BlogHome ServiceKebersihan Rumah6 Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Bahan Alami
0
0

6 Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Bahan Alami

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cara membuat pengharum ruangan dengan bahan alami ternyata tidak sulit lho. Selain bebas dari bahan kimia berbahaya, membuat pengharum ruangan sendiri juga lebih hemat.

Di samping itu, kamu bebas memilih aroma yang diinginkan, entah dengan aroma khas buah-buahan, bunga, hingga herbal. Membuat pengharum ruangan juga sekaligus menjadi cara alternatif untuk memanfaatkan limbah yang ada di rumah. Termasuk untuk menjadi cara mengusir serangga dan hewan pembawa kotoran lainnya yang efektif.

Cara Membuat Pengharum Ruangan

Penasaran bagaimana cara membuat pengharum ruangan dari bahan alami? Simak uraian berikut ini!

Pengharum Ruangan Buah dan Bunga

Source : Tory Avey

Cara pertama untuk membuat pengharum ruangan adalah dengan menggunakan buah ataupun bunga. Metode ini akan menghasilkan pengharum ruangan berbentuk spray yang bisa kamu semprotkan seperlunya.

Untuk membuat pengharum ruangan spray, kamu akan membutuhkan bahan dasar berupa potongan buah atau bunga, alkohol, dan air. Siapkan juga botol spray sebagai wadah pengharum ruangan yang sudah jadi.

Tidak harus beli baru, kamu bisa memanfaatkan botol spray bekas pengharum pakaian.

Pertama-tama, pilihlah bahan dasar yang akan menjadi aroma pewangi. Kamu bisa memilih buah-buahan yang aromanya tajam dan segar seperti nanas, lemon, hingga mangga kweni. Kalau lebih suka aroma bunga, kamu bisa memanfaatkan kelopak bunga mawar atau melati.

Selanjutnya, potong dulu buah-buahan atau kelopak bunga yang sudah disiapkan tadi. Kemudian, rendam dalam air dan alkohol selama semalam.

Penggunaan alkohol di sini berfungsi sebagai disinfektan spay untuk membunuh kuman. Selain itu, penggunaan alkohol juga mengurangi kadar kelembapan saat pengharum ruangan disemprotkan.

Jangan lupa menutup rendaman irisan buah atau bunga tadi, ya. Kalau tidak, kandungan alkoholnya akan menguap begitu saja. Setelah direndam semalam, selanjutnya saringlah air rendaman tadi dan masukkan ke dalam botol spray. Pengharum ruangan pun siap digunakan!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pembersih Plafon Mobil

Pengharum Ruangan dari Kulit Buah

cara membuat pengharum ruangan dari kulit buah
Source : Freepik

Punya limbah dapur berupa kulit buah? Jangan dibuang begitu saja. Kamu bisa memanfaatkannya untuk pengharum ruangan alami.

Kulit buah yang cocok untuk dibuat pengharum ruangan adalah yang beraroma tajam dan segar. Selain itu, kulit buah yang baik untuk membuat pengharum ruangan adalah yang mudah kering dan teksturnya tidak lembek.

Hindari menggunakan kulit buah yang berair karena berisiko cepat busuk. Contoh kulit buah yang bisa digunakan adalah kulit buah jeruk dan lemon. Selain aromanya segar, kedua buah ini juga punya sifat antiseptik sehingga tidak mudah busuk.

Cara membuat pengharum ruangan dari bahan alami kulit buah adalah dengan menambahkan garam laut. Fungsi garam laut dalam campuran ini adalah untuk menguatkan aroma kulit jeruk dan lemon.

Kamu juga bisa menambahkan herbal atau rempah untuk semakin menguatkan aromanya. Pilihan bahan tambahannya bebas saja, tetapi usahakan dalam keadaan kering agar tidak cepat busuk. Contohnya:

  • Cengkeh
  • Kayu Manis
  • Rosemary
  • Peppermint
  • Sage
  • Thyme

Baca juga: 15 Merk Pengharum Kamar Tidur yang Awet

Lilin Pengharum Ruangan

Source : Freepik

Kalau kamu suka menggunakan lilin aromaterapi untuk mengharumkan ruangan, kini saatnya mencoba membuat sendiri. Caranya mudah kok.

Untuk membuat lilin aromaterapi yang aromanya wangi, kamu akan memerlukan bahan dasar berupa lilin dan biang pewangi. Gunakan pilihan pewangi yang alami seperti aroma kopi, lavender, melati, atau vanili.

Yang menjadi catatan di sini, biang pewangi yang digunakan idealnya berupa essential oil. Ini supaya larutan essential oil dapat larut dengan lilin, karena air tidak bisa larut dengan lilin.

Cara membuatnya, lelehkan lilin terlebih dahulu di atas kompor atau di dalam microwave. Gunakan wadah tahan panas untuk melelehkannya.

Kemudian, teteskan essential oil pilihanmu. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa aroma untuk menciptakan wangi yang unik, misalnya aroma kopi dengan vanilla extract.

Aduk larutan lilin dan essential oil hingga tercampur merata. Kemudian, tuangkan pada wadah lilin yang sebelumnya telah diberi sumbu. Tunggu hingga dingin dan lilin akan mengeras dengan sendirinya. Voila! Lilin aromaterapi buatanmu siap digunakan!

Baca juga: Mudah! Ini Dia Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi

Gel Air Freshener

cara membuat pengharum ruangan bentuk gel
Source : This West Coast Mommy

Tidak hanya dalam wujud spray dan lilin, kamu juga bisa membuat pengharum ruangan dalam bentuk gel. Tekstur yang berupa gel memiliki keunikan tersendiri karena wanginya bisa lebih tahan lama.

Untuk membuat gel air freshener, kamu akan memerlukan gelatin sebagai bahan dasar pembuat gel. Adapun untuk menciptakan aroma wangi, kamu bisa menambahkan buah, bunga, dan rempah.

Cara membuatnya adalah dengan merebus kulit buah, bunga, atau rempah dengan air hingga aromanya keluar. Gunakan satu gelas air dan rebus hingga airnya surut menjadi setengah gelas.

Selanjutnya, tambahkan gelatin dan aduk secara merata. Lalu, saring dan tuangkan di wadah. Biarkan hingga membentuk gel dan air freshener buatanmu siap digunakan!

Cara yang lebih praktis juga ada, yaitu dengan menggunakan essential oil. Setelah merebus secangkir air, tambahkan beberapa tetes essential oil dan gelatin.

Agar tampilannya lebih menarik, kamu bisa menambahkan warna atau kelopak bunga kering.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Kamar Tidur

Infused Air Freshener

Source : Cradiori

Seperti namanya, cara membuat infused air freshener mirip seperti membuat infused water. Hanya saja, agar aromanya lebih keluar kamu perlu merebus bahan alami dengan air.

Untuk pilihan aromanya, Pins bisa memanfaatkan berbagai bahan alami mulai dari bunga, buah, dedaunan, hingga rempah. Contohnya daun pandan, daun kemangi, daun mint, cengkeh, rosemary, vanili, dan sebagainya.

Setelah menyiapkan bahan-bahan alami untuk dibuat pengharum ruangan, rebus bahan tersebut dengan panas rendah hingga airnya surut. Saat proses perebusan sedang berlangsung, aroma wangi akan menguar dan mengharumkan seluruh ruangan.

Kalau mau yang lebih praktis, kamu juga bisa memanaskan vanilla extract atau bahan lainnya dengan microwave.

Pengharum Ruangan dari Bunga dan Herbal Kering

cara membuat pengharum ruangan dari bunga dan herbal kering
Source : Freepik

Pins juga bisa membuat wewangian menyenangkan dengan perpaduan bunga kering dan rempah-rempah. Kamu bisa menggunakan bunga atau herbal yang sudah dikeringkan, seperti peppermint, rosemary, lavender.

Ikat herbal dan bunga yang sudah kering tersebut dan letakkan dalam vas. Selain mengharumkan ruangan, bunga dan dedaunan kering ini juga menarik untuk dipandang.

Nah, itu dia cara membuat pengharum ruangan dari bahan-bahan alami. Tidak sulit, bukan? Semoga menginspirasi!

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Editor: Syahya R

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download