Cara Menggunakan Listrik Tenaga Surya di Rumah - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412
  • Blog
  • Properti
  • Cara Menggunakan Listrik Tenaga Surya di Rumah

Cara Menggunakan Listrik Tenaga Surya di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 18 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara menggunakan listrik tenaga surya – Sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa kita bisa memanfaatkan tenaga surya atau matahari sebagai pengganti listrik. Kamu bahkan tidak perlu menggunakan PLN dan membayar tagihan listrik bulanan, sehingga akan menjadi lebih menghemat energi listrik.

Meskipun biaya pembuatannya mahal di awal, namun jika dikonversi dengan tagihan listrik PLN selama sekian tahun akan jauh lebih murah, ini juga sangat cocok bagi kamu yang tingga dikawasan belum terjangkau oleh instalasi PLN. Pembangkit listrik tenaga matahari ini biasa disebut sebagai panel surya atau surya cell.

Sedangkan, khusus untuk pemasangan di rumah biasa disebut sebagai Paket SHS yang merupakan singkatan dari Solar Home System. jadi kita bisa membeli Paket SHS dan memasangnya di rumah agar bisa menikmati PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Berikut penjelasanya.

Baca juga: Tips Saat Mati Lampu di Rumah

Macam-macam Paket SHS 

cara menggunakan listrik tenaga surya

Di bawah ini adalah beberapa macam Paket SHS dan perkiraan harganya.

  1. SHS 10 WP – Harganya +/- Rp.2.000.000,-
  2. SHS 30 WP – Harganya +/- Rp.3.000.000,-
  3. SHS 50 WP – Harganya +/- Rp.4.000.000,-
  4. SHS 80 WP – Harganya +/- Rp.6.000.000,- = Listrik 900 watt
  5. SHS 100 WP – Harganya +/- Rp.8.000.000,- = Listrik 1300 Watt
  6. SHS 200 WP – Harganya +/- Rp.15.000.000,-

Secara umum alur produksi listrik tenaga surya yaitu, panel surya menangkap sinar matahari dan menimbulkan perbedaan tegangan yang menghasilkan listrik, energi listrik diteruskan ke charge controler lalu ke aki atau battery untuk menyimpan tenaga, selanjutnya disalurkan ke inverter untuk merubah arus DC menjadi AC, terakhir penyaluran energi listrik ke lampu atau peralatan elektronik sehingga bisa menyala.

Baca Juga: Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

Perbandingan Biaya Listrik Solar Cell dan PLN

cara menggunakan listrik tenaga surya
(Shutterstock)

Jika masih bingung untuk perbandingan harga listrik PLN dan Sollar Cell, berikut ini simulasi perbandingan biaya menggunakan listrik Solar Cell dan PLN.

Misalnya, kamu hendak memutuskan apakah mau menggunakan Solar Cell 100 WP atau PLN 1300 Watt, mana yang lebih hemat? Ini simulasinya:

Baca Juga: Tips Saat Mati Lampu Di Rumah

Jika memakai solar cell 100wp

  • Total Paket SHS 100WP = 8jt, ditambah biaya lain-lain anggap saja 10jt. masa pakai 25 tahun.

Jika memakai PLN

  • Biaya pasang baru PLN 1300 Watt kurang lebih 1 juta.
  • Tagihan listrik 100rb /bulan , dalam satu tahun = Rp.1.200.000,- jadi dalam sepuluh tahun Rp.12.000.000,-

Baca juga: Cara Menanam Kabel Instalasi Listrik Didalam Dak Lantai Beton

Dengan berbandingan harga di atas, dapat disimpulkan bahwa memang penggunaan listrik tenaga surya jauh lebih hemat dibandingkan listrik PLN. Meskipun begitu, kamu membutuhkan pembayaran lebih besar di awal untuk menggunakan Sollar Cell.

Alternatif lainya yaitu kamu bisa menyambung PLN sekaligus memasang Solar Cell. Keduanya bisa saling melengkapi sehingga mendapatkan penghematan sekaligus pemenuhan energi listrik yang stabil.

Baca Juga: Cara Menghitung Watt Lampu LED Agar Hemat Listrik


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel