BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Rumah Korea Minimalis
0
0

10 Inspirasi Desain Rumah Korea Minimalis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah Korea minimalis makin banyak disukai sejak drama Korea kian populer di tanah air. Bagaimana tidak? Setiap drama Korea pasti menampilkan suasana rumah yang hangat dengan tatanan yang apik.

Sudah menjadi rahasia umum kalau properti di Korea Selatan harganya selangit. Karenanya, tidak sedikit drama Korea yang menampilkan hunian minimalis di apartemen. Bahkan, ada juga tokoh-tokoh yang tinggal di rooftop.

Jika kamu berminat mencari hunian ala Korea ini bisa memanfaatkan fitur pencarian Pinhome. Lewat fiturnya dapat diperoleh data rumah bekas di Mojokerto atau rumah di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa atau yang dekat dengan Bay Walk Mall.

Desain Rumah Korea Minimalis

Meski area tempat tinggalnya tidak seberapa luas, tampilan desain rumah Korea minimalis selalu terlihat lapang dan tidak sumpek. Hal ini tak lain karena tata ruangnya yang brilian. Nah, kamu juga bisa meniru tata ruang ala desain rumah Korea ini. Yuk, simak deretan inspirasi berikut!

1. Desain Hunian Korea di Apartemen

Source : Pinterest

Bicara tentang desain interior Korea, gaya yang diterapkan sering menitikberatkan pada kepraktisan. Desainnya sederhana dengan furnitur minimalis agar dapat memaksimalkan ruang yang ada.

Seperti contoh ruang apartemen ini. Meski kecil, apartemen ini terlihat lapang dengan konsep open space. Meski begitu, ada pembagian ruang yang jelas antara ruang makan, dapur, dan area bersantai.

Baca juga: Inspirasi Rumah Tradisional Korea Selatan

2. Desain Rumah Korea Dominasi Kayu

Source : Artsper Magazine

Penggunaan beberapa bahan-bahan natural merupakan salah satu prinsip utama dalam desain rumah Korea. Penggunaan kayu menciptakan nuansa yang hangat serta memberi sentuhan gaya tradisional Korea yang kental.

Elemen kayu bisa saja digunakan untuk berbagai komponen rumah. Mulai dari lantai, atap, dinding, hingga furnitur. Semakin banyak elemen kayu yang dipakai, semakin kental nuansa tradisionalnya.

3. Desain Rumah Korea Modern Serba Putih

Source : Seoulistic

Mendesain rumah dengan interior serba putih adalah langkah yang tepat untuk menciptakan kesan lapang. Warna putih juga memantulkan cahaya, sehingga membuat ruangan tampak terang.

Ditambah lagi, warna putih cocok digunakan untuk berbagai gaya, termasuk gaya minimalis dengan nuansa modern. Supaya desain rumah Korea minimalis tidak tampak membosankan, padukan dengan warna-warna netral seperti abu-abu. Penggunaan material kaca dan logam juga makin menambah kesan modern, lho.

4. Desain Rumah Korea Open Space

Source : Korealandscape

Desain rumah minimalis ala Korea yang sering kita lihat di drama Korea menampilkan konsep open space. Umumnya area ruang makan, ruang keluarga, dan dapur tidak terpisah oleh sekat, melainkan berada di satu ruangan luas.

Bahkan, dalam hal ini area kerja juga ditempatkan di ruangan yang sama dengan meja kerja menghadap ke jendela luar. Simpel tapi apik!

5. Desain Rumah Korea Minimalis Bernuansa Mewah

Source : Rugsociety

Siapa bilang gaya minimalis hanya bisa dipakai untuk rumah sederhana? Rumah mewah pun bisa mengusung gaya minimalis yang mengedepankan kepraktisan. Desain rumah minimalis ala Korea ini contohnya.

Seperti kebanyakan rumah Korea, hunian ini menggunakan open space yang menyatukan area ruang tamu dan ruang makan. Kesan mewah terlihat dari pilihan material furniturnya, chandelier untuk pencahayaan, hingga tatanan ruangnya yang tampak luas.

Baca juga: 7 Bentuk Perumahan yang Dikenal di Korea Selatan

6. Desain One Room Apartment

Source : Lamudi

Apartmen yang hanya terdiri dari satu ruangan atau one room apartment kerap menjadi pilihan hunian bagi mereka yang masih muda. Desain rumah Korea minimalis pun bisa diterapkan untuk jenis hunian seperti ini.

Meski apartemen hanya terdiri satu ruangan luas, terdapat pembagian ruang yang jelas. Area untuk tidur berupa platform bed di dekat jendela. Sementara itu, area ruang tamu dibatasi dengan sofa berbantal empuk dan karpet. Adapun area makan berupa meja makan kayu di sudut ruangan.

Tak lupa, pencahayaannya juga dibuat bervariasi antara ruang tamu, area tidur, dan area makan. Hal ini semakin menegaskan pemisahan fungsi masing-masing area tersebut sehingga membuat desain apartemen ala Korea makin apik.

7. Desain Rumah Korea Minimalis Elegan

Source : Sarae

Dalam budaya Korea Selatan, kayu menjadi elemen penting dalam kehidupan mereka. Kayu digunakan untuk membangun rumah, membuat furnitur, hingga sumpit untuk makan. Karenanya, kayu menjadi ciri khas dalam desain rumah Korea minimalis, bahkan dalam desain yang bernuansa modern sekalipun.

Selain memberi kesan alami, penggunaan kayu untuk lantai dan furnitur semakin menambah kesan elegan pada ruangan. Disandingkan dengan warna putih, furnitur berbahan kayu terlihat cantik dan berpadu dengan harmonis.

8. Desain Rumah Estetik Ala Drama Korea

Source : Preview

Drama Korea selalu menampilkan rumah dengan tatanan yang penuh estetika. Bukan cuma para pemainnya yang cantik dan tampan, rumahnya pun estetik dan menginspirasi.

Pada contoh di atas, furniturnya menggunakan ragam material yang berbeda, tetapi semua berpadu dengan apik dan harmonis. Sebut saja, sofa empuk dengan warna abu-abu netral yang dipasangkan dengan karpet halus. Coffee table memiliki bentuk unik dengan rangka dari besi dan permukaan kaca.

Kemudian, area dapur dan ruang makan terpisah oleh kaca transparan. Sekat tembus pandang ini adalah aspek interior yang cerdas. Sebab, dinding kaca ini berfungsi memisahkan ruangan dengan jelas, tetapi membuat ruangan tetap luas.

9. Desain Ruang Tamu Korea Minimalis

Source : kpopmap

Model ruang tamu minimalis ala desain rumah Korea ini sudah mulai banyak diadaptasi oleh masyarakat, lho. Alih-alih menggunakan set sofa yang terdiri dari beberapa kursi, desain ruang tamu ini cukup menggunakan satu sofa panjang.

Kemudian, padukan dengan meja rendah bernuansa putih yang terbuat dari kayu. Tambahkan pula karpet untuk mempercantik ruangan. Tak lupa, beri sentuhan alami dengan penggunaan elemen kayu, baik pada furnitur maupun pada lantai.

Baca juga: 10 Referensi Model Pagar Rumah Ala Korea

10. Desain Rumah Hanok Minimalis

(

Hanok merupakan sebutan bagi rumah tradisional Korea dengan fasad yang menonjol. Desain rumah minimalis ala Korea ini terdiri atas 33 meter persegi yang terbagi atas dua kamar, dapur, ruang tamu kecil. Bukaannya berupa jendela geser dari kayu dan kertas sehingga cahaya bisa menembus ke dalam ruangan.

Itulah sejumlah inspirasi tata ruang ala desain rumah Korea minimalis. Pada prinsipnya, bisa disimpulkan kalau desain rumah ala Korea menitikberatkan pada penggunaan bahan-bahan kayu serta warna-warna kalem seperti putih dan abu-abu. Tak lupa, terapkan konsep open space agar ruangan makin terlihat lapang.

Baca juga: 7 Bentuk Perumahan yang Dikenal di Korea Selatan

Feature Image Source: Rawpixels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download