BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Rumah Tahan Gempa Paling Aman!
0
0

10 Desain Rumah Tahan Gempa Paling Aman!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 8, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah tahan gempa floating concepttop-right-banner

Bagi Pins yang tengah memperimbangkan untuk membeli rumah seken di Jakarta Timur, tentu penting untuk memikirkan aspek keamanan dan kenyamanan. Salah satunya adalah memiliki rumah dengan desain tahan gempa. Selain itu, Pins bisa memanfaatkan program KPR bank untuk memperoleh rumah ini.

Rumah tahan gempa bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan hunian yang aman dan nyaman. Ini juga bisa membantu Pins untuk berinvestasi dan meningkatkan estimasi nilai properti di masa depan. Simak apa saja contoh desain rumah yang tahan gempa di sini!

Contoh Desain Rumah Tahan Gempa

Indonesia merupakan daerah yang terkategori rawan gempa. Itu sebabnya, membuah desain rumah tahan gempa menjadi salah satu hal yang kamu butuhkan. Rumah diharapkan bisa tetap kokoh, selama penghuninya masih hidup.

Namun, faktor alam dan kekuatan material bangunan sering kali membuat usia rumah tidak berlangsung lama. Pengaruh cuaca, paparan sinar matahari, dan guyuran air hujan hingga gempa bumi merupakan permasalahan yang sulit dihindari.

Jepang sebagai negara yang sering dilanda gempa telah menyiapkan konstruksi bangunannya dengan baik. Bangunan di sana sudah didesain tahan gempa. Hal ini jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Meskipun Indonesia juga termasuk daerah rawan gempa, rumah tinggal tidak dipersiapkan dengan pondasi dan rancangan tahan gempa.

Akibatnya begitu gempa melanda, banyak rumah tinggal yang rusak bahkan roboh dan hancur. Maka dari itu, kamu bisa mulai mempersiapkan rumah impian kamu dengan material yang tahan gempa. Begini contohnya.

Baca juga: Wajib! Cek Kualitas Bangunan Sebelum Membeli Rumah

1. Desain Rumah Tahan Gempa Fa-Bo

Desain rumah tahan gempa Fa-Bo
Source : Rethingking The Future

Rumah Fa-Bo mewujudkan struktur dan prinsip baru di dunia arsitektur. Tidak hanya tahan gempa, rumah Fa-Bo juga menampilkan keindahan pada bangunan.

Serat karbon yang menyelimuti struktur bangunan yang membuat desain Fa-Bo menjadi tahan gempa. Desain ini awalnya terinspirasi dari tali kepang rambut. Dengan desain Fa-Bo ini, bangunan bisa 600 kali lebih kuat dibandingkan material lain seperti besi. Menariknya lagi, serat karbon ini juga bisa berfungsi sebagai anti petir pada rumah.

2. Desain Rumah Tahan Gempa Bhatar

rumah bhatar
Source : Rethingking The Future

Rumah Bhatar merupakan tradisi bangunan yang sudah ada berabad-abad lalu di wilayah Turki, Afganistan, India dan Nepal. Bangunan terbuat dari kayu dan batu yang disusun secara strategis.

Desain rumah Bhatar menggunakan batu dengan tebal 18 inci yang disusun membentuk ikatan yang saling mengunci. Dengan sistem ini, kayu dan batu bisa menahan beban berat secara vertikal. Rumah Bhatar terbukti efektif menghilangkan energi yang muncul ketika gempa tanpa merusak struktur bangunan.

3. Desain Rumah Tahan Gempa Bambu

desain rumah tahan gempa dari bambu
Source : Ramboll

Bambu merupakan material yang ringan namun memiliki ketahanan yang sangat kuat. Dengan bobot yang ringan ini menjadikan rumah akan bisa tahan terhadap gempa karena tekanan pada struktur menjadi lebih sedikit.

Ketika gempa, rumah bambu akan sedikit bergoyang-goyang sehingga energi yang diciptakan gempa akan terhamburkan. Semua gerakan ini membuat struktur rumah tidak terbebani dan rumah bisa selamat dari gempa.

Hal menarik dari rumah ini, Pins bisa tetap membuat ruang penyimpanan pada bagian bawah rumah. Pins juga bisa menjadikan bawah rumah sebagai garasi untuk mobil dan motor.

Baca juga: 5 Keunggulan dan Kekurangan dari Hebel Bangunan atau Bata Ringan

4. Desain Rumah Tahan Gempa Floating Concept

desain rumah tahan gempa floating concept
Source : Modscape

Konsep rumah terbang atau floating ini diciptakan oleh insinyur Jepang. Dengan posisi rumah yang mengambang di tanah, tentu saja rumah akan aman ketika gempa terjadi.

Yang membuat rumah bisa mengambang di udara adalah adanya balon di bagian bawah rumah. Pada balon terdapat sensor bawaan untuk memonitoring aktivitas seismik dan getaran. Jika terjadi gempa, balon akan mengirimkan sinyal ke kompresor udara yang membuat rumah menjadi terangkat.

5. Desain Rumah Tahan Gempa Dome

desain rumah dome
Source : Arsitek Jogja

Rumah dome juga seringkali dikenal dengan rumah Teletubbies. Hal ini dikarenakan bentuk rumah mirip seperti serial anak-anak Teletubbies.

Model atap rumah yang menyatu pada dinding membuat rumah menjadi kuat dan tahan gempa. Hal ini dikarenakan rumah tidak akan mengalami guncangan pada saat gempa.

6. Desain Rumah Tahan Gempa RISHA

RISHA
Source : Bramble Furniture

Risha atau Rumah Instan Sederhana Sehat adalah rumah dengan konsep bongkar pasang. Menariknya, RISHA tidak memerlukan semen dan batu-batu ketika membangunnya.

RISHA menjadi kuat dan tahan gempa dikarenakan pondasi rumah mengikuti kondisi tanah yang ada. Selain itu, proses pembangunan RISHA juga cepat.

Baca juga: 12 Pondasi Rumah Terbaik dan Termurah

7. Desain Rumah Tahan Gempa Tanpa Kayu

desain rumah tahan gempa
Source : Conwood Indonesia

Konsep rumah tahan kayu merupakan inovasi yang dibuat oleh Conwood Indonesia. Rumah ini menggunakan material yang terbuat dari semen dan serat fiber sehingga struktur rumah menjadi lebih lentur.

Kelenturan inilah yang membuat rumah menjadi tahan terhadap goncangan. Selain tahan gempa, rumah ini juga tahan api dan tahan terhadap rayap.

8. Desain Rumah Tahan Gempa RUSPIN

RUSPIN
Source : Medcom

RUSPIN atau Rumah Unggul Sistem Panel Instan merupakan pengembangan dari teknologi RISHA. Secara konsep, RUSPIN mirip dengan RISHA yang menggunakan teknik bongkar pasang. Namun perbedaannya RUSPIN tidak menggunakan simpul sehingga instalasi rumah menjadi jauh lebih cepat namun dengan ketahanan yang sama.

9. Desain Rumah Tahan Gempa Rumah Panggung

rumah panggung
Source : Liputan6

Desain rumah panggung merupakan rumah tradisional Indonesia. Namun desain rumah panggung sempat ditinggalkan karena tren rumah minimalis dengan batu-bata.

Akan tetapi, jika Pins berada pada daerah rawan gempa. Sangat tepat jika menggunakan rumah panggung. Struktur kayu pada rumah membuat beban konstruksi menjadi ringan dan tahan terhadap gempa.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Rumah Kayu Woloan (Woloan Wooden House)

10. Desain Rumah Tahan Gempa RIKA

desain rumah tahan gempa
Source : Litbang

RIKA merupakan singkatan dari Rumah Instan Kayu. Konsep ini merupakan inovasi dari kementerian PUPR. Berbeda dengan rumah kayu biasa, RIKA menggunkaan teknologi laminated vener lumber. Teknologi ini membuat kayu menjadi jauh lebih kuat.

Tips Desain Rumah Tahan Gempa

Pins sudah melihat beberapa inspirasi rumah tahan gempa. Berikut ini tips membuat desain rumah tahan gempa agar Pins bisa menerapkannya pada hunian Pins.

1. Struktur Bangunan dan Fleksibilitasnya

Source : Ilmusipil.com

TIps membuat rumah tahan gempa pertama adalah memastikan struktur bangunan. Hunian wajib memiliki struktur bangunan yang kuat sehingga tidak mudah runtuh ketika terkena guncangan. Selain itu pastikan juga tingkat fleksibilitas hunian sehingga mampu meredam getaran gempa. Sebagai contoh, struktur beton bertulang yang berkualitas ternyata mampu meredam getaran gempa.

2. Penggunaan Bahan Material 

desain rumah tahan gempa
Source : ilmusipil.com

Bahan material rumah diganti dengan material lain yang lebih ringan, antara lain:

  1. Atap menggunakan genteng ringan;
  2. Konstruksi kuda-kuda atap menggunakan baja ringan;
  3. Dinding menggunakan material dinding gypsum;
  4. Pintu dan jendela menggunakan aluminium PVC.

3. Penataan Furnitur dan Aksesori 

desain rumah tahan gempa
Source : Lokadata

Tips membuat rumah tahan gempa terakhir adalah penataan furnitur dan aksesoris pada hunian. Pastikan furnitur dan aksesori tidak ambruk atau berantakan ke mana-mana saat terjadi gempa.

Untuk mengantisipasi hal itu Pins bisa menggunakan sekrup untuk menempelkan lemari, rak, dan sejenisnya ke dinding. Begitu pula dengan benda-benda yang terpasang di atas meja, pastikan dilengkapi sekrup sehingga bisa ditempelkan pada meja.

Untuk laci lengkapi dengan pengunci. Sedangkan benda-benda tergantung semisal lampu gantung, kipas, dan chandelier pastikan ditancapkan pada struktur bangunan yang benar-benar kuat.

Untuk menghindari hamburan pecahan kaca, pastikan kaca jendela maupun pintu atau yang sejenisnya telah dilengkapi dengan safety film.

Itulah 10 inspirasi dan 3 tips desain rumah tahan gempa yang bisa Pins jadikan referensi untuk hunian Pins. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Penting! Inilah Bagian Struktur Rumah yang Harus Kuat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download