat kerja dapat menjadi pertimbangan dalam memilih rumah yang baik, karena di jalan itu nantinya setiap hari akan dilewati.

Bagaimana kondisi jalan, pohon-pohon dan taman di sekitar jalan akan membuat pikiran Pins selalu segar saat berangkat maupun pulang kerja.

6. Periksa Perkembangan Daerah Rumah

Perkembangan sebuah daerah ke depan perlu dilihat. Pins mungkin perlu menghindari membeli rumah yang ternyata sebentar lagi akan dibangun pabrik dengan banyak polisi. Ini tentu akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Berikan juga nilai estetika dengan cara renovasi rumah. Otomatis pesona rumah impian akan terlihat elegan dan menarik. Baik pembeli atau peminat akan terpikat dengan tampilan keren dan unik karena sisi pembuatan berbeda dengan bentuk pembuatan rumah pada umumnya.

Baca juga: 7 Tips Membeli Rumah Seken Agar Tidak Tertipu!

7. Pantau Persentase Kenaikan Harga Rumah

kpr bersubsidi di bandung

Sudah bukan rahasia lagi bila membeli rumah adalah bagian dari investasi. Maka dari itu, cobalah hitung berapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan nantinya dengan membeli rumah. Berikut ini tips memilih rumah yang baik dengan melihat beberapa faktor yang bisa memengaruhi presentase kenaikan harga rumah.

  • Model arsitektur rumah.
  • Arah hadap rumah.
  • Fasilitas umum disekitar rumah.
  • Berapa harga rumah tersebut.
  • Bagaimana status tanahnya.
  • Lokasi pembuangan sampah disekitar rumah.
  • Gardu listrik, tower operator seluler.
  • Bagaimana kualitas air pada daerah rumah tersebut.

8. Selalu Bertanya dan Bandingkan

Ada baiknya ketika kita memilih sebuah rumah tanyakan perihal keamanan, bahan struktur desain interior bangunan dan kekokohan bahan bangunan rumah.

Pasalnya, ada banyak bangunan yang tampilan bagus luarnya saja. Sementara itu, kekuatan bahan yang dijadikan penyangga kurang memadai, sehingga mengakibatkan bangunan tidak awet dalam jangka waktu lama.

9. Pilih Bank Tepercaya

Kapabilitas sebuah bank sangat menentukan. Pilihlah program KPR bank yang sudah terpercaya untuk memastikan perjanjian kredit berjalan dengan lancar dan aman serta kemudahan dalam mengambil sertifikat rumah setelah angsuran lunas.

Nah sekiranya itulah beberapa tips memilih rumah yang harus kamu pahami, jangan sampai menyesal setelah membeli ya Pins! Sekian ulasan dari Pinhome, semoga bisa membantumu menemukan rumah impian!

Baca juga: Beli Rumah KPR atau Tanah Kavling, Lebih Untung Mana Ya?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download