BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Desain Balkon Kamar Tidur dan Tips Mendesainnya
0
0

Inspirasi Desain Balkon Kamar Tidur dan Tips Mendesainnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain balkon kamar tidur semakin digemari sebagai ruang bersantai. Balkon sendiri merupakan bagian tambahan rumah yang menonjol dari permukaan rumah lainnya. 

Hal ini menyebabkan balkon terlihat melayang karena menempel pada dinding. Pembangunannya terletak di lantai yang lebih tinggi daripada lantai dasar.

Fungsi Balkon Kamar Tidur

Desain balkon kamar tidur di rumah susun
Source : Freepik

Desain balkon kamar tidur memiliki banyak manfaat bagi hunian itu sendiri. Tidak hanya sebagai ruang bersantai saja namun memberikan manfaat kesehatan dan menghemat energi. Adapun fungsi lainnya bisa Pins simak sebagai berikut:

Meningkatkan Pencahayaan

Selain menggunakan jendela, balkon dapat meningkatkan intensitas cahaya masuk ke dalam kamar tidur. Semakin besar balkon maka intensitas cahaya semakin banyak masuk ke kamar tidur.

Cahaya matahari mampu menghemat energi listrik. Kamar tidur tidak terlihat gelap serta menjaga kesegaran di dalam kamar tidur.

Memberikan Efek Teduh

Desain balkon kamar tidur dibangun dengan mengarah keluar yang berdampak sisa ruang atap untuk lantai di bawahnya. Area ini banyak pula dijadikan atap garasi mobil karena menjadi atap tambahan untuk lantai bawah. Balkon memberikan efek teduh maksimal khususnya untuk lantai di bawahnya. 

Mempercantik Fasad

Ternyata pembangunan desain balkon kamar tidur tak jarang sebagai kebutuhan estetika. Fasad hunian terlihat lebih menarik dari luar. Coba bandingkan dengan rumah tanpa balkon akan terasa polos.

Selain itu dinding rumah jadi lebih hidup seperti terlihat 3D dan nyata. Tampilan rumah terlihat dinamis dan unik. Apalagi jika balkon memiliki interior yang selaras dengan tema hunian.

Memperluas Jarak Pandang

Lokasi balkon berada di lantai atas yang membuat ruangan tambahan di kamar tidur. Jarak pandang dari balkon lebih luas jika dibandingkan dengan jendela saja. 

Pembangunan balkon tak akan rugi jika lokasi hunian berada di area yang memiliki pemandangan bagus. Misalnya saja area perbukitan, dekat dengan pantai hingga pegunungan.

Pembatas dan Penanda Hunian

Balkon menjadi pembatas antara lantai atas dengan lantai bawah. Levelnya terlihat jelas karena dipertegas dengan balkon. Selain itu balkon mampu menegaskan skala bangunan serta arah hadap hunian.

Adanya balkon membuat kamar tidur terlihat lebih luas. Ruangan terasa lapang dan bangunan terkesan semakin besar. Balkon bisa pula menjadi penanda hunian karena bentuknya menonjol.

Tampilan rumah terlihat berbeda dibandingkan hunian lainnya. Pemilihan warna balkon juga membuatnya tampak stylist. Pins dapat pula meletakan furnitur maupun dekorasi yang menonjol di area ini.

Tempat Berjemur dan Berkebun

Selain menjadi ruang bersantai, balkon sering berfungsi untuk menjemur pakaian. Area ini cukup banyak mendapatkan cahaya matahari sehingga sangat pas untuk tempat menjemur pakaian.

Selain itu balkon bisa Pins fungsikan untuk area berkebun. Tempatkan tanaman gantung maupun pot bunga di sini. Area ini dapat menjadi tempat bermain sikecil yang asri dan menarik.

Baca juga:

Tips Desain Balkon Kamar Tidur

wanita melihat Desain balkon kamar tidur
Source : Freepik

Desain kamar tidur dengan balkon semakin terasa menyenangkan dengan tata letak yang tepat. Pemilihan furnitur dan dekorasi mempengaruhi interior kamar sekaligus balkon.

Bagi Pins yang masih pemula dalam desain balkon dapat menyimak tips ini:

Maksimalkan Dinding

Maksimalkan dinding sebagai letak balkon kamar. Ukuran balkon umumnya mungil dengan luas ideal 2×3 meter. Balkon memiliki railing dengan ketinggian sekitar 110 cm. Gunakan bahan railing yang kokoh dan kuat seperti metal. 

Pilih Furnitur Lipat

Ukurannya yang mungil sebaiknya diisi dengan furnitur lipat. Misalnya saja meja dan kursi lipat. Jika ingin bersantai di area balkon tinggal memasang meja dan kursi.

Setelah tidak digunakan furnitur dapat dilipat kembali. Perabotan seperti ini bisa menghemat ruangan. Selain itu Pins mudah untuk membersihkan balkon khususnya area lantai.

Perhatikan Material Lantai

Pilih lantai dengan corak unik untuk menegaskan area balkon dan kamar. Pins bisa memakai permukaan matte yang tidak licin serta tahan air. Material seperti lantai kayu, tegel maupun keramik dengan finishing matte sangat direkomendasikan.

Tambahkan Tirai Anti Tembus Pandang

Bagian balkon sebaiknya memakai string light atau tumblr sebagai sumber pencahayaan. Lampu dalam kamar tidur dengan balkon dibuat berbeda. Meskipun balkon merupakan ruang terbuka namun tetap harus menjaga privasi kamar tidur.

Tambahkan tirai anti tembus pandang pada pintu masuk balkon. Gunanya untuk mengatur visibilitas sehingga disesuaikan dengan kebutuhan.

Padukan dengan Unsur Liburan

Ciptakan nuansa balkon kamar tidur yang menyenangkan dengan memasukan unsur liburan. Misalnya saja menambahkan dekorasi bernuansa pantai ataupun wewangian. Pasang karpet sebagai alas kaki dengan warna hangat seperti coklat.

Baca juga:

Inspirasi Desain Balkon Kamar Tidur

Berikut beberapa inspirasi balkon kamar tidur yang bisa Pins tiru. Area santai tetap menarik meskipun ukuran balkon cenderung kecil.

Balkon dengan Sofa

Source : Pexels

Jika ukuran balkon lumayan luas dan memanjang tambahkan sofa untuk bersantai. Pilih sofa dengan ketinggian yang rendah atau jenis sofa bed. Sofa ini bisa dilipat menjadi kursi atau dialihfungsikan sebagai kasur.

Balkon dengan Kebun

Desain balkon kamar tidur dengan kebun dan meja kursi rotan
Source : Freepik

Selain menambahkan kursi rotan Pins juga dapat meletakan beberapa tanaman. Bagian permukaan railing yang cukup lebar bisa dijadikan tempat tanaman.

Balkon Partisi Kaca

Desain balkon kamar tidur dengan railing kaca
Source : Freepik

Bila ingin memaksimalkan cahaya dan menciptakan ilusi area balkon yang luas gunakan partisi kaca. Secara visual partisi kaca jauh lebih menarik dan mampu menampilkan pemandangan luar secara maksimal.

Balkon dengan Hammock

Desain balkon kamar tidur dengan hammock dan meja kecil
Source : Freepik

Untuk balkon mungil bisa tambahkan hammock untuk susuk santai. Beri meja bundar kecil untuk meletakan makanan saat bersantai di balkon.

Itulah beberapa fungsi dan tips desain balkon kamar tidur. Ukuran balkon yang mungilpun dapat didekorasi dengan furnitur mungil agar lebih menarik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Source Feature Image: Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download