BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Pilihan Keramik Lantai Dapur Rumah Anti Licin
0
0

9 Pilihan Keramik Lantai Dapur Rumah Anti Licin

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam pemilihan keramik lantai dapur rumah perlu memperhatikan model, bahan dan warnanya. Bahan keramik tertentu dapat meningkatkan kenyamanan penghuni rumah.

Khususnya mereka yang cenderung tidak memakai alas kaki ketika berada di dalam rumah. Model dan bahan keramik anti licin sangat dibutuhkan di wilayah dapur.

Ketika memasak pergerakan penghuni rumah jauh lebih intens. Adapun beberapa pilihan keramik lantai dapur rumah yang bisa jadi referensi bisa disimak dibawah ini!

Kayu

orang sedang menyapu keramik lantai dapur rumah
Source : Shutterstock

Debu maupun kotoran diatas lantai kayu cenderung mudah dibersihkan. Warnanya yang alami mampu mempercantik dapur dan meningkatkan value hunian. 

Lantai kayu juga mudah diganti jika ada yang rusak. Pilihannya bervariasi mulai dari pohon pinus, mahoni hingga oak. Cara merawatnya hanya perlu dibersihkan dengan pembersih lantai biasa.

Tekstur keras dan kuat sehingga anti selip. Kayu juga mudah menciptakan suasana hangat dalam hunian. Lantai dengan warna asli kayu mampu disesuaikan dengan berbagai warna furniture baik gelap maupun terang.

Batu Alam

keramik lantai dapur rumah dari batuan alam
Source : Pexels

Lantai dengan batu alam menampilkan kesan elegan dengan tampilannya yang unik karena lempengan batu biasanya akan menunjukan urat dan warna berbeda. Keramik lantai dapur rumah ini cenderung anti lumut dan jamur.

Bila difungsikan sebagai pondasipun lebih unggul. Pemilihan batu yang dipakai biasanya batu kali maupun sabak. Ukurannya sangat bervariasi ada yang kecil hingga besar sehingga cocok juga sebagai tekstur pada dinding dapur.

Baca juga: 

Granit

keramik lantai dapur rumah dari granit
Source : Pexels

Rumah minimalis kerap memakai bahan granit sebagai lantai dapur. Alasannya dari segi harga terjangkau dan mudah didapatkan. Lantai granit memiliki dua lapisan yang berupa glazur pada permukaan paling atas.

Bagian bawahnya terbuat dari tanah liat yang tebal. Keramik lantai dapur rumah dari granit cenderung tahan lama dan kuat menahan benturan. Proses pembuatannya melalui serangkaian tahapan sehingga tidak mudah tergores.

Jika ada peralatan dapur yang jatuh di keramik granit tidak perlu khawatir. Apabila timbul goresanpun tidak akan kentara dan mudah dibersihkan. 

Pins cukup menyapu dan mengepelnya setiap hari agar kilaunya terjaga. Lantai granit aman untuk orang yang alergi karena tahan bakteri.

Mozaik

keramik lantai dapur rumah dari mozaik
Source : Shutterstock

Lantai mozaik lebih sering dipakai pada kolam renang namun banyak juga yang menggunakan sebagai back panel dapur. Ukurannya mulai dari 18 x 18 mm, 28 x 28 mm, 35 x 35 mm hingga 50 x 50 mm.

Masing-masing ketebalannya mencapai 3-4 mm. Bentuknya ada yang bulat, kotak lengkung, segi enam maupun kotak siku. Sedangkan warnanya mirip sekali dengan color card dari cat.

Lantai mozaik tidak perlu menambahkan banyak dekorasi. Tampilannya sendiri sudah seperti karya seni sehingga interior dapur terlihat semakin cantik.

Terakota

Source : Kompas

Lantai terakota memiliki lebih banyak pori-pori namun bagian permukaannya tidak sekeras granit namun masih nyaman untuk dipijak. Ketika suhu sedang dingin maka keramik terakota akan mudah menghangatkan ruangan.

Dalam pemasangannya biasanya jarak antar ubin sekitar 1-2 cm. Kesan hunian rustic akan kental terasa di dapur. Keramik lantai dapur rumah ini cocok untuk dapur gaya Skandinavian, Mediteranian, maupun rumah dengan gaya Eropa. 

Keramik jenis ini juga sering dipakai pada area taman maupun kamar tidur. Cocok sekali untuk konsep hunian yang ingin menyatu dengan alam.

Baca juga: 

Teraso

Source : Pexels

Lantai teraso sering dipilih sebagai dekorasi lantai ruang tamu, keluarga hingga dapur. Lantai ini lebih ramah lingkungan sebab terbuat dari kaca daur ulang dan agregat alami.

Warna dan campuran bahannya khusus sehingga dari visual nampak alami dan ketahanannya lebih awet dibandingkan bahan ubin. Lantai teraso juga tahan panas dan air sehingga sangat ideal untuk dapur. Warnanya juga tak lekang oleh waktu dan sesuai dengan ruang kontemporer hingga tradisional.

Marmer

Source : Pexels

Bahan marmer kerap muncul pada hunian mewah. Sifat marmer sendiri tahan api, kokoh, berat dan kuat. Tak heran bila bahan ini sering pula dijadikan meja dapur atau bagian dari kitchen set.

Lantai marmer mampu membawa kesejukan pada ruangan. Jenisnya sendiri sangat banyak mulai dari onyx, statuario, travertine, carrara dan masih banyak lagi lainnya. Perawatannya sendiri tidak boleh menggunakan cairan asam seperti cuka karena mampu merusak pori-pori lantai marmer.

Ubin Tegel

Source : Pexels

Dari segi harga ubin tegel tergolong murah serta terbuat dari tiga bahan utama yakni semen, pasir dan pewarna. Kesannya klasik namun kuat sehingga cocok untuk rumah bergaya tradisional. Lantai tegel mampu memberikan kesan alami dan sejuk dipandang.

Materialnya sendiri tidak mudah pecah dan memiliki pori-pori yang besar. Ubin tegel juga tahan akan suhu panas yang ekstrim. Pemasangannya gampang dan menghemat waktu konstruksi.

Baca juga:

Caspari

Source : Shutterstock

Terakhir ada keramik caspari untuk referensi lantai dapurmu. Pola dekorasi keramik lantai dapur rumah ini terinspirasi dari abad pertengahan. Sifat keramiknya sendiri sudah anti licin.

Tak hanya digunakan pada dapur saja melainkan sering dipakai di kamar mandi. Proses perawatannya sederhana dan desain keramik dirangkai untuk anti luntur dan tahan air.

Walaupun terlihat sederhana namun mampu membuat dapur terasa lebih hangat. Apalagi motifnya sendiri lebih beragam dan Pins bisa memilih sesuai selera.

Ketika memilih keramik lantai dapur rumah harus benar-benar jeli. Keramik memiliki sifat anti selip sehingga memperkecil resiko kecelakaan terjadi. Terlebih dapur adalah area yang sering berinteraksi dengan api dan air.

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download