Pinhome

Tips Properti

Efisiensi Energi Pada Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Berbicara mengenai keindahan rumah memang tidak ada habisnya, ada berbagai macam ide yang seketika muncul di benak kepala untuk membuat dekorasi rumah tertata apik dan cantik. Kali ini, kita perlu mengenal rumah yang menggunakan konsep efisiensi energy untuk merespon kampanye global yang berkaitan dengan global warming dan kesehatan lingkungan. Apa sih sebenarnya konsep efisiensi energy pada rumah? Ketika kita mendengar konsep efisiensi energy, pasti di benak kita muncul pikiran hemat energy listrik. Ya, memang benar, namun itu hanya sekelumit dari bongkahan batu raksasa yang akan kita kupas habis mengenai konsep tersebut. Pada dasarnya konsep efisiensi energy pada sebuah rumah berarti penggunaan tenaga kerja, pengalokasian dana dan juga metode yang dipergunakan dalam proses konstruksi rumah.

Desain rumah yang sedang anda susun juga harus mengandung konsep tersebut. Selain itu, material dan juga metode konstruksi yang dipakai pun sebaiknya memakai konsep tersebut juga. Konsentrasi terhadap penggunaan metode konstruksi yang hemat energy bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang yang berpegang teguh pada prinsip efisiensi.

Tolok ukur konsep desain rumah yang berpacu pada efisiensi energy adalah energy yang sudah anda habiskan untuk membuat konstruksi rumah harus sebanding dengan hasil yang dicapai. Itu menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah efisiensi. Yang seringkali terjadi, terutama bagi para pemula adalah usaha yang mereka lakukan lebih besar daripada hasil yang diperoleh. Sehingga yang terjadi adalah kekecewaan. Penekanan pada keseimbangan energy tersebut yang dinamakan efisiensi energy. Berikut ini adalah beberapa tips yang digunakan dalam konstruksi rumah agar bisa mencapai efisiensi energy yang diharapkan.

Aliran suhu tidak boleh keluar masuk

Yang dimaksud adalah suhu panas dan dingin sebaiknya tidak keluar masuk rumah. Ini bisa dicegah dengan menekankan metode dan teknik khusus pada instalasi ekterior rumah seperti tembok, pintu, insulasi dan jendela. Usahakan mereka bisa tahan panas dan dingin sehingga aliran suhu udara tidak saling mempengaruhi.

Alat Pemanas listrik dan AC harus efisien

Ini yang sering menjadi perhatian para pemerhati listrik. Penghematan energy secara besar-besaran memang membuat kita harus ekstra hati-hati dalam menggunakan kedua alat tersebut, yang sudah terkenal karena boros listrik. Saat memilih perlengkapan yang tepat untuk AC dan alat pemanas, pastikan untuk memilih peralatan yang hemat energy agar untuk rumah dengan konsep efisiensi energy.

Pemakaian pembangkit listrik solar dan angin

Di beberapa negara, pemakaian pembangkit listrik tenaga solar dan angin bisa menjadi pilihan saat anda ingin berhemat listrik. Namun rangkaian peralatan tersebut masih mahal sehingga jarang dipergunakan.

Dengan memperhatikan beberapa aspek tersebut, anda bisa melakukan efisiensi energy seperti yang diharapkan dan mengurangi beban tagihan listrik yang membengkak tiap bulan.

Tags :

Bagikan Artikel