BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Rekomendasi Desain Rumah di Tanah Berundak
0
0

10 Rekomendasi Desain Rumah di Tanah Berundak

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 16, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tanah berundak atau diartikan pula sebagai kondisi lahan yang tidak rata, banyak ditemui pada beberapa wilayah di Indonesia. Biasanya berada di daerah pegunungan. Tanah jenis satu ini juga dibuat dalam rangka mencegah terjadinya longsor. Namun Pins tidak perlu khawatir, penerapan desain rumah di tanah berundak bisa tetap terlihat menarik dan aman. Walaupun rumah dibangun di atas tanah yang berundak, tetap dapat dibangun semaksimal mungkin. Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Kamu dapat menemukan rumah mewah dan modern yang siap huni di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain di link tersebut, kamu juga dapat menemukan rumah mewan dan modern terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca Juga: Apa Itu Mafia Tanah Dan Bagaimana Cara Menghindarinya

Rekomendasi Desain Rumah di Tanah Berundak

Ciri khas rumah yang dibangun pada tanah berundak memiliki penampilan yang unik dan tidak biasa. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai ciri unik yang membuat rumah milik kamu semakin menarik. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan lahan dengan semaksimal mungkin.

Apa saja rekomendasi desain rumah di tanah berundak? Pinhome akan berikan ulasan menariknya yang pastinya dapat membuat hunian semakin nyaman dan tentunya modern. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Desain Rumah di Tanah Berundak dengan Taman Luas

Source : Designrulz

Siapa yang tidak menyukai memiliki rumah dengan halaman yang luas? Rumah dengan halaman yang luas mampu membangun suasana rumah kian nyaman. Apalagi bila halaman tersebut ditumbuhi oleh tanaman-tanaman yang cantik dan asri.

Hal ini bisa kamu terapkan pada desain rumah yang terletak di tanah miring ataupun tidak rata. Bagian halaman yang ditempatkan pada area depan maupun belakang rumah tetap akan terlihat cantik.

Ruang tempat bermain anak-anak pun juga bisa dibuat bersamaan dengan area taman. Anak-anak dapat eksplorasi dengan alam dan berinteraksi dengan hewan-hewan di sekitarnya. Kamu tidak akan menemukan kendala lahan sempit ataupun keterbatasan ruang karena terbatasnya lahan.

Baca juga: Suka Dengan Desain Rumah Sederhana di Korea? Berikut 10 Rekomendasinya

2. Penerapan Desain Modern yang Artistik

Source : Homeworlddesign

Desain modern kekinian pun bisa pula menjadi ide dasar dalam hunian di tanah berundak. Kamu bisa membuat model overlapping dengan tampilan artistik. Dijamin rumah kamu instagramable dan sangat menarik perhatian. Bangunan dibuat dengan bentuk yang simpel namun ditata secara vertikal dengan cara yang tidak biasa. 

Lihat contoh penerapannya pada hunian di atas. Penghuni menggunakan warna putih pada bagian bangunan yang didesain secara simpel tanpa pencampuran warna lainnya. Tampilannya minimalis namun sekaligus menjadi kandidat rumah modern impian bukan, Pins?

3. Perpaduan Desain Rumah Panggung dan Modern

Source : Lifeandhomemag

Rumah panggung tradisional di desain dengan fungsi menghalau dari hal-hal berbahaya, salah satunya hewan liar. Hal ini bisa kamu terapkan pula pada desain hunian di tanah yang tidak teratur. Rumah panggung yang kamu padukan dengan nuansa modern mampu membuat rumah terasa nyaman sekaligus unik. 

Tiang-tiang yang dipasang pada penopang hunian dibuat simetris dengan jumlah menyesuaikan dengan struktur bangunan. Kamu bisa mengalihfungsikan bagian bawah hunian dengan teras yang nyaman maupun dibiarkan tanpa ruangan.  Dengan penerapan ide dasar seperti ini, kamu pun dapat membuat rumah datar layaknya bangunan hunian pada umumnya.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Rumah Hook 2 Muka yang Menarik dan Unik!

4. Desain Rumah di Tanah Berundak dengan Basement

desain rumah di tanah berundak
Source : SALA Architect

Keuntungan mempunyai rumah pada lahan berundak adalah kamu dapat menerapkan desain rumah split level. Rumah tersebut terdiri dari beberapa level bangunan yang dibuat menarik dan tentunya fungsional. Baik penempatan basement pada bagian muka rumah, hingga penempatan ruang keluarga pada bagian level terendah membuat rumah terasa nyaman.

Bagian interior di dalamnya pun akan berbeda dengan rumah pada umumnya. Kamu akan menemukan beberapa anak tangga yang diletakan pada bagian-bagian tertentu dalam hunian. Fungsinya mempermudah penghuni untuk mengakses ruangan tersebut.

5. Lift Fungsional Pada Rumah Tanah Berundak

desain rumah di tanah berundak
Source : IndiaTVnews

Memiliki rumah dengan adanya lift bukan lagi menjadi impian. Lift tersebut dapat dibuat fungsional untuk membantu memudahkan penghuni keluar dan masuk rumah. Rumah akan dibuat layaknya rumah pohon yang menyimpan ruang utama pada bagian atas rumah. Baik dalam tanah miring yang ekstrem ide penerapan desain rumah satu ini, masih aman untuk dilakukan. 

Kamu hanya perlu membagi beberapa ruangan pada tingkatan yang berbeda dan tentunya tidak umum. Kamu akan menemukan dapur pada bagian rooftop, ataupun ruang keluarga yang ditempatkan pada bagian mezzanine. Semakin rumit desainnya, justru akan semakin menarik.

Baca Juga: 5 Jenis Dan Ukuran Lift Yang Perlu Diketahui

6. Tampilan Menggantung yang Unik

desain rumah di tanah berundak
Source : Hepnerhomes

Tampilan unik memang menjadi ciri khas nyata desain rumah di tanah berundak. Kamu pun bisa membuat tampilan layaknya rumah yang digantung namun tetap dengan keamanan ekstra. Contohnya pada hunian di atas, teras rumah yang dibuat terpisah, bisa menjadi tempat untuk bersantai.

Penopang dibuat dengan menggunakan besi baja kuat yang pastinya mampu menopang ruangan dan membuat tampilannya tetap modern. Hal ini dapat menambah nilai tambah pada area sekitar rumah yang dibuat lebih luas. Salah satunya adalah halaman rumah.

7. Rumah Berbentuk Kubus

Source : StudioHertweck

Desain rumah di tanah berundak selanjutnya adalah rumah yang dikonstruksikan seperti kubus. Rumah ini memiliki 3 lantai dengan lantai paling bawah atau basement merupakan garasinya. Kamu perlu menaiki tangga terlebih dahulu untuk sampai ke ruang tamu utamanya.

Rumah ini mengusung atap datar yang seluruh atap hingga fasadnya diberi warna putih.

8. Rumah Kayu Berpenopang Besi

Source : ArchiCapital

Berikut ini desain rumah di tanah berundak memiliki konsep seperti rumah panggung pada bagian depannya. Besi digunakan untuk menopang balkon yang terhubung ke dalam rumah. Rumah satu ini menggunakan kayu sebagai bahan dasar pembuatan rumahnya.

Pada bagian pintu masuk dipenuhi dengan kaca yang memudahkan pencahayaan untuk menerangi isi rumah. Atap rumah yang digunakan adalah atap limas.

Perlu Pins ketahui, terkadang lahan yang dijual pada tanah berundak memiliki harga yang lebih murah dengan luas bangunan yang tidak sedikit. Hal ini dapat mengubah konsep hunian yang menarik pada lahan yang nyaman.

9. Rumah Berundak Berkonsep Terbuka

Source : ArchDaily

Desain rumah di tanah berundak kesembilan yang bisa menjadi referensi kamu adalah rumah berundak berkonsep terbuka. Rumah ini didesain sangat mewah sekali, dengan puluhan anak tangga untuk mencapai pintu masuk utamanya.

Rumah ini menggunakan atap datar yang didesain minimalis untuk meningkatkan masuknya cahaya ke dalam rumah. Di bagian depan rumah terdapat tanaman-tanaman yang akan mempercantik taman rumah kamu.

10. Rumah Berundak Minimalis Bergarasi

Source : Maison

Desain rumah di tanah berundak yang terakhir adalah rumah berundak minimalis dengan garasi. Konsep rumahnya memiliki letak ruang utama atau ruang tamu di lantai atas. Diikuti dengan letak kamar di lantai 2. Rumah ini memiliki kolam renang yang didesain sejajar dengan lantai utama.

Pada bagian bawah terdapat garasi untuk menyimpan kendaraan.

Tentunya desain rumah di tanah berundak memerlukan perhitungan yang tepat dan benar. Usahakan pula untuk menyerahkan pembangunan kepada arsitek dan kontraktor yang telah berpengalaman. Hal ini untuk meminimalisir adanya tanah longsor maupun bangunan yang tidak kokoh. Selamat mencoba, Pins!

Baca Juga:

Feature Source Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download