Pinhome

Tips Properti

3 Cara Membuat Motif Garis Tembok dengan Mudah dan Rapih

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 17 September 2021 ∙ 5 menit membaca

(Pinterest)

Umumnya rumah dicat dengan warna-warna polos meski memiliki beragam warna yang menarik. Hal ini membuat rumah terasa jadi lebih monoton dan membosankan. Bahkan banyak juga orang yang memasangkan dinding rumahnya dengan wallpaper agar lebih menarik dengan berbagai motif dinding. 

Padahal dengan cat dinding saja, kamu bisa membuat dinding rumah menjadi jauh lebih menarik dengan beragam motif yang bisa dibuat secara manual. Mulai dari motif garis, polkadot dan masih banyak motif lainnya yang bisa Pins buat hanya bermodalkan cat dinding dan beberapa cetakan cat. 

Bagi Pins yang ingin membuat dinding rumah lebih menarik, yuk simak 3 cara membuat motif garis tembok dengan mudah dan rapi lewat ulasan di bawah ini!

Kelebihan Menggunakan Motif garis Tembok 

Membuat motif garis dinding ini memang tidak terlalu istimewa, namun caranya yang mudah dan dapat dilakukan sendiri ini tentu dapat menghemat biaya dibandingkan dengan menggunakan wallpaper dinding. Terlebih kamu bisa mengajak anggota keluarga lain seperti anak untuk ikut membantu pembuatan motif ini untuk mengasah kreativitas anak dan mengisi waktu luang bersama dengan keluarga dengan hal yang positif.

 Dengan harga yang murah ini, kamu bisa menghias dinding menjadi lebih unik dan menarik. Tentunya dengan dinding yang lebih menarik juga bisa membuat ruangan-ruangan di rumah tampil lebih hidup dan fresh. Berikut cara mudah cara membuat motif cat dinding garis yang bisa kamu aplikasikan sendiri di rumah dengan mudah dan biaya yang murah.

Baca juga: Memilih Motif Cat Kamar Unik dan Cara Mengecatnya

Motif Garis Pada Dinding dengan Menggunakan Selotip

(Pinterest)

Cara membuat motif garis tembok rumah yang pertama adalah dengan menggunakan selotip. Cara ini adalah salah satu cara yang paling mudah dan hasilnya juga sangat memuaskan. Terlebih jika kamu sudah sangat bosan dengan cat dinding polos yang monoton, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.

Pins hanya membutuhkan meteran, gunting, selotip dan yang pasti cat beserta kuas cat untuk membuat motif garis pada dinding. Namun sebelum kamu membuat motif cat dinding garis ini, pastikan kamu sudah menentukan motif yang ingin dibuat, entah tribal garis-garis dengan beragam warna atau motif garis lainnya. Hal ini supaya mempermudah Pins dalam proses pembuatan motif garis. Jadi kamu tidak perlu memikirkan konsep selagi mengerjakan pembuatan motif garis pada dinding rumah ini.

Jika sudah menentukan bentuk motif yang diinginkan, maka mulailah tempel selotip membentuk motif yang kamu inginkan. Pastikan tembok yang diselotip adalah tembok yang tidak ingin diwarnai atau terkena cat, karena selotip ini nantinya akan dibuka saat cat dinding mengering.

Motif Garis Pada Dinding dengan Alat Suntik

Jika Pins suka dengan hal-hal yang artsy cara membuat motif garis tembok yang satu ini bisa kamu coba! Apa lagi caranya juga sangat mudah diaplikasikan sendiri di rumah. Kamu hanya membutuhkan alat suntik mainan yang bisa diisi dengan cat dinding berwarna-warni sesuai keinginan kamu.

Cara membuat motif cat dinding garis dengan alat ini pun mudah. Setelah mengisinya dengan cat, maka Pins hanya perlu menyuntikkan cat keluar dari alat suntik pada dinding. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya kamu menyuntikkannya dari atas dinding tepat pada batasan antara dinding dengan plafon rumah supaya cat mengalir ke bawah dan membentuk motif garis pada dinding. 

Suntikkan cat hingga garis benar-benar mencapai bagian bawah dinding sehingga garis terbentuk dengan sempurna. Isi alat suntik dengan cat warna lain atau warna yang sama namun dibuatkan jarak sehingga motif terbentuk dengan apik. Jangan lupa untuk mendaki lantai dengan koran atau lap agar cat yang disuntikkan tidak menempel di lantai. Hal ini supaya pekerjaan kamu lebih rapi.

Baca juga: Motif Wallpaper Dinding Kamar Tidur untuk Anak Laki-Laki

Motif Garis Pada Dinding dengan Tali Rami dan Potongan Kayu Bekas

Tali rami dan potongan kayu bekas tentu dua hal yang sangat mudah untuk didapatkan. Dengan menggunakan kedua alat ini Pins bisa membentuk motif cat dinding garis di rumah dengan sangat mudah dan murah lho!

Caranya mudah! Kamu hanya perlu melilitkan tali rami pada potongan kayu bekas yang berukuran 10 x 10 cm dengan satu arah. Pastikan bahwa lilitan tali rami pada potongan kayu telah terikat dengan sangat  kuat sehingga tidak akan lepas pada saat proses pembuatan motif garis tembok. Setelah itu celupkan tali rami yang sudah diikat pada kayu itu ke dalam cat dan tempelkan pada dinding hingga membentuk motif-motif garis yang unik.

Namun sebelumnya, pastikan bahwa dinding sudah dilapisi cat dasar yang akan membuat motif garis dinding akan lebih kontras. Gunakan warna-warna netral sebagai dasar cat dinding seperti putih, krem, coklat atau abu-abu. Sedangkan cat yang digunakan sebagai motif sebaiknya menggunakan warna-warna cerah atau kontras seperti biru muda, putih, merah dan masih banyak lagi.

Itulah 3 cara mudah membuat motif garis tembok yang bisa kamu aplikasikan sendiri dengan mudah di rumah. Semoga dengan informasi di atas membuat kamu lebih berani dalam membuat motif cat dinding garis supaya tampilan dinding rumah menjadi lebih menarik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel