7 Model Jendela Kayu Tanpa Kaca

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

7 Model Jendela Kayu Tanpa Kaca

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 10 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Rumah harus dilengkapi dengan jendela supaya memiliki ventilasi atau jalur masuk dan keluarnya udara. Hal ini sangat penting agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar dan kualitas udara di dalam rumah juga baik. Saat ini banyak sekali berbagai macam model dan desain jendela, mulai dari desain minimalis hingga desain mewah dan elegan telah tersedia di pasaran. Padahal zaman dulu, penggunaan jendela umumnya model jendela kayu tanpa kaca. 

Pinhome – Hal ini tentu dapat mempermudah udara masuk dan keluar rumah. Jika Pins tertarik ingin memiliki model jendela kayu ini, tenang! Pinhome akan membagikan 7 model jendela kayu tanpa kaca spesial untuk kamu lewat ulasan di bawah ini!

Jendela Krepyak

(Pinterest)

Model jendela yang satu ini memang telah digunakan sejak lama. Tentu kamu sudah sangat familiar bukan? Biasanya jendela krepyak ini digunakan pada rumah-rumah yang sudah tua. Jendela ini memiliki tampilan yang mirip dengan shutter blind, hanya saja bagian kayu yang agak terbuka ini tidak bisa dibuka tutup seperti shutter blind pada umumnya. 

Jendela krepyak hanya bisa dibuka tutup secara keseluruhan, mirip seperti pintu rumah. Namun dengan jendela yang satu ini, privasi kamu lebih terjaga, karena orang dari luar tidak bisa melihat langsung bagaimana kondisi bagian dalam rumah.

Jendela Gebyok

(Pinterest)

Jika melihat model jendela kayu tanpa kaca yang satu ini, tentu sekilas Pins membayangkan bahwa jendela ini seperti yang digunakan pada rumah-rumah adat jawa. Ya, jendela ini memiliki daya tariknya tersendiri, selain bentuknya yang besar dan elegan, jendela ini disertai dengan ukiran-ukiran yang membuatnya semakin keren dan khas dengan gaya klasik. 

Tidak hanya itu, jendela ini sekilas mirip dengan pintu karena memiliki hiasan pada bagian atas yang mirip dengan mahkota gapura atau gerbang. Pins bisa menggunakan jendela gebyok ini jika rumah berbahan dasar kayu atau menggunakan interior lain yang berbahan kayu agar semakin match dengan jendela kayu yang satu ini.

Jalusi

(Pinterest)

Jendela yang satu ini memang agak mirip dengan jendela krepyak. Model jendela kayu tanpa kaca ini memiliki kisi-kisi yang disusun secara horizontal. Kisi-kisi ini memiliki jarak sehingga terdapat bagian terbuka antar kisi-kisi. Hal ini memungkinkan udara masuk dan keluar, sehingga sirkulasi udara di dalam rumah berjalan lebih lancar. 

Jalusi ini tidak hanya diterapkan sebagai jendela, melainkan juga sebagai pintu rumah dan pintu lemari. Dengan jalusi, rumah terasa lebih sejuk karena udara yang bisa keluar dan masuk lebih mudah. Tidak heran jalusi dipakai di rumah-rumah pada daerah yang cenderung beriklim panas.

Jendela Panel Kayu

(Pinterest)

Jika pada rumah-rumah modern kita sering melihat jendela yang terbuat dari panel kaca, namun ternyata juga ada lho jendela yang terbuat dari panel kayu. Jendela ini memiliki dua panel kayu yang bisa dibuka seperti pintu. Umumnya jendela ini dibuka dengan arah didorong ke luar rumah. 

Dengan jendela ini, seluruh bagian dalam rumah tidak dapat terlihat dari luar, sehingga privasi rumah lebih terjaga. Selain itu, bagi Anda yang menggunakan AC juga lebih nyaman menggunakan jendela yang satu ini karena mampu menutupi keseluruhan lubang jendela.

Baca juga: 12 Model Jendela Rumah Bagian Depan Minimalis

Jendela Bali

(Pinterest)

Jendela kayu yang satu ini sangat mirip dengan jendela gebyok karena pada bagian jendela terdapat ukiran-ukiran khas Bali dan di bagian atas jendela dibuat ukiran yang mirip dengan mahkota jendela. Warna coklat kayu yang khas serta ukiran-ukiran cantik pada jendela membuat jendela ini sangat diminati di pasaran, terutama para pecinta pulau Bali. 

Umumnya jendela ini tidak menggunakan kaca pada bagian tengah atau sengaja dibiarkan terbuka. Jendela yang satu ini sangat mudah Anda temukan jika berkunjung ke Pulau Dewata, khususnya pada rumah-rumah adat yang masih ada di Bali.

Jendela Kayu Ala Thailand

(Pinterest)

Jendela kayu ala Thailand ini memiliki dua daun pintu jendela yang masing-masing memiliki ukiran khas Thailand. Ukiran-ukiran ini dapat berbentuk dari bunga ataupun ukiran lain. Jendela kayu ini memiliki ukuran sedang dengan berbagai warna, mulai dari warna kayu asli dan beberapa warna lainnya. Warna-warna khas kuil di Thailand juga sering digunakan sebagai warna jendela seperti merah dan emas.

Jendela Kayu Kolonial

(Pinterest)

Jendela ini terdiri dari dua pintu jendela yang berukuran sedang. Sama seperti pintu, jendela ini dibuka dengan cara didorong ke arah luar rumah. Umumnya jendela ini tidak memiliki ukiran tertentu, melainkan hanya bermain pada warna seperti putih, coklat atau warna-warna lainnya. Jendela ini juga memiliki handle pada bagian tengahnya yang memudahkan penghuni rumah dalam menutup dan membuka jendela. 

Jadi Pins tidak perlu khawatir jika akan menggunakan model jendela kayu tanpa kaca yang satu ini, karena penggunaannya cukup mudah. Jendela yang satu ini juga masih banyak digunakan pada bangunan-bangunan Belanda atau bangunan bergaya klasik kolonial di Indonesia.

Baca juga: Teralis Jendela Minimalis Untuk Pelindung Rumah Anda

Itulah informasi mengenai model jendela kayu tanpa kaca yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam menentukan model jendela di rumah. Semoga dengan ulasan di atas, kamu lebih mudah dalam memilih jendela kayu yang tepat. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti. 

Bagikan Artikel