Pinhome

Eksotiknya Desain Rumah Bambu Modern & Nilai Plus Bagi Penghuninya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Setiap orang pasti mengenal bambu. Termasuk pula kamu, bukan? Bambu merupakan jenis rerumputan dengan struktur batang berongga. Umumnya tanaman ini ditemukan pada kawasan tropis seperti Indonesia, India dan Brazil. Ukuran dari bambu berkisar antara 3 meter sampai 30 meter.

Bambu juga merupakan salah satu material yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Oleh karena itu bambu sering digunakan sebagai bahan pembuat ornamen.

Pinhome – Sifatnya yang kuat, elastis, dan tidak mudah patah, menjadikan bambu sangat cocok dijadikan sebagai material utama bangunan. Salah satunya sebagai bahan baku mendirikan rumah. Mungkin Anda masih tidak percaya, bambu yang selama ini hanya digunakan utama membuat saung, kandang ayam, ataupun gubuk ternyata bambu juga layak dijadikan sebagai bahan utama membuat rumah.

Baca juga: Cara Pengawetan Bambu untuk Bahan Bangunan

Manfaat Membangun Rumah Bambu

Kokoh dan Anti Gempa

 

Rumah bambu kokoh dan mampu menahan gempa
(Pinterest)

Desain rumah yang menggunakan bambu sebagai bahan utama memiliki sejumlah keuntungan. Di antaranya adalah sifat bambu yang sangat elastis sehingga tidak mudah patah dan tahan terhadap guncangan yang tinggi.

Rumah yang terbuat dari bambu tidak akan mudah roboh bila terkena gempa. Dari segi kekuatan Pins juga tidak perlu ragu. Bambu bisa bertahan hingga 20 tahun bila dirawat dengan benar serta tahan terhadap perubahan cuaca.

Oleh karena itu diperlukan keahlian khusus agar mengetahui kapan waktu penebangannya, proses pengawetan, pemilihan waktu yang tepat untuk mulai digunakan mendirikan rumah, konstruksi bangunan serta peletakannya.

Baca Juga: Cara Membangun Rumah Anti Banjir

Menjaga Suhu Ruangan

Rumah Bambu mampu menjaga suhu ruangan
(Pinterest)

Rumah yang menggunakan bambu mampu menciptakan suasana yang sejuk bagi para penghuninya di tengah teriknya panas matahari. Sebab bambu mampu menyimpan dinginnya udara malam lalu melepaskannya ketika terkena hawa panas di siang hari.

Begitu pula sebaliknya, Ketika malam bambu mampu memberikan kehangatan karena bambu mampu menyimpan panasnya udara siang dan melepaskannya ketika terpapar hawa dingin pada malam hari.

Baca Juga: Cara Membangun Rumah yang Harus Kamu Ketahui

Tidak hanya itu, desain rumah yang mengunakan bambu juga mempunyai bentuk yang sangat khas. Desain Rumah bambu juga mencerminkan arsitektur rumah tropis yang sangat eksotis. Konsep rumah menggunakan bambu juga turut mensukseskan program go green. Karena bambu merupakan material yang ramah lingkungan.

Bahkan bambu diprediksikan akan menggantikan kayu sebagai material bangunan di masa depan. Hal ini seiring dengan laju kerusakan hutan tropis yang makin tak terbendung. Terlebih lagi, bambu memiliki waktu panen yang relatif singkat. Dalam waktu satu tahun, bambu bisa dipanen hingga tiga kali.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel