BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Tata Ruang Dapur Basah Yang Wajib Diketahui
0
0

Tips Tata Ruang Dapur Basah Yang Wajib Diketahui

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dapur pada hunian modern sering dibagi menjadi dua tipe. Diantaranya dapur basah dan dapur kering yang mana dapur basah mudah ditemukan pada rumah Asia.

Lalu apa perbedaan keduanya dan bagaimana penataannya khususnya pada dapur basah ? Yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini !

Perbedaan Dapur Basah dan Kering

wanita mencuci piring di dapur basah
Source : Pexels

Rumah dengan bangunan yang luas biasanya menyediakan dapur basah dan kering. Dapur basah sering pula disebut dengan dapur kotor.  Fungsinya lebih untuk mengolah bahan mentah.

Misalnya saja mencuci bahan makanan, memberi bumbu, pemotongan bahan hingga proses menggoreng. Ukuran dapur ini lebih besar dibandingkan dapur kering. Alasannya karena aktivitas memasak makanan berat lebih banyak di dapur ini.

Intensitas penggunaan dapur basah akan lebih sering apalagi jika setiap hari perlu memasak. Lalu bagaimana dengan dapur kering ?

Dapur kering lebih dikenal dengan dapur bersih. Disini Pins bisa menyajikan makanan dan minuman. Dapur kering lebih dimanfaatkan sebagai bar atau spot berkumpul dengan kelurga.

Posisinya dekat dengan ruang keluarga agar mudah menyajikan makanan. Rata-rata pemakaian dapur ini hanya satu kali yakni saat sarapan pagi saja.

Perawatannya tidak ribet karena jarang digunakan sehingga tidak sering dibersihkan. Berbeda dengan dapur basah yang rutin dibersihkan usai dipakai memasak.

Baca juga: 

Tips Tata Ruang Dapur Basah

tata ruang dapur basah
Source : Pexels

Penataan pada dapur kotor tidak sama seperti dapur bersih. Apalagi dengan banyaknya peralatan memasak yang disimpan tentu perlu kecermatan dalam penataannya. Kira-kira ada 5 poin utama dalam penataan furniture dan interior dapur kotor yakni sebagai berikut :

Pemilihan Kabinet

Apabila peralatan memasak tergolong banyak bisa menggunakan kabinet bawah dan atas. Kabinet bawah dipakai untuk menyimpan alat memasak. Sementara kabinet atas dapat dipakai guna menyimpan alat makan dan bumbu.

Kabinet sendiri ada yang dibukanya dengan cara digeser, bukaan kedepan hingga ditarik keluar. Kabinet yang ditarik keluar biasanya difungsikan untuk menyimpan bumbu dapur.

Lacinya dilengkapi roda agar mudah ditarik keluar masuk. Jarak antar setiap raknya sama dan bisa digunakan untuk meletakan toples bumbu berukuran besar.

Penggunaan Tempat Sampah Besar

Dapur kotor membutuhkan tempat sampah yang lebih besar. Sediakan dua jenis tempat sampah untuk memilah mana yang tergolong organik dan anorganik.

Tempat sampah dapat diletakan bersebelahan dengan kitchen sink. Gunakan tempat sampah yang cara membukanya hanya perlu diinjak saja. Model tempat sampah seperti ini mampu meningkatkan kehigienisan diri saat memasak.

Pemakaian Penyedot Asap

Dapur kotor apalagi dalam apartemen membutuhkan penyedot asap. Saat memasak tentu menghasilkan asap dari makanan. Asap ini bisa dengan mudah menyebar ke seluruh ruangan jika sirkulasi udara kurang baik.

Asap juga menimbulkan bau tidak sedap dan penurunan penglihatan. Letakan penyedot asap tepat diatas kompor. Ketika memasak asap akan langsung dibuang keluar ruangan.

Material Lantai & Furniture

Dapur kotor ada baiknya menggunakan keramik untuk lantai dan dindingnya. Bagian tembok khususnya dekat kompor akan mudah terkena percikan bahan.

Apalagi jika dinding terkena minyak akan membekas dan sulit dihilangkan. Hal ini bisa diakali dengan memakai keramik. Cara membersihkannya dapat memakai sabun lantai.

Perabotan yang digunakan sebaiknya minimalis namun fungsional. Apabila perabot tidak dapat disimpan di kabinet dapat Pins gantung saja. 

Sirkulasi Udara

Dapur basah jika memungkinkan diposisikan dekat sirkulasi udara. Penataan kitchen set dapat dekat dengan pintu dan jendela. Apalagi letak tabung gas tidak jauh dari ventilasi udara. Dapur sebaiknya memiliki jendela besar sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik sehingga saat memasak bisa sambil membuka jendela.

Baca juga: 

Inspirasi Desain Dapur Basah

Setelah memahami perbedaan antara dapur kotor dan bersih serta bagaimana penataannya maka kini saatnya mencari inspirasi desainnya. Ada empat pilihan desain dapur basah yang bisa Pins jadikan referensi berikut ini !

Monokrom

dapur basah monokrom
Source : Pexels

Dapur monokrom terkesan lapang karena warnanya yang didominasi hitam dan putih. Warna hitam menyimbolkan elegan dan mewah sedangkan putih lebih terkesan bersih. Dapur monokrom bisa terlihat industrial bila furniture kebanyakan terbuat dari bahan logam.

Open Space

dapur basah outdoor
Source : Pexels

Dapur terbuka sering dipilih karena menawarkan ruang hijau dan ventilasi udara maksimal. Dapur ini bahkan tak jarang tidak memiliki sekat. Ruangan antara dapur dan meja makan menyatu dengan baik.

Dapur ini terlihat asri dengan tambahan tanaman hias. Bahan materialnya didominasi dengan warna natural seperti coklat, hijau dan abu-abu.

Minimalis

Source : Pexels

Dapur minimalis menggunakan lahan terbatas dengan furniture fungsional. Beberapa peralatan biasanya digantung. Setiap sudutnya difungsikan dengan baik  bahkan celah antara kitchen sink dan tempat pipa.

Sekatnya sendiri biasa digunakan alat elektronik. Misalnya peletakan kulkas maupun lemari yang difungsikan pula sebagai dinding pembatas untuk ruangan lain.

Full Kayu

Source : Pexels

Dapur basah bisa pula didominasi dengan bahan kayu. Tidak hanya dari furniturenya saja melainkan lantainya. Lantai kayu untuk dapur bagus karena anti selip.

Lantai kayu juga mudah dibersihkan dari debu. Bahan kayu bisa pula disesuaikan dengan berbagai warna dan interior ruangan.

Itulah beberapa tips menata ruang dapur basah yang perlu Pins ketahui. Semoga bisa membantu dalam penataan interior dapur Pins di rumah ya!

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download