Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Dia Cara Pasang Wallpaper Dinding dengan Mudah dan Cepat!

Lifestyle

Ini Dia Cara Pasang Wallpaper Dinding dengan Mudah dan Cepat!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 11 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Dinding yang cantik tentu akan membuat tampilan rumah juga ikut cantik. Warna-warna menarik pada dinding juga dapat berpengaruh pada suasana rumah lho! Tidak heran banyak orang yang membutuhkan pertimbangan matang dalam menentukan warna dinding. Tidak hanya warna, bahkan banyak orang yang menggunakan wallpaper agar tampilan dinding tampak cantik dengan berbagai warna dan motif yang menarik. Bagaimana cara pasang wallpaper dinding di rumah?

Pinhome – Hanya saja memasang wallpaper ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat beberapa langkah khusus yang perlu kamu lakukan dalam memasang wallpaper. Jadi pemasangan wallpaper ini memang memerlukan konsentrasi dan usaha ekstra agar wallpaper dapat menempel dengan baik dan kuat. Meski begitu, wallpaper tetap dapat kamu tempel secara mandiri di rumah lho! Caranya pun tidak sesulit yang dibayangkan. Nah, bagi Pins yang penasaran bagaimana cara mudah pasang wallpaper, tenang! Yuk simak cara pasang wallpaper dinding pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Intip Yuk 9 Kombinasi Kamar Warna Ungu Pastel Untuk Kamu Para Army

Persiapkan Alat untuk Memasang Wallpaper

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan dalam memasang wallpaper. Siapkan lem, alat pertukangan seperti tangga, alas plastik, cutter, meteran, pensil, penggaris, roller, spons, kuas dan ember. Alat-alat ini nantinya sangat berguna dalam proses pemasangan wallpaper dinding. 

Baca Juga: Inspirasi Kamar Tidur Warna Biru Yang Menenangkan

Ukur Dinding

Ini Dia Cara Pasang Wallpaper Dinding dengan Mudah dan Cepat!
(Pinterest)

Hal kedua yang perlu kamu lakukan dalam memasang wallpaper dinding adalah mengukur dinding yang akan dipasangkan wallpaper. Ukur tinggi dan panjang dinding agar wallpaper yang akan dipasang dapat cukup melapisi dinding.

Baca Juga: Keunggulan Wallpaper Putih Untuk Desain Rumah

Kamu bisa menggunakan meteran dan pensil untuk menkamui ukuran dinding dan wallpaper yang akan dipasangkan. Jika wallpaper berukuran lebih besar dibandingkan tinggi dan luas dinding, usahakan buat tkamu dengan jelas agar saat proses pemotongan lebih mudah dilakukan.

Bersihkan Permukaan Dinding

Jika pengukuran dinding telah selesai, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya dalam proses cara pasang wallpaper dinding. Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan permukaan dinding. Mungkin Pins bertanya-tanya, kenapa dinding harus dibersihkan sebelum dipasangkan wallpaper. Ya, dinding perlu dibersihkan agar tidak ada debu atau kotoran lain yang dapat membuat lem pada wallpaper jadi tidak kuat. Hal ini akan membuat wallpaper cepat terkelupas dan tidak awet. kamu bisa membersihkan dinding dengan kemoceng dan spons busa yang dilap ke dinding. Setelah bersih, diamkan dinding hingga cukup kering. Pada tahap ini, Pins juga sebaiknya mengamati permukaan dinding. Jika ada dinding yang berlubang, usahakan untuk menambal agar nantinya wallpaper dapat merekat dengan kuat pada dinding. kamu juga perlu memperhatikan permukaan dinding yang tidak rata dan segera membenahinya agar dinding menjadi rata dan mudah untuk dipasangkan wallpaper.

Buat Garis Pada Tembok

Ini Dia Cara Pasang Wallpaper Dinding dengan Mudah dan Cepat!
(Pinterest)

Jika kamu telah selesai membersihkan dan memastikan tidak ada lubang atau permukaan yang tidak rata pada dinding, kamu dapat membuat garis pada tembok. Langkah yang stau ini sangat penting dalam proses cara pasang wallpaper dinding lho! Garis-garis ini berfungsi untuk memudahkan kamu dalam memasang wallpaper dinding. Usahakan untuk membuat garis serapi dan selurus mungkin agar saat pemasangan wallpaper kamu tidak kebingungan dengan garis yang kamu buat sendiri. Gunakan pensil dan penggaris untuk memudahkan kamu dalam membuat garis bantu.

Potong dan Beri Lem Pada Permukaan Wallpaper

Ini Dia Cara Pasang Wallpaper Dinding dengan Mudah dan Cepat!
(Pinterest)

Langkah selanjutnya yang perlu Pins lakukan dalam memasang wallpaper dinding adalah dengan memotong wallpaper sesuai dengan panjang dan tinggi dinding. Namun jika wallpaper yang kamu beli telah dipotong-potong dengan panjang dan tinggi yang sesuai, kamu bisa langsung mulai mengoleskan lem pada permukaan sisi belakang wallpaper. Usahakan untuk tidak mengoleskan lem secara berlebihan agar tekstur wallpaper tetap kering dan tidak basah. Setelah lem dioleskan pada permukaan sisi belakang wallpaper, kamu bisa mendiamkannya sebentar sebelum memasang wallpaper pada dinding.

Tempel Wallpaper Pada Dinding

(Pinterest)

Setelah memotong dan memberikan lem pada permukaan belakang wallpaper, Pins bisa melanjutkannya dengan menempel wallpaper pada dinding. Umumnya wallpaper dipasang dari bawah ke atas. Saat menempelkan wallpaper, usahakan bahwa wallpaper yang terpasang sudah pas pada setiap sisi. Jangan sampai wallpaper yang terpasang miring dan kamu baru menyadarinya setelah wallpaper menempel di dinding. Selain itu, usahakan tidak ada gelembung udara dengan menekan wallpaper ke dinding dengan penggaris. Jika sudah tertempel dengan benar dan rapat, kamu bisa menekannya dengan roller agar wallpaper semakin merekat pada dinding.

Lakukan Finishing

(Pinterest)

Langkah terakhir dalam proses cara pasang wallpaper dinding ini adalah dengan melakukan tahap finishing. Amati wallpaper yang telah menempel pada dinding dengan seksama. Pastikan bahwa semuanya telah merekat dengan kuat dan baik. Jika sudah, kamu bisa membersihkan permukaan wallpaper dari sisa lem dengan spons yang agak lembab. Selagi membersihkan permukaan wallpaper, usahakan untuk memastikan bahwa tidak ada gelembung udara yang tertinggal dan pastikan bahwa setiap sudut wallpaper telah menempel dengan baik.

Itulah langkah-langkah bagaimana cara pasang wallpaper dinding mudah yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk melakukan pengukuran dinding dengan tepat, agar pemasangan wallpaper dapat berjalan dengan lebih mudah. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel