BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPA8 Tips KPR Rumah Bekas yang Bikin Jadi Lebih Untung!
0
0

8 Tips KPR Rumah Bekas yang Bikin Jadi Lebih Untung!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan dan kekurangan kpr syariahtop-right-banner

Apakah Pins bermimpi punya rumah di Bandung, misalnya di sekitar SMAN 8 Bandung , tetapi harga rumah baru di luar anggaran? Tidak perlu khawatir! Pins mungkin bisa mempertimbangkan membeli rumah seken dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tentu saja, ada beragam tips KPR rumah bekas yang bisa kamu coba agar lebih untung.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tempat tinggal impian dengan berbagai keuntungan yang mungkin tidak bisa didapat dari membeli rumah baru. Simak tipsnya di sini!

Mengapa KPR rumah bekas bisa bikin lebih untung?

Lebih baik KPR atau pinjam uang di bank untuk beli rumah.
Source : Freepik

Membeli rumah seken dengan sistem KPR sangat menguntungkan, terutama jika kamu mencari rumah di bawah 1 milyar. Pertama, rumah seken umumnya lebih terjangkau daripada rumah baru. Kamu dapat memperoleh rumah dengan harga yang lebih rendah. Bahkan, dengan sedikit renovasi, memiliki rumah impian bisa menjadi kenyataan tanpa membebani keuangan.

Selain itu, banyak rumah bekas terletak di lokasi yang strategis, seperti pusat kota atau daerah yang sudah berkembang. Hal ini tidak hanya membuatnya lebih nyaman untuk transportasi sehari-hari, tetapi juga dapat menghemat waktu dan uang.

Kemudian, sistem KPR untuk rumah seken seringkali menawarkan suku bunga yang lebih terjangkau daripada KPR rumah baru. Ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih terjangkau. Sistem ini juga memungkinkan Pins untuk memiliki rumah sendiri dengan cicilan bulanan yang lebih ringan.

Selain manfaat finansial saat ini, membeli rumah seken dengan KPR juga merupakan investasi jangka panjang. Harga rumah cenderung meningkat seiring berjalannya waktu. Tidak mengherankan bila ada begitu banyak orang yang kini mencari properti disewakan karena keterbatasan anggaran. Sementara itu, membeli rumah seken berpotensi mendapatkan keuntungan dari properti di masa depan.

Tips KPR rumah bekas

Perlu Pins ketahui bahwa ada perbedaan antara KPR rumah baru dan rumah bekas. Alhasil, tips KPR rumah bekas mungkin akan sedikit berbeda ketika kamu mengajukan KPR rumah baru. Guna memperlancar proses jual beli rumah seken, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti!

Baca juga: Kisah Ammar Cari dan Beli Rumah Seken di Pinhome

1. Periksa kondisi bangunan

cara menghitung kebutuhan pasir untuk pondasi
Source : Shutterstock

Periksa kondisi rumah adalah salah satu tips penting dalam KPR rumah bekas. Pasalnya, ini dapat membantu menghindari potensi masalah dan biaya tambahan yang tidak terduga.

Dengan memeriksa kondisi rumah secara cermat, kamu dapat menemukan masalah struktural atau renovasi yang mungkin diperlukan. Ini juga bisa memengaruhi nilai properti dan biaya perbaikan. Tips ini juga membantu kamu membuat keputusan yang lebih bijak dalam proses pengajuan KPR rumah bekas dan memastikan investasi rumah berjalan lancar.

2. Bandingkan dengan harga di pasaran

Sebelum mengajukan KPR rumah bekas, jangan lupa bandingkan harga di pasaran. Cara ini membantu kamu menilai estimasi harga properti, apakah harga yang ditawarkan oleh penjual wajar dan kompetitif.

Misalnya, Pins menemukan rumah bekas di Jakarta Selatan dengan harga yang jauh lebih tinggi dari properti sejenis di sekitarnya. Itu bisa menjadi sinyal untuk melakukan negosiasi harga lebih baik. Bila tidak bisa, cobalah cari properti lain yang lebih sesuai dengan anggaran kamu.

3. Negosiasi harga

Tips KPR rumah bekas lainnya adalah coba negosiasi harga dengan penjual rumah. Hal ini bisa memberi peluang untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih menguntungkan. Melalui negosiasi, kamu bisa mencoba mendiskusikan harga yang lebih rendah atau mendapatkan fasilitas, seperti renovasi rumah.

Sebagai contoh, Pins ingin membeli rumah bekas di sekitar Stasiun Tebet karena sudah sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya, harga properti yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dibandingkan anggaran yang tersedia.

Itu sebabnya, kamu bisa mencoba negosiasi harga. Terkadang, penjual mungkin bersedia menurunkan harga atau memberikan insentif yang bisa menghemat uang dalam jangka panjang, lho.

Baca juga: Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

4. Periksa dokumen kepemilikan

Sebelum menandatangani kontrak KPR, periksa semua dokumen dengan cermat. Pastikan kamu memahami semua persyaratan dan ketentuan. Beberapa dokumen jual beli rumah yang wajib diperhatikan antara lain:

  • Sertifikat tanah yang jelas dan sah
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  • Surat Keterangan Lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang menjadi kewajiban penjual.
  • Akta Jual Beli (AJB) yang mencatat riwayat properti.
  • Dokumen Sertifikat Warisan (bila rumah bekas adalah warisan)
  • Dokumen KPR.

5. Cek kondisi lingkungan

Jangan lupa untuk mengecek kondisi lingkungan saat membeli rumah bekas dengan sistem KPR. Pasalnya, lingkungan rumah dapat memengaruhi kenyamanan dan kualitas hidup. Informasi mengenai keamanan, fasilitas umum, aksesibilitas ke sekolah, transportasi, pusat perbelanjaan, dan kondisi infrastruktur lokal perlu dipertimbangkan.

Lingkungan yang baik tidak hanya membuat kamu merasa nyaman, tetapi juga dapat berdampak positif pada nilai properti di masa depan. Selain itu, memeriksa lingkungan sekitar membantu menghindari potensi masalah atau ketidaknyamanan yang mungkin muncul setelah pembelian rumah.

6. Perhitungkan anggaran beli rumah seken

cara menghitung rencana anggaran biaya rumah
Source : Pinhome.id

Dalam merencanakan pembelian rumah seken dengan sistem KPR, ada beberapa tips KPR rumah bekas yang perlu diperhatikan untuk mengatur anggaran dengan bijak. Apa saja?

  • Tentukan dengan cermat berapa besaran uang muka yang bisa dibayarkan.
  • Perhitungkan suku bunga KPR serta jangka waktu yang dipilih karena akan memengaruhi total biaya KPR.
  • Cek biaya tambahan, seperti pajak, biaya notaris, dan biaya administrasi

7. Gunakan jasa agen properti

Bila bingung harus mulai dari mana, Pins sebenarnya bisa memanfaatkan jasa agen properti. Agen properti memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam industri properti. Alhasil, mereka dapat membantu menemukan rumah bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Mereka juga dapat memberikan wawasan tentang pasar lokal, serta membantu bernegosiasi harga yang lebih baik. Selain itu, agen properti dapat membantu Anda memahami semua dokumen KPR dengan cermat. Mereka memastikan bahwa proses pembelian berjalan dengan lancar dan menghindari potensi kesalahan yang dapat mengganggu.

Baca juga: Penyebab KPR Rumah Ditolak dan Tidak Disetujui


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Summarecon Crown Gading dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download