Tips Memilih Gorden Dapur Estetik & Berkualitas

Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ September 27, 2022 ∙ 5 menit membaca

Gorden dapur sering digunakan untuk menutupi kolong kabinet. Tujuannya menutupi ruang penyimpanan yang tidak memiliki pintu lemari. Selain itu gorden ini bisa menjadi dekorasi estetik yang mempercantik dapur.

Tips Memilih Gorden Dapur

Ada beberapa bahan yang direkomendasikan untuk menjadi gorden dapur. Selain bahan ada pula poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih gorden seperti dibawah ini!

Bahan Pilihan Gorden Dapur

(Pexels)

Ada banyak pilihan bahan gorden yang dapat Pins sesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Jika digunakan untuk bagian jendela bisa memilih gorden yang transparan agar cahaya matahari bisa masuk.

Sementara bahan gorden yang tidak tembus pandang dapat dipakai sebagai penutup kolong kabinet. Berikut rekomendasi bahan gorden yang dimaksud :

Linen 

Bahan linen terbuat dari serat alami dengan tampilan bergelombang. Secara visual mampu membuat ruangan nampak lebih lega dan santai.

Linen memiliki keunggulan tidak menghalangi sinar matahari. Sifatnya seperti sutra yang cenderung rentan dengan cahaya matahari.

Beludru

Untuk dapur kering dengan konsep mewah dapat mengandalkan bahan beludru. Bahan ini cenderung tebal dan berat sehingga menghalangi udara dingin, cahaya maupun suara.

Cocok untuk menutupi area kabinet yang terbuka. Bahannya terbuat dari serat alami maupun sintetis. Selain itu dibandingkan poliester yang mudah terbakar, beludru jauh lebih aman jika dijadikan gorden di area dapur.

Katun

Katun memang umum sekali dijadikan bahan gorden. Apalagi cocok diaplikasikan ke semua gaya rumah. Nuansa yang dihadirkannya segar dan bersih sehingga sangat pas untuk dpaur tradisional maupun modern.

Katun ditenun secara rapat dan rapi. Materialnya tidak menghalangi cahaya matahari sehingga bisa dijadikan gorden jendela di dapur.

Vitrase

Vitrase memiliki ciri khas kain tipis dan tembus pandang. Bahan vitrase bisa untuk jendela dapur agar Pins ketika memasak dapat melihat pemandangan di luar rumah.

Blackout & Semi Blackout

Tingkat transparansi menengah berada di semi blackout. Materialnya diantara bahan vitrase dan blackout. Walaupun ruangan tertutupi gorden namun cahaya matahari masih bisa masuk secara semu.

Sedangkan gorden dari blackout akan menghalau sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Blackout memberikan ruangan kesan yang lebih privasi. Pins bisa memakainya sebagai sekat antara dapur dengan ruangan lainnya.

Baca juga : Segala Hal Yang Perlu Diketahui Dari Dapur Letter L

Model Gorden

(Pexels)

Ada dua model gorden yang tersedia di pasaran yakni jenis panel pair dan single pair. Perbedaan antara kedua model gorden tersebut adalah :

Panel Pair

Panel pair sering pula disebut dengan gorden ganda. Alasannya ada dua tirai terpisah sehingga menguatkan gaya klasik dapur. Model ini sangat direkomendasikan untuk dapur dengan jendela besar.

Single Pair

Apabila ruangan memasak berukuran kecil maka single pair sangat cocok untuk dapur tersebut. Model gorden ini hanya memakai satu tirai sehingga membukanya dari arah kanan atau kiri saja.

Warna Terbaik 

(Pexels)

Pilihan warna gordennya bisa disesuaikan dengan tema interior yang diusung. Pinns bisa memakai warna polos maupun bermotif.

Netral

Jika dapur cenderung minimalis maka bisa menggunakan warna netral. Misalnya saja warna putih cocok untuk ruangan dengan langit-langiy tinggi. Kesannya mewah dan elegan serta cocok dikombinasikan dengan warna lainnya.

Cerah

Selain putih, warna cerah lainnya misalnya kuning, biru langit maupun hijau muda mampu menghidupkan ruangan. Dapur akan terasa lebih hidup dan segar apalagi bila menempatkannya sebagai gorden jendela.

Motif Bunga

Untuk gorden kolong kabinet lebih baik memakai motif berbunga. Motifnya mampu menutupi bagian yang ingin disembunyikan dengan baik. Selain itudapat pula difungsikan sebagai dekorasi kabinet yang monoton.

Stripe / Gingham

Motif lainnya yang bisa Pins coba adalah stripe atau gingham. Motif sederhana berupa corak garis-garis akan mampu menyamarkan noda makanan. Bahan masakan yang terciprat ke gorden tidak akan langsung terlihat jelas.

Baca juga : 6 Model Gorden Jendela Kecil Panjang Terbaru

Sistem Pengait Gorden

(Lazada)

Untuk sistem pengait gorden sendiri terdiri atas 4 kategori. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Ring / Smoke Ring

Ring merupakan pengait yang memiliki cincin pada bagian atas kain. Gunanya untuk memudahkan saat membuka gorden ketika memasak. Sementara smoke ring bagian pengaitnya cenderung berbentuk cincin dari besi atau stainless.

Tirai akan dilubangi kemudian dilapisi oleh smoke ring. Fungsinya sebagai jalur untuk tiang gorden. Dapur dengan model pengait ini akan mampu menampilkan lipatan cantik.

Tab Top

Sistem pengait tab tob mengandalkan perekat. Fungsinya untuk mampu melepas dan memasang tirai kembali.

Track

Jika dapur memiliki ukuran yang luas akan lebih pas menggunakan pemasangan manual seperti track. Model ini mempunyai teknologi pengaturan yang pengoperasiannya mengandalkan remote control.

Baca juga : Berbagai Pilihan Model Gorden Mewah Minimalis

DIY Gorden

(Pexels)

Gorden bisa pula dibuat sendiri dengan memakai sisa bahan kain. Pins hanya butuh batang gorden, selembar kain dan klip.

Mula-mula lipat dulu bagian tepi atas dan bawah kain. Jahit dengan tangan lalu buat belahan untuk pintu pada bagian tengah gorden. Beri klip penutup dan pakai teknik ruffle pada bagian atas gorden.

Dengan begitu gorden akan terlihat seperti tirai. DIY gorden sangat cocok untuk menutupi bagian kolong dapur. Kainnya dibiarkan menjuntai menutupi keseluruhan kolong.

Gorden dapur yang berkualitas tentu disesuaikan dengan bahannya. Jika dijadikan gorden jendela sebaiknya tidak menghalau sinar matahari masuk. Gorden juga tidak mudah terbakar.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Gadget
Gadget 13 Rekomendasi HP Realme 1 Jutaan Terbaik Desember 2022

Realme tahun ini terlihat serius dalam persaingan retail smartphone. Tak mau kalah dengan kompetito

Gadget
Gadget 16 HP Samsung Dengan Fitur NFC, Bayar Jadi Lebih Mudah!

Saat ini sudah banyak HP android sudah dibekali berbagai fitur yang membantu. Seperti hal nya HP Sa

Finansial
Finansial Ini Dia Cara Mining Tether dan Cara Mendapatkannya

USD Tether atau USDT adalah salah satu tipe stablecoin yang nilainya bergantung kepada dolar AS. Pr

Finansial
Finansial Apa itu Airdrop dalam Crypto? Lengkap dengan Cara Memakainya

Kalau kamu sedang belajar jual beli aset digital, mungkin kamu pernah menjumpai istilah airdrop. Ka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia