Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Jangan Pusing, Ini List Penting untuk Desain Kamar Mandi di Rumahmu!

Jangan Pusing, Ini List Penting untuk Desain Kamar Mandi di Rumahmu!

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 26 August 2020 ∙ 6 menit membaca

Saat ini, kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap dalam rumah, namun juga ruangan yang penting bagi sang penghuni. Belakangan ini, banyak tokoh, seniman dan public figure yang mengaku mendapatkan inspirasi ataupun mendapatkan suatu masalah saat berada di kamar mandi. Jadi wajar saja kalau perlu ada nilai lebih di desain kamar mandi pada rumah kita.

Pinhome – Meski melelahkan dan menyita pikiran, merenovasi merupakan suatu kesenangan sendiri bagi sang empunya rumah. Begitu renovasi selesai dilakukan, otomatis keadaan dan suasana rumah menjadi jauh lebih baik, tak terkecuali untuk kamar mandi. Tak peduli jika itu desain kamar mandi minimalis biasa ataupun kamar mandi minimalis mewah, Pins bisa merubah suasana rumah dengan bermain desain.

Tapi.. bermain desain kamar mandi juga memerlukan perhitungan matang, lho, Pins! Hanya sekedar informasi nih, saat ini, posisi dan kondisi kamar mandi masuk ke jajaran ruangan yang penting dan dinilai spesial loh bagi sebagian besar orang. Jadi kamar mandi tidak hanya menawarkan fungsi praktikal saja, tapi juga menawarkan tempat relaksasi dan memanjakan diri di dalam rumah.

Di sisi lain, bermain desain untuk kamar mandi bukanlah persoalan mudah. Kadang penempatan atribut kamar mandi dan penataan dekorasi bisa mengubah suasana kamar mandi dalam sekejap. Tak heran, persoalan mendesain ini menjadi sedikit tricky dan memerlukan kemampuan teknis. Apalagi bagi Pins yang memiliki keadaan khusus untuk kamar mandinya seperti luasnya yang sempit ataupun letak kamar mandi depan rumah sehingga memerlukan penanganan khusus.

Nah, makanya Pins. Daripada kita nanti kebingungan di tengah-tengah jalan, ada baiknya kita untuk melakukan beberapa tips berikut agar bisa mendapatkan tak hanya kamar mandi segar tapi juga kamar mandi yang indah serta nyaman untuk berlama-lama di dalamnya.

Siapkan daftar kebutuhan kamar mandimu

Sebelum mulai merenovasi atau mendesain ulang kamar mandi, sebaiknya daftarkan elemen-elemen terpenting apa yang ingin dimasukkan ke dalam kamar mandimu. Misalnya saja, kamar mandi khusus keluarga akan berbeda gaya dan kebutuhannya jika dibandingkan dengan kamar mandi khusus tamu. Mau gaya biasa saja atau ada tambahan ala spa yang menenangkan? Setiap pilihan mempunyai daftar kepentingannya masing-masing, dari mulai pemilihan bak air, shower yang mungkin harus terpisah, wastafel ganda, penyediaan tempat penyimpanan ataupun suplai sabun, odol, shampoo ataupun sikat gigi baru dan ekstra untuk diletakkan di ruang tamu.

Kita juga perlu menegaskan kepada diri sendiri, apa yang paling kita inginkan untuk kamar mandi nantinya. Apakah hanya ingin sekedar memenuhi kebutuhan praktis, tempat menenangkan diri atau malah tempat pertama yang akan membuatmu berenergi sebelum memulai hari.

Jangan ragu untuk menyiapkan layout

Sebagai awalan, tidak perlu menggambar layout yang terlalu bagus dan begitu biasa. Apalagi kalau misalkan memang ada kecocokan antara kebutuhan kamar mandi yang baru dengan rencana, kita tidak perlu merombak kamar mandi secara otomatis. Jika posisi dan perabotan yang sekarang masih dirasa cukup, kan enak nih, Pins hanya perlu memastikan dekorasi dan pajangan lukisan bisa diatur dengan baik.
Tidak ada dana lebih untuk renovasi tapi ingin mengganti suasana kamar mandimu? Pins tetap bisa mengganti suasana dengan memperbarui keramik lantai, ataupun keramik. Jika ingin benar-benar mengganti suasana, Pins bisa mengukur besar atau kecilnya ruangan tersebut dan menyesuaikannya dengan furnitur, perlengkapan kamar mandi dan dekorasi agar bisa mendapatkan suasana yang diinginkan.

Jangan segan mencari inspirasi

Mulai dari sekarang, cobalah untuk menentukan gaya desain kamar mandi seperti apa yang Pins inginkan. Pins bisa memilih dari gaya klasik, kontemporer ataupun gaya minimalis. Sebagai saran saja, kamar mandi hotel bisa Pins jadikan acuan lho! Dengan luas yang terbatas, kamar mandi hotel ini bisa berfungsi tidak hanya dalam hal praktis tapi juga bisa membuatmu nyaman dan betah berlama-lama di kamar mandi kan.
Pins juga bisa memulai mencari inspirasi dari berbagai majalah properti untuk mencari referensi visual. Gunakan checklist untuk mendata barang-barang yang diprioritaskan. Tanpa kita sadari, kegiatan ini juga bisa menstimulus kreativitas kita dalam menentukan seperti apa gaya desain kamar mandi nantinya. Kalau masih belum menemukan jawabannya, Pins bisa berbincang secara langsung baik kepada teman ataupun mengobrol langsung dengan ahlinya. Jangan ragu untuk menjabarkan masalah ataupun hambatan yang sedang Pins hadapi saat merenovasi kamar mandi di rumah ya!

Yuk coba realistis saja

Kalau memang luasnya tidak cocok, mustahil kan Pins akan membangun 2 buah wastafel untuk di kamar mandi? Salah satu saran yang berguna untuk mendapatkan desain kamar mandi yang benar-benar cocok dengan kepribadian sang empunya rumah adalah jangan suka memaksakan kehendak, Pins. Hindari memaksakan berbagai perabotan, peralatan dan dekorasi ke dalam kamar mandi yang luasnya sangat terbatas.

Ventilasi udara tidak bisa dinomorduakan

Marketing Manager di Utopia Group, Sam Ball, mengatakan pihaknya seringkali mendapatkan pesanan khusus bagi sebuah kamar mandi di mana dia memililki sumber pencahayaan dan sinar matahari yang makin panas hingga sore sepertinya ya. Keadaan ini membuat kamar mandi menjadi lebih lembab dan akan menjadi lebih sulit untuk mengatur kebersihan dan mendukung kesehatan untuk tubuh kita sendiri. Tidak seru dong kalau kamar mandinya udah oke, eh tapi sayang lembab dan terasa panas ya Pins.

Berikan ruang untuk penyimpanan barang-barang

Bisa dibilang, ruang penyimpanan menjadi salah satu faktor untuk kebergunaan dan indahnya sebuah kamar mandi itu sendiri. Ruang penyimpanan yang Pins gunakan sebaiknya memiliki desain menarik dan modelnya cukup estetik, agar bisa berperan ganda. Ruang penyimpanan barang-barang ini biasanya menyimpan perlengkapan mandi seperti sabun, sikat gigi, ataupun sabun cuci muka. Jangan sampai dengan keterbatasannya ruang penyimpanan di kamar mandi, Pins jadi tidak bisa menyimpan berbagai item yang diperlukan dong. Beberapa perlengkapan mandi biasanya dengan santainya diletakkan di lantai keramik dan membuat suasana estetika di dalam kamar Pin tiba-tiba berubah dan tidak enak dipandang mata.

Penataan lighting

Kenapa penataan lighting juga perlu? Tidak dipungkiri, lighting alias pengaturan cahaya dalam suatu ruangan bisa mempengaruhi mood. Entah itu lighting yang pas untuk digunakan di pagi hari agar Pins semangat beraktivitas hingga lightning yang pas untuk suasana syahdu malam hari. Pins juga harus memilih lampu kamar mandi yang cocok karena bisa saja mata Pins tidak bisa langsung terbiasa dengan cahaya terang lampu saat baru bangun kan. Ujung-ujungnya, kalian terlalu muluk dan menyilaukan bagi kamar untuk war game sebentar.

8. Fiksasi budget pengeluaran
Mengkategorikan budget pengeluaran khusus untuk ruang kamar mandi tentunya akan sedikit merepotkan, namun hal ini jauh lebih baik daripada kita sama sekali tidak membuat anggaran awal dan berujung kepada overbudget semau. Fiksasi budget yang sudah dibuat sebaiknya terus diawasi dan dijaga agar kita tidak mempermainkan uang dengan semena-mena.


Nah, itu dia kedelapan tips yang bisa Pins lakukan jika mau mendapatkan desain kamar mandi relaksasi. Ada yang Pins sudah terapkan?

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel