BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Memilih Gorden Dapur Estetik & Berkualitas
0
0

Tips Memilih Gorden Dapur Estetik & Berkualitas

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Gorden dapur sering digunakan untuk menutupi kolong kabinet. Tujuannya menutupi ruang penyimpanan yang tidak memiliki pintu lemari. Selain itu gorden ini bisa menjadi dekorasi estetik yang mempercantik dapur.

Tips Memilih Gorden Dapur

Ada beberapa bahan yang direkomendasikan untuk menjadi gorden dapur. Selain bahan ada pula poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih gorden seperti dibawah ini!

Bahan Pilihan Gorden Dapur

gorden dapur warna hijau tua
Source : Pexels

Ada banyak pilihan bahan gorden yang dapat Pins sesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Jika digunakan untuk bagian jendela bisa memilih gorden yang transparan agar cahaya matahari bisa masuk.

Sementara bahan gorden yang tidak tembus pandang dapat dipakai sebagai penutup kolong kabinet. Berikut rekomendasi bahan gorden yang dimaksud :

Linen

Bahan linen terbuat dari serat alami dengan tampilan bergelombang. Secara visual linen mampu membuat ruangan nampak lebih lega dan santai.

Linen memiliki keunggulan tidak menghalangi sinar matahari. Sifatnya seperti sutra yang cenderung mudah ditembus oleh cahaya matahari.

Beludru

Untuk dapur kering dengan konsep mewah dapat mengandalkan bahan beludru. Bahan ini cenderung tebal dan berat sehingga menghalangi udara dingin, cahaya maupun suara.

Cocok untuk menutupi area kabinet yang terbuka. Bahannya terbuat dari serat alami maupun sintetis. Selain itu dibandingkan poliester yang mudah terbakar, beludru jauh lebih aman jika dijadikan gorden di area dapur.

Katun

Katun memang umum sekali dijadikan bahan gorden apalagi cocok diaplikasikan ke semua gaya rumah. Nuansa yang dihadirkannya segar dan bersih sehingga sangat pas untuk dpaur tradisional maupun modern. Katun ditenun secara rapat dan rapi yang materialnya tidak menghalangi cahaya matahari sehingga cocok dijadikan gorden jendela di dapur.

Vitrase

Vitrase memiliki ciri khas kain tipis dan tembus pandang. Bahan vitrase bisa untuk jendela dapur agar Pins ketika memasak dapat melihat pemandangan di luar rumah.

Blackout & Semi Blackout

Tingkat transparansi menengah berada di semi blackout. Materialnya diantara bahan vitrase dan blackout. Walaupun ruangan tertutupi gorden namun cahaya matahari masih bisa masuk secara semu.

Sedangkan gorden dari blackout akan menghalau sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Blackout memberikan ruangan kesan yang lebih privasi. Pins bisa memakainya sebagai sekat antara dapur dengan ruangan lainnya.

Baca juga:

Model Gorden

Source : Pexels

Ada dua model gorden yang tersedia di pasaran yakni jenis panel pair dan single pair. Perbedaan antara kedua model gorden tersebut adalah :

Panel Pair

Panel pair sering pula disebut dengan gorden ganda. Alasannya ada dua tirai terpisah sehingga menguatkan gaya klasik dapur. Model ini sangat direkomendasikan untuk dapur dengan jendela besar.

Single Pair

Apabila ruangan memasak berukuran kecil maka single pair sangat cocok untuk dapur tersebut. Model gorden ini hanya memakai satu tirai sehingga membukanya dari arah kanan atau kiri saja.

Warna Terbaik

gorden dapur transparan
Source : Pexels

Pilihan warna gordennya bisa disesuaikan dengan tema interior yang diusung. Pinns bisa memakai warna polos maupun bermotif.

Netral

Jika dapur cenderung minimalis maka bisa menggunakan warna netral. Misalnya saja warna putih cocok untuk ruangan dengan langit-langit tinggi. Kesannya mewah dan elegan serta cocok dikombinasikan dengan warna lainnya.

Cerah

Selain putih, warna cerah lainnya misalnya kuning, biru langit maupun hijau muda mampu menghidupkan ruangan. Dapur akan terasa lebih hidup dan segar apalagi bila menempatkannya sebagai gorden jendela.

Motif Bunga

Untuk gorden kolong kabinet lebih baik memakai motif berbunga. Motifnya mampu menutupi bagian yang ingin disembunyikan dengan baik. Selain itudapat pula difungsikan sebagai dekorasi kabinet yang monoton.

Stripe / Gingham

Motif lainnya yang bisa Pins coba adalah stripe atau gingham. Motif sederhana berupa corak garis-garis akan mampu menyamarkan noda makanan. Bahan masakan yang terciprat ke gorden tidak akan langsung terlihat jelas.

Baca juga:

Sistem Pengait Gorden Dapur

pengait gorden dapur
Source : Lazada

Untuk sistem pengait gorden sendiri terdiri atas 4 kategori diantaranya bisa Pins simak sebagai berikut :

Ring / Smoke Ring

Ring merupakan pengait yang memiliki cincin pada bagian atas kain. Gunanya untuk memudahkan saat membuka gorden ketika memasak. Sementara smoke ring bagian pengaitnya cenderung berbentuk cincin dari besi atau stainless.

Tirai akan dilubangi kemudian dilapisi oleh smoke ring yang memiliki fungsi sebagai jalur untuk tiang gorden. Dapur dengan model pengait ini akan mampu menampilkan lipatan cantik.

Tab Top

Sistem pengait tab tob mengandalkan perekat. Fungsinya untuk mampu melepas dan memasang tirai kembali.

Track

Jika dapur memiliki ukuran yang luas akan lebih pas menggunakan pemasangan manual seperti track. Model ini mempunyai teknologi pengaturan yang pengoperasiannya mengandalkan remote control.

Baca juga: Berbagai Pilihan Model Gorden Mewah Minimalis

DIY Gorden

Source : Pexels

Gorden bisa pula dibuat sendiri dengan memakai sisa bahan kain. Pins hanya butuh batang gorden, selembar kain dan klip.

Mula-mula lipat dulu bagian tepi atas dan bawah kain. Jahit dengan tangan lalu buat belahan untuk pintu pada bagian tengah gorden. Beri klip penutup dan pakai teknik ruffle pada bagian atas gorden.

Dengan begitu gorden akan terlihat seperti tirai. DIY gorden sangat cocok untuk menutupi bagian kolong dapur. Kainnya dibiarkan menjuntai menutupi keseluruhan kolong.

Gorden dapur yang berkualitas tentu disesuaikan dengan bahannya. Jika dijadikan gorden jendela sebaiknya tidak menghalau sinar matahari masuk. Gorden juga tidak mudah terbakar.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download