BlogPemilik PropertiDesain HunianPilihan Bahan Partisi Kamar Tidur Minimalis
0
0

Pilihan Bahan Partisi Kamar Tidur Minimalis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 17, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Partisi kamar tidur minimalis tak selalu harus berupa dinding batu bata. Apalagi jika lahannya terbatas tentu dinding malah akan mengesankan ruangan semakin sempit dan sesak. Sekat kamar tidur di bawah ini selain menarik dari segi visual juga ada yang rancangannya bisa dipindah-pindah. Fleksibilitas yang tinggi membuat sekat dapat dijadikan sekat di berbagai ruangan. Simak artikel ini untuk mengetahui pilihan partisi kamar tidur minimalis!

Kamu dapat menemukan rumah mewah dan modern yang siap huni di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain di link tersebut, kamu juga dapat menemukan rumah mewan dan modern terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: 7 Rekomendasi Partisi Teras Depan Rumah

Pilihan Bahan Partisi Kamar Tidur Minimalis

Banyak yang dapat menjadi pilihan ketika kamu ingin membuat penyekat ruangan. Bisa tembok dan bisa juga menggunakan partisi ruangan. Selain penggunaan tembok, partisi menjadi salah satu penyekat yang sering digunakan di rumah karena lebih mudah dipasang dan dipindahkan, serta lebih terlihat mewah.

Partisi berfungsi sebagai pemisah ruangan sama halnya dengan tembok, kamu tetap dapat memiliki privasi walaupun menggunakan partisi ruangan. Selain itu penggunaan partisi akan membuat hunian kamu nampak estetik.

1. Roaster Tanah Liat

Partisi Kamar Tidur Minimalis dari blok roaster
Source : Shutterstock

Blok roster dari beton maupun tanah liat memiliki ketahanan tinggi. Desain partisi yang semi transparan membuat sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik.

Penggunaan partisi kamar tidur minimalis ini sangat cocok untuk kamar tidur yang berkonsep open space dan lebih ramah lingkungan. Roaster tembus pandang sehingga penglihatan antar ruangan bisa terlihat jelas.

Celah dalam blok bisa dijadikan tempat meletakan aksesoris. Apalagi jika memiliki pernak-pernik dekorasi berukuran kecil.

Baca juga: 13 Ide Model Partisi Ruangan dari Besi Hollow

2. Blockboard

Partisi Kamar Tidur Minimalis sekaligus sebagai pintu
Source : PrimeplyIndustries

Blockboard merupakan bahan kayu lunak yang dilapisi dengan veneer kayu. Tekstur pada lapisan luarnya cenderung licin sehingga cocok untuk interior ruangan. Dari bobotnya tidak terlalu berat dan mudah dipindahkan.

Dalam pemasangannya memakai lem khusus atau engsel. Tampilannya yang modern sering pula difungsikan untuk rak, kitchen set maupun meja. Blockboard mampu menjaga privasimu secara maksimal. Tidak ada celah pada praktisi namun ketebalannya tidak setebal dinding. 

Hanya saja dalam pembangunannya jangan sampai terkena genangan air. Umur keawetannya akan berkurang bila berada di ruangan yang lembab.

3. Kaca

partisi kamar tidur minimalis dari kaca
Source : Pexels

Selanjutnya ada pula partisi kamar tidur minimalis yang berasal dari bahan kaca. Kaca ada yang tempered maupun akrilik. Kaca tempered memiliki visual transparan yang jelas sehingga bagian kamar tidur terlihat jelas dari dinding partisi.

Sementara kaca akrilik ada yang bening dan buram. Jika untuk kamar tidur sebaiknya gunakan kaca berwarna maupun buram sehingga melindungi privasi penghuninya.

Pemakaian kaca juga mampu memaksimalkan cahaya matahari. Ruangan terasa lebih luas dan lapang. Partisi kaca mampu dijadikan dekorasi ruangan yang estetik.

Baca juga: 17 Contoh Partisi Dapur dan Ruang Makan Simple

4. Kisi-kisi Kayu

Source : Pexels

Untuk kamar tidur dengan konsep natural bisa pula memakai kisi-kisi kayu. Kayu mampu mengesankan ruangan lebih hangat dan alami. Kayu juga mampu dibentuk dalam berbagai motif.

Model partisi kamar tidur minimalis ini dapat berbentuk papan maupun didesain rak. Desain partisi semi transparan berlubang bisa sebagai tempat pajangan frame foto. Material ini cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya.

5. Lukisan Gantung

wanita melukis untuk digunakan sebagai partisi kamar tidur minimalis
Source : Unsplash

Jika Pins mencari partisi kamar tidur minimalis yang unik dan tak biasa dapat mencoba lukisan gantung.  Pilih lukisan kesayangan untuk dipasang menggantung pada langit platform atau langit rumah.

Padukan dengan tirai untuk meningkatkan privasi ketika ada tamu. Lukisan selain menjadi pembatas berfungsi pula sebagai dekorasi ruangan. 

Pins dapat menampilkan lukisan bertema hewan, tanaman maupun pemandangan. Gunakan bingkai dengan tepi berwarna netral seperti hitam. Perhatikan tingkat ketinggian lukisan dan harus seimbang antara sisi kanan dan kirinya.

Baca juga: 7 Inspirasi Partisi Ruangan Kantor Modern dan Unik

6. Polycarbonate

Partisi kamar tidur minimalis dari polycarbonate
Source : WikimediaCommons

Material polycarbonate selain menjadi bahan atap juga sering dipakai sebagai partisi. Materialnya dikenal lebih kuat dari kaca dengan harga yang jauh lebih murah.

Bentuk polycarbonate adalah lembaran yang mudah diaplikasikan. Permukaannya halus dan bening sangat pas untuk interior modern. Efek tembus pandangnya mampu menciptakan ruangan yang futuristik.

Keunggulan lainnya dari bahan ini adalah tahan akan air. Partisi cocok pula bisa dijadikan sekat untuk kamar mandi.

7. Tali Tambang

Partisi kamar tidur minimalis dari tali tambang
Source : Pinterest

Satu lagi partisi unik dan tak biasa yaitu tali tambang. Dikombinasikan dengan kayu pada bagian langit-langit dan lantai. Tujuannya untuk membuat tali tetap lurus sejajar sebagai sekat.

Pertahankan warna alaminya sehingga ruangan terasa lebih eksentrik. Bagian frame memiliki lubang sebagai tempat tali tersebut. Jarak antara lubang tidak begitu lebar seperti teralis.

Baca juga: 5 Referensi Model Dinding Partisi Gypsum dan Jenisnya

8. Batang Pohon

Partisi kamar tidur minimalis dari batang pohon
Source : Unsplash

Ada pula hunian yang menggunakan batang pohon sebagai partisi. Partisi alam ini dipadukan dengan tanaman gantung. Cocok untuk kamar tidur bertema tropis. Meskipun kelihatannya sederhana namun kesan asri akan kental terasa.

Batang pohon bisa diberdirikan secara vertikal maupun horisontal. Pins juga dapat menyusunnya secara diagonal agar terlihat lebih menarik.

9. Tirai Kain

Source : Pexels

Nah, gorden tidak selalu untuk menutupi jendela karena Pins juga bisa mengfungsikannya sebagai partisi. Tirai kain mudah digonta-ganti sesuai selera dan panjang pendeknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pilihan warna beragam dan memiliki motif yang banyak. Perawatannya sederhana yakni dibersihkan dari debu dengan vacuum cleaner atau dicuci secara rutin.

Baca juga: 10 Contoh Desain Partisi Outdoor yang Mempercantik Rumah

10. Pipa Paralon

Source : unsplash

Potongan paralon bida dibentuk sedemikian rupa sebagai partisi. Untuk paralon yang lebih besar cocok untuk sekat ruangan yang lebih luas. Contohnya saja antara kamar tidur dan toilet.

Sementara pipa paralon berukuran kecil akan membentuk sekat yang lebih rapat. Bahan sekat ini lebih terjangkau namun tetap estetik secara visual.

11. ACP

Source : Unsplash

ACP adalah singkatan untuk Aluminium Composite Panel. Tergolong dalam jenis logam dengan panel datar dan halus. Lapisan intinya terdiri atas dua lembar aluminium.

Model ACP memiliki varian warna alami seperti coklat, abu-abu dan lainnya. Kesan hangat dalam ruangan bisa tercipta dan tidak tampak kaki sebagai dekorasi. Bahannya sangat ringan namun tebal sehingga ketahanannya juga dapat diadu dan tahan lama.

Partisi kamar tidur minimalis ada yang sifatnya permanen maupun temporary. Pilih bahan dan model partisi yang sesuai dengan budget dan seleramu.

Baca juga:

Feature Source Image: Idkos


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download