Pinhome

6 Rekomendasi Desain Rumah di Tanah Berundak

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 18 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Tanah berundak atau diartikan pula sebagai kondisi lahan yang tidak rata, banyak ditemui pada beberapa wilayah di Indonesia. Biasanya berada di daerah pegunungan. Tanah jenis satu ini juga dibuat dalam rangka mencegah terjadinya longsor. Namun Pins tidak perlu khawatir, penerapan desain rumah di tanah berundak bisa tetap terlihat menarik dan aman.

Ciri khas rumah yang dibangun pada tanah berundak memiliki penampilan yang unik dan tidak biasa. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai ciri unik yang membuat rumah milik kamu semakin menarik. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan lahan dengan semaksimal mungkin.

Baca Juga: Apa Itu Mafia Tanah Dan Bagaimana Cara Menghindarinya

Rekomendasi Desain Rumah di Tanah Berundak

Apa saja rekomendasi desain rumah di tanah berundak? Pinhome akan berikan ulasan menariknya yang pastinya dapat membuat hunian semakin nyaman dan tentunya modern. Simak langsung yuk!

Desain Rumah di Tanah Berundak dengan Taman Luas

(Designrulz)

Siapa yang tidak menyukai memiliki rumah dengan halaman yang luas? Rumah dengan halaman yang luas mampu membangun suasana rumah kian nyaman. Apalagi bila halaman tersebut ditumbuhi oleh tanaman-tanaman yang cantik dan asri. Hal ini bisa kamu terapkan pada desain rumah yang terletak di tanah miring ataupun tidak rata. Bagian halaman yang ditempatkan pada area depan maupun belakang rumah tetap akan terlihat cantik.

Ruang tempat bermain anak-anak pun juga bisa dibuat bersamaan dengan area taman. Anak-anak dapat eksplorasi dengan alam dan berinteraksi dengan hewan-hewan di sekitarnya. Kamu tidak akan menemukan kendala lahan sempit ataupun keterbatasan ruang karena terbatasnya lahan.

Penerapan Desain Modern yang Artistik

(Homeworlddesign)

Desain modern kekinian pun bisa pula menjadi ide dasar dalam hunian di tanah berundak. Kamu bisa membuat model overlapping dengan tampilan artistik. Dijamin rumah kamu instagramable dan sangat menarik perhatian. Bangunan dibuat dengan bentuk yang simpel namun ditata secara vertikal dengan cara yang tidak biasa. 

Lihat contoh penerapannya pada hunian di atas. Penghuni menggunakan warna putih pada bagian bangunan yang didesain secara simpel tanpa pencampuran warna lainnya. Tampilannya minimalis namun sekaligus menjadi kandidat hunian modern impian bukan, Pins?

Perpaduan Desain Rumah Panggung dan Modern

(Lifeandhomemag)

Rumah panggung tradisional di desain dengan fungsi menghalau dari hal-hal berbahaya, salah satunya hewan liar. Hal ini bisa kamu terapkan pula pada desain hunian di tanah yang tidak teratur. Rumah panggung yang kamu padukan dengan nuansa modern mampu membuat rumah terasa nyaman sekaligus unik. 

Tiang-tiang yang dipasang pada penopang hunian dibuat simetris dengan jumlah menyesuaikan dengan struktur bangunan. Kamu bisa mengalihfungsikan bagian bawah hunian dengan teras yang nyaman maupun dibiarkan tanpa ruangan.  Dengan penerapan ide dasar seperti ini, kamu pun dapat membuat rumah datar layaknya bangunan hunian pada umumnya.

Desain Rumah di Tanah Berundak dengan Basement

desain rumah di tanah berundak
(SALA Architect)

Keuntungan mempunyai rumah pada lahan berundak adalah kamu dapat menerapkan desain rumah split level. Rumah tersebut terdiri dari beberapa level bangunan yang dibuat menarik dan tentunya fungsional. Baik penempatan basement pada bagian muka rumah, hingga penempatan ruang keluarga pada bagian level terendah membuat rumah terasa nyaman.

Bagian interior di dalamnya pun akan berbeda dengan rumah pada umumnya. Kamu akan menemukan beberapa anak tangga yang diletakan pada bagian-bagian tertentu dalam hunian. Fungsinya mempermudah penghuni untuk mengakses ruangan tersebut.

Lift Fungsional Pada Rumah Tanah Berundak

desain rumah di tanah berundak
(IndiaTVnews)

Memiliki rumah dengan adanya lift bukan lagi menjadi impian. Lift tersebut dapat dibuat fungsional untuk membantu memudahkan penghuni keluar dan masuk rumah. Rumah akan dibuat layaknya rumah pohon yang menyimpan ruang utama pada bagian atas rumah. Baik dalam tanah miring yang ekstrem ide penerapan desain rumah satu ini, masih aman untuk dilakukan. 

Kamu hanya perlu membagi beberapa ruangan pada tingkatan yang berbeda dan tentunya tidak umum. Kamu akan menemukan dapur pada bagian rooftop, ataupun ruang keluarga yang ditempatkan pada bagian mezzanine. Semakin rumit desainnya, justru akan semakin menarik.

Baca Juga: 5 Jenis Dan Ukuran Lift Yang Perlu Diketahui

Tampilan Menggantung yang Unik

desain rumah di tanah berundak
(hepnerhomes)

Tampilan unik memang menjadi ciri khas nyata desain rumah di tanah berundak. Kamu pun bisa membuat tampilan layaknya rumah yang digantung namun tetap dengan keamanan ekstra. Contohnya pada hunian di atas, teras rumah yang dibuat terpisah, bisa menjadi tempat untuk bersantai. Penopang dibuat dengan menggunakan besi baja kuat yang pastinya mampu menopang ruangan dan membuat tampilannya tetap modern.

Hal ini dapat menambah nilai tambah pada area sekitar rumah yang dibuat lebih luas. Salah satunya adalah halaman rumah. Perlu Pins ketahui, terkadang lahan yang dijual pada tanah berundak memiliki harga yang lebih murah dengan luas bangunan yang tidak sedikit. Hal ini dapat mengubah konsep hunian yang menarik pada lahan yang nyaman.

Tentunya desain rumah di tanah berundak memerlukan perhitungan yang tepat dan benar. Usahakan pula untuk menyerahkan pembangunan kepada arsitek dan kontraktor yang telah berpengalaman. Hal ini untuk meminimalisir adanya tanah longsor maupun bangunan yang tidak kokoh. Selamat mencoba, Pins!

Baca Juga : 9 Contoh Konstruksi Atap Miring Satu Sisi Yang Benar Dan Menarik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia