BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Jenis Lantai Kamar Mandi Terbaik
0
0

7 Jenis Lantai Kamar Mandi Terbaik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jenis lantai kamar mandi wajib menjadi perhatian karena tidak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan tetapi juga menambah pengalaman menyenangkan saat mandi. Selain itu juga harus diperhatikan jenis lantai untuk kamar mandi yang lebih aman, seperti tidak mudah kotor untuk menghindari menumpuknya kuman atau bakteri. 

Hal yang tidak kalah penting lainnya, adalah lantai kamar mandi yang tidak licin atau meskipun mengkilap mudah dibersihkan agar Kamu tidak mudah terpeleset. Apa saja rekomendasi jenis lantai kamar mandi terbaik? Tengok beberapa pilihannya di bawah ini!

Rubber Laminating

Source : Ubuy Indonesia

Lantai dengan jenis karet mungkin paling tepat jika yang diutamakan adalah fungsi anti licinnya. Karena meskipun terkena atau tergenang air, bahan rubber laminating untuk lantai kamar mandi ini tidak akan menjadi licin. 

Jangan khawatir Pins, walaupun rubber laminating terkesan tidak permanen dan hanya lapisan pada lantai, umumnya rubber laminating ditempel ke lantai dengan bagian lem bawahnya yang kuat sehingga tidak mudah bergeser.

Rubber laminating biasanya memiliki lapisan yang sedikit empuk dengan tekstur bulat-bulat dan hadir dengan beragam warna. Selain karena tampilannya yang mengkilap, rubber laminating juga mudah dibersihkan lho!

Lantai Motif Kayu

Source : Unsplash/Nathaniel Kohfield

Tekstur kayu yang telah didesain sedemikian rupa dan diperuntukkan di kamar mandi biasanya juga hadir dengan sisi yang kesat dan tidak licin. Motif kayu juga tidak mudah kotor atau menguning dibandingkan lantai putih lainnya.

Lantai motif kayu ini bisa hadir dengan bahan keramik khusus atau kayu asli yang tentu mudah dibersihkan. Selain fungsional, motif kayu juga akan menambah kesan estetik dan alami pada kamar mandi. Apalagi jika dipadukan dengan desain rustic ataupun kamar mandi yang didominasi nuansa putih, lantai satu ini akan semakin terlihat cantik.

Baca Juga: 15 Pilihan Keramik Kamar Mandi Motif Batu Alam

Lantai Vinyl

Source : Jogja Desain Interior

Bahan vinyl juga cukup bagus menjadi pilihan jenis lantai untuk kamar mandi. Bahan satu ini cukup mudah dipasang dan mudah dibersihkan. Selain itu, vinyl memiliki ketahanan yang cukup tinggi sehingga lebih awet dan tidak mudah rusak.

Sisi awetnya mungkin juga karena vinyl bersifat tahan air sehingga tidak mudah menua atau rusak karena korosi dari seringnya terkena air dan lembab. Kelebihan lain dari bahan vinyl adalah tidak licin sehingga cukup aman digunakan.

Lantai Keramik

jenis lantai kamar mandi
Source : Kompas

Keramik memiliki banyak motif dan material khusus yang berbeda-beda pula fungsinya. Karena banyaknya jenis lantai keramik, pilihlah yang tidak licin jika menginginkan keamanan dan kenyamanan lebih.

Sebut saja keramik batu alam untuk lantai yang sudah pasti tidak licin karena tekstur alami batu alam tidak licin meski sudah diratakan atau dipernis. Kamu pun bisa juga memilih keramik motif hexagonal yang cocok diterapkan di kamar mandi dengan ukuran kecil. Tekstur segi enamnya yang kecil-kecil banyak garis batasan membuatnya tidak licin.

Pilihan lainnya jatuh kepada keramik motif kaspari yang cantik untuk dekorasi karena terinspirasi dari desain motif abad pertengahan. Keramik satu ini juga sudah terkenal dengan anti-slipnya.

Namun, jika ingin yang sedikit minimalis, pilihlah keramik matte agar tidak terlalu licin. Keramik matte sangat cocok untuk dipasang di kamar mandi basah seperti bagian shower atau bathtub.

Baca Juga: 15 Desain Kamar Mandi Kecil Mewah

Lantai Motif Mozaik

jenis lantai kamar mandi
Source : Harapan Rakyat

Lantai motif mozaik akan menambah estetika dengan desainnya yang cantik dan beragam. Material mozaik bisa saja jarang terlihat di lantai kamar mandi, karena biasanya dipakai untuk dinding.

Padahal, motif mozaik bahan kaca juga cocok dipasang di lapisan luar lantai kamar mandi. Kekurangannya, lantai mozaik mudah kotor. Sehingga jika Kamu memilih motif ini untuk lantai kamar mandi, harus rajin membersihkannya agar tidak menjadi kerak dan semakin sulit dibersihkan.

Lantai Semen

jenis lantai kamar mandi
Source : Real Homes

Jenis lantai untuk kamar mandi selanjutnya adalah lantai semen. Meski terkesan biasa dan terlihat seperti ruangan ‘belum selesai’, jika bisa mengolahnya dengan rapi akan menjadikan kamar mandi lebih estetik. Tipikal unpolished concrete akan menampilkan kesan industrial dan kuat karena lebih tahan air. Hanya saja seperti di beberapa keramik, lantai semen bisa menjadi licin jika tidak sering dibersihkan.

Lantai Tekstur Garis

jenis lantai kamar mandi
Source : Decorpad

Lantai tekstur garis ini terbilang cukup unik dari sisi tampilan karena terlihat seperti garis-garis yang terbentuk dari banyak ubin panjang. Motif ini cocok disusun rapi membentuk silang-silang atau dengan menyamping agar terlihat lebih rapi dan membentuk geometris.

Tersedia jenis keramik maupun yang matte, tapi yang manapun bahan yang dipilih tetap meminimalisir licinnya lantai kamar mandi. Kok bisa? Bisa, karena banyak garis-garis menciptakan ruang yang memungkinkan air lebih cepat kering dibandingkan dengan ubin berukuran besar-besar. Sehingga tidak mudah licin dan membuat Kamu terpeleset di kamar mandi.

Selain beberapa rekomendasi jenis lantai kamar mandi terbaik di atas, ada baiknya pula Kamu juga rutin membersihkan lantai kamar mandi secara berkala dan tidak menunggu lantai kotor atau licin karena residu dari sabun, shampoo atau bahan lain yang membuatnya menjadi licin. 

Tidak hanya licinnya saja di bagian permukaan lantai, tapi Kamu juga harus waspada dengan kerak yang terjadi di sela-sela ubin atau garis-garis penyatu antara ubin tersebut. Sebenarnya, tidak perlu terlalu kuat menggosok lantai kamar mandi, termasuk menggunakan pembersih bubuk yang sangat tajam.

Semoga tips dan pilihan lantai kamar mandi tadi bermanfaat, Pins!

Featured Image Source: Unsplash/rarchitecture_melbourne

Baca Juga: 20 Inspirasi Desain Kamar Mandi Ukuran 1×1


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download