Pinhome

Uncategorized

Strategi Membeli Rumah di Perumahan yang Menguntungkan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Memiliki rumah di perumahan bisa jadi salah satu alternatif untuk berinvestasi. Karena lingkungan yang aman dan peluang untuk dikontrakkan dan menperoleh keuntungan lebih besar. Berbeda dengan perumahan di kawasan pemukiman biasa yang cenderung sulit disewakan.

Membeli rumah di perumahan juga harus memperhatikan berbagai hal agar tidak merasa dirugikan setelah menempati atau menggunakannya. Berikut ini berbagai strategi membeli rumah di perumahan yang menguntungkan.

membeli perumahan
membeli perumahan

1. Pilih lokasi yang strategis

Setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda soal lokasi strategis, pada intinya disesuakan dengan kebutuhan. Anda bisa lebih mudah dan leluasa berpindah dari rumah ke kantor atau ke luar rumah. Dekat dengan tempat ibadah, dekat dengan warung atau tempat makan dan lainnya.

Lebih baik juga dekat dengan pintu masuk atau pintu keluar agar bisa lebih mudah akses keluar masuk. Lokasi ini biasanya lebih mudah terjual atau lebih mudah disewakan karena mudah dicari dan ditemukan. Harganya pun relatif lebih mahal dibandingkan dengan yang lain.

2. Jika sudah jadi, jangan lupa survey dan melihat kualitas bangunan

Proyek bangunan perumahan seringkali kualitasnya seadanya karena mengejar waktu pembuatan dan terbuat dari bahan seadanya. Jika ingin membeli rumah di perumahan, pastikan melakukan survey dan melihat kualitas bahan bangunan yang digunakan. Hal ini terkait perihal lama penggunaan dan jangka waktu renovasi.

3. Pastikan fasilitas di perumahan lengkap

Fasilitas perumahan yang lengkap tentu jadi salah satu bagian paling penting agar bisa menjalani kehidupan nyaman dan bahagia. Antara lain ada pos keamanan, kebersihan, tempat ibadah, fasilitas olah raga, warung atau minimarket dan lainnya.

Beberapa area lapang juga kadang diperlukan di dekat rumah, misalnya untuk parkir mobil jika ada tamu atau mobil anda lebih dari satu. Kebanyakan perumahan tidak menyediakan tempat lapang yang bisa jadi tempat parkir. Sehingga kadang mencari tempat parkir sangat sulit.

4. Ketahui track record developernya

Developer juga ikut andil dalam menentukan berkualitas atau tidaknya rumah yang digunakan juga berkaitan langsung dengan pelayanan bagus. Developer yang baik tentu harusnya memberikan garansi, membantu mengurus sertivikat, jaminan lain dan sebagainya.

Pengembang perumahan harus terus kontak dengan para penghuninya karena dalam jangka panjang fasilitas umum dan penggunaan tempat bersama masih menjadi tanggung jawab developer atau pengembang. Hingga nantinya ada serah terima setelah masuk perangkat desa setempat.

Rumah yang dibeli di perumahan lebih menguntungkan karena aman, tertib dan bersih. Namun ada pula kekurangannya, yaitu tinggal di perumahan seringkali kurang sosialisasi karena mayoritas diisi oleh orang-orang yang sibuk dengan pekerjaannya di kantor. Faktor risiko juga lebih kecil karena ada security yang berjaga 24 jam di pos keamanan, ditambah lagi portal keamanan yang ditutup ketika malam hari.

Tags :

Bagikan Artikel