13 Rekomendasi Warna Keramik Lantai Ruang Tamu

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 1 September 2022 ∙ 7 menit membaca

Jenis-jenis keramik lantai cukup beragam dengan motif yang tentunya sangat bervariatif. Namun pertanyaannya, bagaimana cara memilih keramik yang cocok untuk ruang tamu? Selain kualitas dan tentunya bahan yang digunakan, warna keramik lantai ruang tamu ternyata cukup penting dalam mempengaruhi suasana dari ruangan. 

Nuansa interior yang paling awal kamu pilih mempengaruhi tema keseluruhan ruang. Untuk itu, setelah menentukan nuansa yang digunakan, kamu bisa mulai memilih warna dari lantai pada ruang tamu beserta jenisnya. Berikut ada 13 rekomendasi warna keramik lantai yang bagus yang tentunya bisa kamu jadikan alternatif.

Keramik Lantai Hitam Polos

(Ivan Priatman Architecture)

Warna-warna polos atau satu warna mungkin akan menjadi pertimbangan pertama dalam pemilihan warna keramik lantai ruang tamu. Selain itu, kebanyakan dari penghuni pun juga memilih warna cerah yang netral. Namun bagaimana bila kamu memilih warna hitam pada lantai? 

Salah satu contoh warna keramik lantai ruang tamu dengan warna tergelap ini memang cukup jarang diaplikasikan. Namun sebenarnya bisa membuat tampilan ruang terlihat lebih elegan, lho! Tidak hanya sampai disitu Pins, keramik hitam polos juga mampu menyamarkan noda. Untuk membuat ruang terlihat tetap cerah, kamu bisa menggunakan warna dinding yang cerah, seperti warna putih.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Keramik Motif Kayu Untuk Hunian Minimalis

Keramik Lantai Hitam Corak

(Architonic)

Nah, pilihan menarik lainnya dari penggunaan warna hitam pada lantai ruang tamu adalah penggunaan keramik hitam dengan corak. Keramik berwarna hitam yang memiliki corak, justru membuat ruangan terlihat lebih unik. Apalagi bila kamu menggunakan motif yang menarik. Namun, bila terasa sangat meriah, kamu bisa memilih corak sederhana, seperti salur, garis ataupun abstrak.

Padupadankan dengan warna-warna earth tone pada bagian furnitur untuk suasana yang mewah, Pins! Selain itu, kamu pun bisa menambahkan keramik dinding dengan motif yang sama pada salah satu bagian dinding.

Keramik Lantai Warna-Warni Hexagonal

(Walls and Floors)

Berbeda lagi untuk kamu yang memang senang dengan warna-warna segar yang dihadirkan di dalam ruang tamu. Bentuk keramik hexagonal warna-warni menjadi pilihan yang tepat, Pins! Selain bentuknya yang unik, warna yang dihadirkan pun mampu membuat ruang tamu terasa menyenangkan. Dijamin tamu akan salah fokus.

Tampilan rona warna bisa kamu sesuaikan dengan selera. Bila kamu menginginkan warna segar, kamu bisa menggunakan perpaduan warna hijau, kuning dan orange. Namun bila kamu senang dengan warna gelap, kamu bisa mencoba perpaduan, hitam, merah marun, dan abu-abu.

Keramik Lantai Warna Semen Ekspos

(Modernize)

Beralih ke tema ruang industrial di dalam interior rumah. Penggunaan keramik warna semen ekspos tentu akan cocok menghiasi lantai ruang tamu. Keramik tersebut akan berwarna abu-abu layaknya warna bangunan yang belum di finishing. Warna keramik satu ini memang kaya akan kekentalan dari nuansa industrial.

Setelahnya, kamu hanya perlu menyesuaikan perabot yang berada di ruang tamu dengan tema keseluruhan. Seperti salah satunya adalah penggunaan tempat duduk sederhana yang unik ataupun lampu-lampu khas industrial yang sering menggunakan bahan besi.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Keramik Rumah Minimalis

Keramik Lantai Cream

(Pixabay/Thamyuanyuan)

Belum juga merasa cocok dengan warna keramik yang disuguhkan? Kamu bisa menggunakan warna netral seperti warna cream. Warna cokelat muda ini cukup menghadirkan suasana hangat dalam ruang dan cocok dipadukan dengan warna-warna muda lainnya sebagai penghias.

Warna keramik lantai ruang tamu yang bagus ini juga bisa menyesuaikan dengan tema yang kamu gunakan. Mulai dari tema modern, klasik, elegan hingga minimalis. Hal yang terpenting adalah tetap mengetahui perpaduan warna perabot lainnya agar tidak terkesan monoton.

Keramik Lantai Abu-Abu

(Pixabay)

Rumah minimalis memang cenderung menggunakan warna abu-abu, hitam dan putih sebagai warna dasar pada interior rumah. Warna-warna tersebut memang mewakilkan ciri khas minimalis. Itulah mengapa penggunaan warna lantai keramik abu-abu pada rumah minimalis cukup disarankan.

Baik disandingkan dengan furnitur kayu maupun berbahan besi, warna tersebut tetap mampu menyatu. Warna asli stainless steel ataupun silver pada aksesoris juga cocok menggunakan warna abu-abu pada lantai.

Keramik Lantai Putih

warna keramik lantai ruang tamu
(Brooksidefinehomes)

Selanjutnya adalah warna yang paling ditunggu bukan? Ya, warna keramik lantai putih. Warna satu ini cukup pasaran, bahkan mayoritas setiap rumah menggunakan warna tersebut pada lantai di dalam rumah. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi hingga dapur pun cocok menggunakan warna putih.

Kesan natural dan bersih yang sering diutamakan penghuni menjadikan putih menjadi warna teratas sebagai pilihan lantai keramik. Kamu pun bisa leluasa memadupadankan warna furnitur. Cocok sekali untuk kamu yang malas untuk memikirkan konsep  warna pada sebuah ruang, Pins!

Baca Juga: Berbagai Ukuran Keramik Lantai dan Fungsinya

Keramik Lantai Putih Corak

warna keramik lantai ruang tamu
(Pinterest)

Tidak hanya warna putih polos yang sering digunakan pada warna keramik lantai ruang tamu, lantai putih corak pun juga bisa menjadi alternatif. Beberapa penghuni pasti menginginkan suasana yang berbeda, tetapi ingin tetap terlihat bersih. Ruang tamu dengan warna putih corak mampu mewujudkannya.

Desainnya simpel dengan tampilan yang tentunya elegan. Kamu pun bisa menyamakan dengan warna anak tangga di rumah. Cukup menarik bukan?

Keramik Lantai Tegel Warna Warni

warna keramik lantai ruang tamu
(Yahoo Berita)

Contoh warna keramik lantai ruang tamu dengan perpaduan warna-warni, kaya akan unsur artistik. Hal ini akan membuat ruang tamu jauh terlihat lebih menarik dan tentunya anti-mainstream. Warna keramik ini bisa kamu aplikasikan pada keseluruhan lantai hingga sebagian saja. Salah satu contohnya pada desain ruang tamu pada gambar di atas.

Penghuni menempatkan tegel warna-warni pada bagian tengah ruang, sementara sisi terluarnya menggunakan keramik dengan warna semen ekspos. Tertarik mencobanya?

Keramik Lantai Warna Terakota

warna keramik lantai ruang tamu
(Kompas)

Perpaduan warna cokelat dan jingga ini juga sangat cocok diaplikasikan untuk kamu yang senang dengan tema tradisional, Pins! Klasik dengan tambahan lantai keramik warna terakota akan semakin lengkap. Tidak heran banyak rumah-rumah zaman dahulu menggunakan warna tersebut sebagai lantai ruang tamu yang sekaligus digunakan sebagai teras.

Tambahkan pula kursi anyaman ataupun kursi berbahan rotan sehingga desain ruang tamu outdoor milik kamu semakin menarik.

Keramik Lantai Warna Coklat Serat Kayu

warna keramik lantai ruang tamu
(Pinterest)

Bila dirasa penggunaan material berbahan kayu pada lantai cukup sulit, kamu bisa menyiasatinya dengan penggunaan warna keramik lantai ruang tamu serat kayu. Selain lebih mudah dalam perawatan, warna-warna kayu yang disuguhkan pun cukup bervariasi. Tidak kalah dengan warna kayu asli, lho!

Keramik Lantai Putih Marmer

warna keramik lantai ruang tamu
(Tiles & Stone Warehouse)

Untuk keramik dengan harga yang cukup tinggi dibanding lainnya adalah jenis marmer. Perlu kamu ketahui, alas lantai satu ini asli berasal dari batu alam bukan buatan manusia. Itulah mengapa harganya terbilang tinggi dibanding keramik jenis lainnya. 

Beberapa keramik memang banyak yang meniru warna marmer, tetapi keaslian dari marmer sendiri dapat terlihat dari tampilannya. Kamu bisa menggunakan warna lantai putih marmer yang elegan dan mewah untuk ruang tamu. Seketika ruang akan terlihat lebih luas.

Keramik Lantai Hitam Marmer

warna keramik lantai ruang tamu
(Marmer Pro)

Selain lantai keramik marmer berwarna putih ada juga pilihan warna hitamnya. Tampilannya tentu jauh lebih menarik dan berkelas. Padukan dengan perabot berwarna abu-abu ataupun putih untuk hasil maksimal. Kini ruang tamu milik kamu sudah seperti serasa lobby di hotel, Pins!

Bagaimana, apa sudah menentukan mana warna keramik lantai ruang tamu yang bagus untuk rumahmu? Semuanya seperti ingin dimiliki bukan? Tenang, Kamu bisa memadupadankan dengan ruangan lainnya di dalam rumah. Selamat mencoba!

Featured Image Source: Pixabay/khiemtram


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia