BlogPemilik PropertiDesain Hunian19 Inspirasi Desain Rumah yang Ada Kolam Renang
0
0

19 Inspirasi Desain Rumah yang Ada Kolam Renang

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 6, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kolam renang mulai menjadi pusat perhatian para pemburu properti. Desain rumah yang ada kolam renang mulai banyak diminati. Karena memiliki kolam renang pribadi bisa dijadikan tempat bersantai dan melepas kejenuhan.

Lewat Pinhome kamu bisa menemukan Rumah Ekslusif lengkap dengan kolam renang. Kamu dapat memperoleh data rumah bekas di Kab Bekasi Selatan sekelas Orchard Village, perumahan di Jagakarsa maupun properti sekitar UINSU.

Desain Rumah yang Ada Kolam Renang

Apalagi bila Pins tergolong pribadi yang suka sekali berenang. Desain rumah yang ada kolam renang mampu difungsikan sebagai penambah estetik hunian yang kini ditempati. Adapun beberapa desain rumah yang ada kolam renang bisa Pins simak sebagai berikut:

1. Freeform Pool

Desain rumah yang ada kolam renang freeform pool
Source : Shutterstock

Model kolam renang ini tidak beraturan karena bentuknya tidak ditentukan. Kesannya lebih natural dan lebih dekat dengan alam.  Fungsinya sama dengan kolam renang pribadi.

Kebanyakan kolam renang memiliki model yang telah ditentukan sedemikian rupa. Tujuannya agar menyatu dengan rumah. Berbeda dengan freeform pool yang desainnya buatan sendiri.

Pins bisa berkreasi dengan menambahkan dekorasi seperti bebatuan dan tanaman. Ukurannya dapat disesuaikan dengan halaman belakang hunian. Freeform Pool sangat cocok untuk desain rumah minimalis dengan kolam renang.

2. Circular Pool

Desain rumah yang ada kolam renang circular pool
Source : Shutterstock

Lahan yang terbatas tetap bisa difungsikan untuk membuat kolam renang. Desain rumah yang ada kolam renang dengan bentuk lingkaran akan memiliki fleksibilitas tinggi. Circular pool sering diletakan di tengah-tengah lahan.

Pins bisa menempatkan kolam di dalam maupun di luar ruangan. Desainnya yang simpel membuat biaya pembuatan kolam renang tersebut tidak terlalu mahal dibandingkan model kolam renang lainnya.

Selain itu masa pembangunan circular pool tidak membutuhkan waktu lama. Kolam ini juga cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Pins dapat menambahkan pancuran air di salah satu sisi lingkarannya.

3. Plunge Pool

Desain rumah yang ada kolam renang plunge pool
Source : Kompas

Plunge pool disebut juga dengan kolam renang mini atau kolam terjun. Model kolam renang seperti ini sangat cocok untuk hunian daerah tropis. Kolam renang mini ini lumayan populer di Australia dan Eropa.

Ukurannya tipikal sekitar 2.5 x 2.5 meter persegi. Bentuk kolam tersebut umumnya persegi panjang sehingga ada ruang yang tercipta sebanyak mungkin.  Kedalaman kolam ini antara 1.5-2 meter.

Uniknya lagi plunge pool bahkan bisa dibangun di lantai dua. Pins bisa menambahkan tempat bersantai di samping kolam. Tempatkan air mancur pada desain kolam renang ini.

Tambahkan beberapa dudukan tangga sesuai ketinggian. Bagian dudukan ini bisa diletakan di dalam kolam.

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri dengan Mudah

4. Lap Pool

Desain rumah yang ada kolam renang Lab pool
Source : Pexels

Kolam renang ini dibangun memanjang dan sempit. Tujuan pembangunannya sebagai tempat berenang dengan waktu lebih intensif. Penggunanya hanya untuk satu orang saja.

Model kolam renang seperti ini didukung pula dengan mesin. Lab pool sering hadir dalam kompetisi berenang. Bagian dasarnya memiliki garis batas dari ujung ke ujung.

Garis batas tersebut sebagai pembatas antara perenang satu dengan lainnya. Kedalaman kolam renang seperti ini bisa lebih dari 2 meter. Pada bagian tepi kolam terdapat tangga yang memudahkan perenang keluar dari kolam.

5. Indoor Pool

Indoor Pool
Source : Shutterstock

Kolam renang tak selalu dibangun di luar ruangan. Ada pula yang dibangun dalam hunian. Keuntungan dari desain kolam renang indoor adalah terlindungi saat berenang di berbagai cuaca.

Ketika matahari sudah tinggi, perenang tidak perlu khawatir terpapar sinar matahari. Sementara ketika hujan tiba air kolam tetap bersih karena tidak bercampur dengan air hujan.

Kesan mewah terpancar dari desain kolam renang ini. Bagian tepi kolam renang biasa ditambahkan kursi santai. Sedangkan untuk meningkatkan pencahayaan dipakai jendela besar.

Suhu air pada model kolam renang ini cenderung tetap. Pins tidak perlu takut berenang saat malam sekalipun.

6. Infinity Pool

Infinity Pool
Source : Shutterstock

Kolam renang model ini sangat populer di dunia. Biasanya hadir pada hotel berbintang hingga resort mewah. Kesan privasi sangat kental terasa dari infinity pool.

Keunikan dari kolam renang ini adalah tepian kolam yang unik. Terlihat tidak terbatas sehingga kolam terasa lebih luas. Kolam ini juga dikenal memiliki air yang berlimpah.

Efek visualnya mampu membuat tampilan air terasa tidak terbatas. Level air dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tepi kolamnya. Selain menjamin privasi, instalasinya lebih fleksibel.

Infinity pool memiliki desain persegi serta tidak ada belokan. Sirkulasi airnya lebih baik dan tidak memerlukan energi besar sehingga hemat energi listrik.

Baca juga: 7 Kesalahan Membeli Furniture Minimalis Rumah Pertama yang Harus Dihindari

7. Above Ground Pool

Above Ground Pool
Source : Shutterstock

Kolam renang tidak selalu lebih rendah dari lantai atau tanah. Ada pula kolam renang yang dibangun di atas tanah. Hal ini membuat bagian pinggiran kolam terlihat jelas.

Pins bahkan bisa melihat kedalaman kolam tersebut dengan bersanding dekat dinding kolamnya. Kolam seperti ini akan lebih bagus dibangun di luar rumah.

Material yang dipakai bisa beragam tak melulu dari ubin. Ukurannya dapat disesuaikan dengan luas lahan di halaman. Ada pula above ground pool yang bisa dibongkar pasang.

Artinya jika tidak sedang digunakan bisa dibongkar. Umumnya material kolam renang seperti itu memakai bahan plastik atau silikon. Tidak hanya untuk anak-anak namun juga bisa digunakan berenang oleh orang dewasa.

8. Natural Pool

Source : HGTV

Selanjutnya, bagi Pins yang menyukai desain rumah minimalis dengan kolam renang bergaya natural, kamu bisa membuat kolam jenis natural pool. Mengapa disebut demikian? Kolam renang natural membawa kesan tersendiri dekat dengan alam.

Dipadukan dengan ragam tanaman indah di sekitar kolam, membuat suasana kolam semakin asri. Bila kamu mempunyai lahan yang cukup, kamu bisa menambah dekorasi dengan membangun kolam ikan di sebelahnya.

9. Garden Side Pool

Garden Side Pool
Source : HGTV

Berbeda sedikit dengan desain kolam renang minimalis bergaya natural, garden-side pool dibuat penghuni yang mempunyai lahan pekarangan cukup luas. Biasanya kolam renang minimalis ini akan bersebelahan dengan taman keluarga yang menjadi tempat untuk anak-anak bermain di luar.

Ide menarik dari kolam renang di sebelah taman ini dapat membuat suasana kekeluargaan di rumah semakin hangat. Pins dan keluarga bisa melakukan pesta barbeque bersama sambil menikmati suasana pinggir kolam.

10. Modern Contemporary Pool

Desain rumah yang ada kolam renang modern contemporary pool
Source : Contemporist

Memiliki hunian minimalis dapat didukung dengan desain kolam renang minimalis bergaya contemporary. Pins bisa menaruhnya di tengah-tengah ruangan maupun di ruangan outdoor. Tonjolkan garis-garis yang nyata pada kolam agar terkesan lugas dan apik.

Kolam renang kecil di belakang rumah ini akan membuat rumah minimalis milikmu kian menarik. Jangan lupa untuk menambahkan dekorasi tanaman hias simpel di sekitar kolam.

11. Wooden Pool

Wooden Pool
Source : Pinterest

Kolam renang dengan bahan kayu atau wooden pool sering menjadi salah satu ide desain rumah minimalis dengan kolam renang. Tidak hanya menjadi bahan utama dalam pembuatan kolam, tapi menjadi ide dekorasi di sekitarnya. Contohnya seperti kolam renang di atas, Pins dapat menggunakan kayu solid dengan motif gelap dipadukan dengan desain kolam renang kaca minimalis.

Baca juga: Detail Biaya Pembuatan Kolam Renang Ukuran Standar

12. Kids Pool

Kids Pool
Source : Articles-Blueheaven.com

Pins memiliki buah hati yang mulai suka berenang dan bermain di luar? Kamu bisa menggunakan desain rumah yang ada kolam renang kecil di belakang rumah dengan sekat pembatas untuk desain kolam renang anak.

Usahakan untuk membuat kolam dewasa yang berukuran tidak dalam, dan memberitahukan bahwa adanya perbedaan di kedua kolam untuk alasan keamanan. Pakailah ubin kolam dengan warna cerah, agar anak tetap terlihat saat sedang bermain.

13. Modern Pool

desain rumah minimalis dengan kolam renang
Source : Pinterest

Desain rumah minimalis dengan kolam renang modern juga tidak kalah populer dan selalu diminati oleh banyak orang. Konsep desain kolam renang modern biasanya dilengkapi dengan sun lounger atau yang biasa dikenal sebagai kursi santai di pinggir kolam renang. Kursi santai ini bisa digunakan untuk bersantai setelah berenang, maupun untuk melakukan tanning badan.

14. Zigzag Pool

desain rumah minimalis dengan kolam renang
Source : Houzz

Desain rumah minimalis dengan kolam renang yang unik ini biasanya diterapkan untuk menyesuaikan ruangan di rumah. Selain bisa menyesuaikan kapasitas ruang yang ada, desain kolam renang zigzag ini juga bisa menambah estetika rumah karena konsepnya yang unik.

15. Bohemian Pool

Source : Villa-Bali

Pernah berkunjung ke villa di Bali yang memiliki private pool? Konsep desain kolam renang bohemian ini sangat mirip dengan gaya kolam renang villa Bali.

Biasanya gaya kolam renang bohemian ini memiliki unsur tropis dengan pepohonan di sekitanya, dengan sentuhan material kayu sebagai lantai di sekitar kolam. Tak lupa juga fasilitas tambahan seperti ayunan di atas, yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati nuansa kolam renang yang sejuk dan nyaman.

16. Transparan Pool

Source : Pinterest

Pins ingin memiliki kolam renang kecil di belakang rumah yang unik? Mungkin Pins bisa mengadaptasi kolam renang transparan yang satu ini. Selain unik, desain kolam renang minimalis ini akan terlihat sangat eye-catching.

17. Disco Pool

Source : Guncast

Ingin memiliki desain rumah yang ada kolam renang tapi anti-mainstream? Menggunakan konsep disco pada kolam renang indoor akan membantu Pins mendapatkan desain yang tidak biasa dan unik.

18. Bamboo Pool

Bamboo Pool
Source : myDecorative

Memberikan kesan natural tidak hanya bisa dilakukan dengan pemilihan tanaman yang ditanam pada kolam renang saja. Pins juga bisa menggunakan konsep naturalist with bamboo ideas berikut ini. Dijamin, kolam renang akan terasa alami, asri, dan menyejukan.

19. Jacuzzi Pool

Jacuzzi
Source : Pinterest

Ingin membuat sesuatu yang berbeda? Mungkin Pins bisa membuat jacuzzi kecil di area yang tersisa di rumah. Selain itu, jacuzzi juga tidak akan memakan banyak tempat pada area rumah yang di konsep khusus untuk bersantai dan berendam.

Itu dia Pins, berbagai rekomendasi desain rumah yang ada kolam renang eye-catching dan keren saat ini! Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download