BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Model Jendela Kayu Tanpa Kaca
0
0

7 Model Jendela Kayu Tanpa Kaca

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
model-jendela-kayu-tanpa-kacatop-right-banner

Rumah harus dilengkapi dengan jendela supaya memiliki ventilasi atau jalur masuk dan keluarnya udara. Hal ini sangat penting agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar dan kualitas udara di dalam rumah juga baik. Saat ini banyak sekali berbagai macam model dan desain jendela, mulai dari desain minimalis hingga desain mewah dan elegan telah tersedia di pasaran. Padahal zaman dulu, penggunaan jendela umumnya model jendela kayu tanpa kaca. 

Setelah kamu mengetahui model jendela tanpa kayu, kamu akan menambah wawasan kamu ketika ingin membangun rumah yang nyaman nantinya. Senyaman rumah yang ada di perumahan Mutiara Gading City atau di Bogor Nirwana Residence. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau di rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Hal ini tentu dapat mempermudah udara masuk dan keluar rumah. Jika Pins tertarik ingin memiliki model jendela kayu ini, tenang! Pinhome akan membagikan 7 model jendela kayu tanpa kaca spesial untuk kamu lewat ulasan di bawah ini!

Baca juga:

Model Jendela Kayu Tanpa Kaca

Melangkah lebih jauh dalam eksplorasi desain interior, model jendela kayu tanpa kaca menawarkan sentuhan estetika yang unik dan memikat. Selain menciptakan suasana hangat dengan kehadiran kayu alami, jendela ini juga memberikan privasi maksimal tanpa mengorbankan keindahan visual. Berikut ini 7 model jendela tanpa kaca yang bisa kamu ambil referensi untuk di rumah.

1. Jendela Krepyak

(Pinterest)

Model jendela yang satu ini memang telah digunakan sejak lama. Tentu kamu sudah sangat familiar bukan? Biasanya jendela krepyak ini digunakan pada rumah-rumah yang sudah tua. Jendela ini memiliki tampilan yang mirip dengan shutter blind, hanya saja bagian kayu yang agak terbuka ini tidak bisa dibuka tutup seperti shutter blind pada umumnya. 

Jendela krepyak hanya bisa dibuka tutup secara keseluruhan, mirip seperti pintu rumah. Namun dengan jendela yang satu ini, privasi kamu lebih terjaga, karena orang dari luar tidak bisa melihat langsung bagaimana kondisi bagian dalam rumah.

2. Jendela Gebyok

(Pinterest)

Jika melihat model jendela kayu tanpa kaca yang satu ini, tentu sekilas Pins membayangkan bahwa jendela ini seperti yang digunakan pada rumah-rumah adat jawa. Ya, jendela ini memiliki daya tariknya tersendiri, selain bentuknya yang besar dan elegan, jendela ini disertai dengan ukiran-ukiran yang membuatnya semakin keren dan khas dengan gaya klasik. 

Tidak hanya itu, jendela ini sekilas mirip dengan pintu karena memiliki hiasan pada bagian atas yang mirip dengan mahkota gapura atau gerbang. Pins bisa menggunakan jendela gebyok ini jika rumah berbahan dasar kayu atau menggunakan interior lain yang berbahan kayu agar semakin match dengan jendela kayu yang satu ini.

3. Jalusi

(Pinterest)

Jendela yang satu ini memang agak mirip dengan jendela krepyak. Model jendela kayu tanpa kaca ini memiliki kisi-kisi yang disusun secara horizontal. Kisi-kisi ini memiliki jarak sehingga terdapat bagian terbuka antar kisi-kisi. Hal ini memungkinkan udara masuk dan keluar, sehingga sirkulasi udara di dalam rumah berjalan lebih lancar. 

Jalusi ini tidak hanya diterapkan sebagai jendela, melainkan juga sebagai pintu rumah dan pintu lemari. Dengan jalusi, rumah terasa lebih sejuk karena udara yang bisa keluar dan masuk lebih mudah. Tidak heran jalusi dipakai di rumah-rumah pada daerah yang cenderung beriklim panas.

4. Jendela Panel Kayu

(Pinterest)

Jika pada rumah-rumah modern kamu sering melihat jendela yang terbuat dari panel kaca, namun ternyata juga ada lho jendela yang terbuat dari panel kayu. Jendela ini memiliki dua panel kayu yang bisa dibuka seperti pintu. Umumnya jendela ini dibuka dengan arah didorong keluar rumah. 

Dengan jendela ini, seluruh bagian dalam rumah tidak dapat terlihat dari luar, sehingga privasi rumah lebih terjaga. Selain itu, bagi Kamu yang menggunakan AC juga lebih nyaman menggunakan jendela yang satu ini karena mampu menutupi keseluruhan lubang jendela.

Baca juga: 12 Model Jendela Rumah Bagian Depan Minimalis

5. Jendela Bali

(Pinterest)

Jendela kayu yang satu ini sangat mirip dengan jendela gebyok karena pada bagian jendela terdapat ukiran-ukiran khas Bali dan di bagian atas jendela dibuat ukiran yang mirip dengan mahkota jendela. Warna coklat kayu yang khas serta ukiran-ukiran cantik pada jendela membuat jendela ini sangat diminati di pasaran, terutama para pecinta pulau Bali. 

Umumnya jendela ini tidak menggunakan kaca pada bagian tengah atau sengaja dibiarkan terbuka. Jendela yang satu ini sangat mudah kamu temukan jika berkunjung ke Pulau Dewata, khususnya pada rumah-rumah adat di Bali.

Baca juga:

6. Jendela Kayu Ala Thailand

(Pinterest)

Jendela kayu ala Thailand ini memiliki dua daun pintu jendela yang masing-masing memiliki ukiran khas Thailand. Ukiran-ukiran ini dapat berbentuk dari bunga ataupun ukiran lain. Jendela kayu ini memiliki ukuran sedang dengan berbagai warna, mulai dari warna kayu asli dan beberapa warna lainnya. Warna-warna khas kuil di Thailand juga sering digunakan sebagai warna jendela seperti merah dan emas.

Baca juga: Teralis Jendela Minimalis Untuk Pelindung Rumah Anda

7. Jendela Kayu Kolonial

(Pinterest)

Jendela ini terdiri dari dua pintu jendela yang berukuran sedang. Sama seperti pintu, jendela ini dibuka dengan cara didorong ke arah luar rumah. Umumnya jendela ini tidak memiliki ukiran tertentu, melainkan hanya bermain pada warna seperti putih, coklat atau warna-warna lainnya. Jendela ini juga memiliki handle pintu pada bagian tengahnya yang memudahkan penghuni rumah dalam menutup dan membuka jendela. 

Jadi Pins tidak perlu khawatir jika akan menggunakan model jendela kayu tanpa kaca yang satu ini, karena penggunaannya cukup mudah. Jendela yang satu ini juga masih banyak digunakan pada bangunan-bangunan Belanda atau bangunan bergaya klasik kolonial di Indonesia.

Itulah informasi mengenai model jendela kayu tanpa kaca yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam menentukan model jendela di rumah. Semoga dengan ulasan di atas, kamu lebih mudah dalam memilih jendela kayu yang tepat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download