Pinhome

Uncategorized

Faktor-faktor yang harus di perhatikan dalam membeli rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dalam hidup, kita pasti membutuhkan yang namanya tempat untuk berteduh atau yang sering disebut tempat tinggal, tentunya kita semua menginginkan dan membutuhkan yang namanya tempat tinggal ataupun rumah, entah sederhana maupun yang mewah. Didalam membeli sebuah rumah tentunya kita harus memperhatikan factor-faktor yang membuat pilihan kita menjadi tepat dan tidak menyesal saat sudah membelinya. Factor-faktor yang harus di perhatikan dalam membeli rumah, ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan dengan teliti, Faktor-faktor yang harus di perhatikan dalam membeli rumah diantaranya adalah :

  • Lokasi ( lingkungan sekitar ), tersebut adalah fakotr terpenting, karena kalu kita tidak nyaman dengan lingkungan yang akan kita beli maka percuma kita membelinya.
  • Prospek tidaknya lokasi untuk jangka kedepan
  • Akses jalan yang baik.
  • Legalitas dan kelengkapan surat menyurat rumah, legalitas harus jelas.
  • Model dan kualitas rumah, model harus sesuai dengan kriteria kita dan dengan kualitas yang baik tentunya.
  • Pelengkap rumah harus baik, harus jelas, seperti listrik, sumber air, system buangan limbah.
  • Pilih bank yang menyediakan bunga paling ringan jika anda ingin membeli rumah melalui cara kredit pemilikan rumah atau KPR.
beli rumah
beli rumah

Diatas beberapa saran yang sebaiknya anda perhatikan dalam anda berencana untuk membeli rumah. Itu adalah gambaran garis besar dari factor factor yang harus anda perhatikan, masih banyak factor yang harus anda perhatikan dalam membeli rumah.

Selain beberapa penjelasan diatas, ada factor yang tidak kalah penting dengan factor factor diatas, yaitu apabila anda membeli rumah di sebuah perusahaan developer ataupun pengembang, anda haru nmencari informasi sebanyak banyaknya tentang harga, lokasi, dan juga kualitas dan mutu dari rumah tersebut, guna membandingkan antara rumah satu dengan yang lain. Tapi dengan tidak mengabaikan factor – factor diatas. Anda juga bisa bernegosiasi soal harga, biaya pajak – pajak, maupun bonus yang akan di berikan jika anda jadi membeli rumah tersebut . karena biaya – biaya pajak untuk proses jual beli sampai balik nama tidaklah murah, anda akan merogoh kocek yang lumayan banyak. tergantung nominal harga yang di sepakati, semakin kecil nominal, maka akan semakin murah biayanya, begitu juga sebaliknya.

Ada beberapa alternative dalam membeli rumah, terutama kalau anda membeli perumahan di sebuah perusahaan developer atau pengembang perumahan. Yaitu bisa secara cash maupun kredit pemilikan rumah atau di singkat KPR . KPR adalah sebuah akad kredit yang proses pembayarannya di tutup oleh bank, kemudian kita membayar lewatg bank tersebut dengan cara di cicil, untuk waktu cicilan tergantung dari lama waktu cicilan. Untuk KPR disarankan untuk memilih bank dengan suku Bungan yang paling rendah, karena itu semua akan sangat berpengaruh dengan biaya atau jumlah yang akan kita bayarkan maupun yang akan kita cicil.

Tags :

Bagikan Artikel