BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiJangan Salah Langkah, Ini Tips Mencari Rumah Idaman yang Tepat!
0
0

Jangan Salah Langkah, Ini Tips Mencari Rumah Idaman yang Tepat!

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jul 3, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
tips mencari rumah idamantop-right-banner

Sebaiknya sebelum melangkahkan kaki dan mencari rumah, ada baiknya Pins mengetahui beberapa tips mencari rumah idaman. Saat ini banyak orang terburu-buru membeli rumah karena harganya yang murah. Mereka melakukannya tanpa mengetahui tips mencari rumah idaman yang tepat dan menyesal.

Membeli rumah idaman merupakan proses yang membutuhkan kesiapan fisik dan finansial. Bisa dibilang, kunci sebelum memulai perburuan rumah, penting untuk menjaga pikiran dan hati kita agar tetap rasional dan mampu berpikir dengan tenang.

Baca Juga:

Tips Mencari Rumah Idaman

Untuk langkah antisipasi, berikut beberapa kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh orang-orang ketika membeli rumah idaman:

1. Tidak Realistis

tips mencari rumah idaman
Source : USA Today

Optimis itu sangat bagus, Pins. Namun, rasa optimis itu harus dibarengi dengan perhitungan nyata yang matang. Saat hendak membeli rumah idaman, pastikan Pins membeli rumah yang harganya memang pas untuk kantong Pins sendiri. Tidak ada salahnya memakai jasa dari real estate broker ataupun agen properti agar Pins bisa mendapatkan deal terbaik.

Penting untuk kita agar jangan sampai overestimate kemampuan finansial kita. Kita harus mempertimbangkan kalkulasi cashflow yang kita punya, baik pemasukan ataupun pengeluaran setiap bulannya.

Baca juga:

2. Tidak Menyadari Rumah Seperti Apa yang Dibutuhkan

Source : E-architect

Pins bisa mulai mendaftar kekurangan dan kelebihan dari tiap-tiap rumah. Berapa luasnya, berapa kamar yang pas untuk Pins, apakah bahan material untuk membangun rumah itu sudah sesuai dengan standard keamanan dan kebutuhan?

Apakah di tempat baru ini Pins bisa menyalurkan keinginan dan hobi seperti berkebun. Tak berarti untuk memenuhi kebutuhan ini, Pins harus mempunyai rumah yang luas ya. Pins cukup mempertimbangkan apakah lingkungan dan kondisi sekitar rumah cukup kondusif.

3. Perhatikan Perbandingan Harga Rumah

tips mencari rumah idaman
Source : Moneyunder30

Harga rumah yang Pins beli juga patut untuk dipertimbangkan. Meskipun sama-sama terletak di kota yang sama, harga rumah bisa tetap berbeda dari satu daerah dan daerah lainnya. Misalnya, Pins ingin membeli rumah di kota Bekasi.

Harga di berbagai kelurahan dan kecamatan satu dan kecamatan lainnya akan berbeda-beda sesuai dengan fasilitas umum hingga kegiatan perekonomian yang ada di daerah tersebut. Jadi, upayakan untuk survey daerah secara menyeluruh agar Pins bisa mendapatkan tawaran harga terbaik dengan fasilitas yang terbaik juga.

Baca juga:

4. Membeli Model Rumah yang Tak Diperlukan

Source : Forbes

Saat Pins mencari rumah idaman, usahakan untuk tetap fokus kepada hal yang penting. Jangan malah hilang fokus dan membelanjakan uang ke pembelanjaan yang tidak perlu. Ingat tujuan dan target rumah idaman apa yang Pins mau. Kalau Pins menginginkan anak dalam waktu dekat, pilihlah rumah dengan dua kamar tidur, bukan hanya satu atau tiga kamar tidur. Kalau Pins tidak menyukai berbagi dinding dan lantai dengan orang lain, pilihan tinggal di apartemen harus dieliminasi.

Pins juga harus mempertimbangkan pilihan besarnya halaman belakang atau halaman depan yang dimiliki rumah idamanmu. Apakah besarnya sudah mencukupi semua kebutuhan dan kegiatan yang Pins ingin lakukan saat hidup dan tinggal di rumah tersebut? Apakah besar tempat parkir di rumah cukup untuk menampung kendaraan yang Pins miliki? Jangan sampai peletakkan kendaraan ini menjadi masalah di kemudian hari. Salah-salah, rumah idaman Pins jadi berantakan dan tidak tertata dengan baik.

Baca Juga:

5. Tidak Memakai Perantara

tips mencari rumah idaman
Source : Indonesiaexpat

Kecuali Pins mempunyai banyak waktu dan tenaga, akan jauh lebih baik kalau kita mencari rumah dengan menggunakan bantuan perantara. Perantara ini biasanya sudah terlatih untuk mengidentifikasi rumah seperti apa yang Pins butuhkan. Perantara yang termasuk di sini adalah agen properti atau orang biasa.

Jenis informasi yang bisa Pins dapatkan dari 2 perantara ini akan berbeda. Perantara orang biasa ini biasanya lebih menguasai wilayah lokal sekitarnya, jadi Pins tetap harus pergi ke daerah yang diinginkan, kemudian menemui perantara orang biasa ini, baru kemudian bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Lain halnya dengan agen properti, Pins cukup pergi ke kantor properti perusahaan tertentu, kemudian mereka akan mengerahkan agen-agen properti untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Baca Juga:

6. Bersakit-Sakit Dahulu Bersenang-Senang Kemudian

Source : Workandmoney.com

Dalam soal mencari rumah idaman, pribahasa ini benar adanya, lho, Pins. Sebelum membeli rumah pun pastinya kita memiliki gambaran rumah idaman seperti apa yang diinginkan. Misalnya, luas 100 meter persegi dengan terbagi teras, rumah dan halaman belakang, 2 kamar tidur, ruang tamu, 1 kamar mandi, 1 dapur, 1 ruang keluarga.

Kalau Pins menginginkan kriteria-kriteria tersebut, maka carilah rumah yang sesuai dengan kriteria tersebut. Jangan tergoda dengan rumah-rumah lainnya sebelum benar-benar tahu kelebihan dan kekurangannya. Jangan memberikan toleransi juga, hanya dengan niat merenovasi lagi. Kita semua tahu biaya renovasi bukanlah murah, jangan sampai saat Pins sudah keluar banyak uang untuk membeli rumah, malah finansial kita yang terluka karena  masih harus melakukan renovasi di sana-sini.

Baca Juga:

7. Tidak Memperhatikan Kondisi Rumah yang Akan Dibeli

tips mencari rumah idaman
Source : Youtube: Next Level Life

Akhirnya, Pins bisa menemukan rumah yang diinginkan. Layout pembagian ruangannya sudah sesuai dengan apa yang diinginkan. Tapi, sayang kualitas rumah tersebut kurang baik.

Entah dindingnya yang memakai batako sehingga mudah panas saat siang hari, atapnya memakai asbes sehingga membahayakan kesehatan ataupun dindingnya tipis sehingga agaknya tidak begitu kuat untuk bertahan lama. Sebelum membeli, pastikan untuk benar-benar memperhatikan kualitas rumah ya. Jangan lupa untuk mempelajari tips mencari rumah idaman berikut. Kalau Pins asal beli, maka manfaat rumah tidak bisa benar-benar kamu rasakan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan pasang iklan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download