Pinhome

Tips Properti

Desain Rumah Tahan Gempa

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Indonesia sebagai salah satu negara yang saat ini divonis sebagai daerah rawan gempa memang perlu mempertimbangkan konsep bangunan rumah tahan gempa, terutama untuk mereka yang berada di kawasan lempengan yang rawan terkena gempa. Jepang sebagai salah satu negara dengan tingkat intensitas gempa yang cukup tinggi, telah banyak memperkenalkan aneka model rumah tahan gempa yang aman untuk digunakan di daerah rawan gempa.

Musibah gempa bumi biasanya dibarengi dengan musibah tsunami yang datang tanpa diduga. Uniknya, Jepang juga telah memperkenalkan model desai rumah tahan gempa plus banjir yang dikemas menjadi satu. Model rumah tahan gempa memang perlu menjadi acuan saat Anda ingin membangun rumah di kawasan yang rawan gempa.

membangun rumah tinggal

Berikut ini beberapa contoh model rumah tahan gampa yang bisa Anda coba untuk menjaga keamanan Anda dan keluarga dari musibah gempa bumi:

1. Rumah bambu

Jangan sepelekan rumah bambu. Rumah bambu dipercaya sebagai salah satu model rumah tahan gempa yang akan mengurangi resiko kecelakaan pemiliknya apabila terjadi gempa. Bentuk dan ukuran bambu yang ringan menyebabkan rumah ini cukup tahan dengan guncangan kuat gempa. Pada saat terjadi bencana gempa bumi di Jogjakarta, salah satu jenis rumah yang tetap aman adalah rumah-rumah bambu.

2. Model rumah bola

Model rumah tahan gempa selanjutnya adalah model rumah bola. Model rumah ini diperkenalkan oleh para arsitek Jepang yang sudah cukup berpengalaman menghadapi musibah gempa. Rumah bola tak hanya dirancang sebagai rumah tahan gempa, namun juga sekaligus rumah tahan banjir, sebab apabila terkena air, rumah ini akan mengapung di air. Rumah bola ini dirancang berdasarkan hukum Bernauli. Posisi dinding pada desain rumah model bola dirancang dengan bentuk 32 sisi. Karakter khas yang mencirikan desain ini terletak pada sistem pondasinya. Struktur pondasi desain rumah ini  memakai struktur pondasi bebas. Gayanya merata ke-32 sisi dinding, hal ini menyebabkan desain rumah tersebut mempunyai kekuatan yang merata. Tertarik dengan model rumah tahan gempa? Silahkan mencobanya.

Tags :

Bagikan Artikel