Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Agar Terlihat Luas

Pinhome

9 Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Agar Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 15 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Suasana di dalam rumah memang ditentukan dari penggunaan interior yang tepat. Baik dalam segi warna, tata letak ruang, dekorasi di dalamnya hingga material menjadi penentu akan keindahan sebuah hunian. Walaupun hunian dibangun di lahan yang cukup terbatas, kini sudah tidak lagi menjadi kendala. Cara menata dapur kecil memanjang salah satunya. Bisa dimaksimalkan dengan baik bila kamu pintar mengelola interior yang tepat.

Pinhome – Dapur pun kini menjadi salah satu ruang dalam hunian yang memiliki ragam desain modern yang bisa Pins pilih. Beragam desain kitchen set yang sudah beredar di pasaran membuat dapur menjadi tempat yang sedap dipandang. Apalagi untuk para ibu yang sebagian besar kegiatannya berada di area dapur, membuat dapur terlihat indah menjadi hal yang menyenangkan. Nah, intip yuk cara menata dapur kecil memanjang di bawah ini. Dijamin dapur minimalis milik kamu tetap bisa menjadi tempat favorit di rumah.

Baca Juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis Sederhana

Kerapihan Dapur Nomor Satu

(Bocadolobo)

Di dalam tema dan desain dapur manapun sebenarnya hal utama yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kerapihannya. Dapur yang terlihat luas dan lapang juga mempunyai unsur kerapihan tingkat tinggi yang tidak bisa dikesampingkan. Baik dalam bentuk ruang memanjang, leter L, leter U atau luas pun bila dapur kotor dan tidak tertata rapi akan membuat tampilannya tidak sedap dipandang. Maka dari itu, cara menata dapur kecil memanjang dimulai dari menjaganya agar tetap bersih dan rapi.

Pemanfaatan Ruang Penyimpanan Bawah

(Fabelio)

Selanjutnya, untuk menciptakan dapur yang terlihat luas dalam ruang sempit, Pins dapat memanfaatkan ruang penyimpanan bagian bawah sebagai alternatif. Ruang di bawah kompor maupun tempat cuci piring, bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan alat-alat dapur lainnya. Kini tampilan luar dapur akan terlihat lebih minimalis. Pins bisa menggunakan kabinet dengan warna-warna lembut maupun dengan material yang berkilau. Hal ini akan membuat dapur menarik.

Gunakan Warna Cerah Dalam Dapur

(Privy Homes)

Nah, memang ternyata penggunaan rona warna dalam dapur dapat membuat dapur kecil terlihat lebih luas. Cara menata dapur kecil memanjang ini tergolong mudah. Pins hanya perlu menampilkan warna-warna cerah pada dapur, mulai dari kitchen set hingga perabot di dalamnya. Dinding dalam dapur pun jangan diabaikan, kamu bisa menggunakan dinding keramik dengan motif cantik maupun desain aesthetic layaknya seperti batu bata namun terdiri dari warna hitam dan putih seperti pada contoh di atas.

Memanfaatkan Konsep Rak Dinding Terbuka

(Ideal Home)

Namun Pins tidak selamanya rak dinding terbuka menjadi salah satu kendala dalam tampilan dapur. Bila Pins sudah mengatur perabot dengan tepat, tampilan dapur akan tetap menarik walaupun menggunakan desain rak terbuka ataupun rak gantung. Usahakan untuk menatanya dengan baik dan rapi dan tentunya tetap memilah mana perabot dapur yang berfungsi mana yang tidak. Inilah mengapa decluttering pada dapur juga disarankan berkala agar benda yang sudah tidak dipakai lagi bisa disingkirkan. Jangan sampai Pins mengoleksi barang dapur yang tidak ada manfaatnya.

Pemakaian Kabinet Geser Pada Dapur

cara menata dapur kecil memanjang
(Hafele)

Kabinet pada dapur selanjutnya. Cobalah untuk membuatnya dengan desain minimalis yang tidak memakan banyak tempat. Salah satunya dengan cara mengadaptasi desain kabinet geser atau rolling pada dapur. Hal tersebut tentu akan menghemat cukup banyak tempat saat kamu dan keluarga tidak sengaja berada disana dalam waktu yang bersamaan. Cara menata dapur kecil memanjang ini menjadi sangat efektif, karena tidak akan mengganggu penghuni yang sedang berlalu lalang di dalam dapur.

Ventilasi Udara Pada Dapur

cara menata dapur kecil memanjang
(Fabuwood)

Unsur lainnya yang tak kalah penting berada dalam dapur adalah ventilasi udara. Namun, dalam dapur dengan ruang yang sempit atau terbatas, Pins bisa menyiasatinya dengan penggunaan jendela ruang yang tergolong besar. Selain dapat membuat sirkulasi perputaran udara pada dapur lebih baik, dapur kecilmu akan jauh terlihat lebih luas dan cerah. Inilah mengapa dapur yang cenderung tidak memiliki ventilasi apalagi ditambah dengan warna yang gelap pada perabot tidak disarankan.

Lantai Kayu Penambah Kehangatan

cara menata dapur kecil memanjang
(Life Core Flooring)

Cara menata dapur kecil memanjang selanjutnya adalah dengan pemakaian lantai parket di dalamnya. Dapur dengan lantai kayu maupun keramik dengan motif kayu akan membuat dapur lebih hangat dan tentunya menarik. Tampilan dapur memanjang milik kamu akan tetap terlihat luas. Apalagi bila warna kayu yang diambil berwarna cerah dan dipadukan dengan warna putih pada kitchen set, hasilnya bisa Pins lihat sendiri penampakannya. Menarik sekali bukan?

Penggunaan Kitchen Set Satu Baris

cara menata dapur kecil memanjang
(Ruparupa)

Nah, dalam desain dapur kecil yang cenderung memanjang, space ruang kosong menjadi hal yang berarti. Inilah mengapa penggunaan dapur minimalis yang digunakan dalam satu baris menjadi bermakna. Coba hindari pemakaian dapur face to face atau berhadapan dengan kitchen set lainnya. Miliki dapur hanya sebatas fungsi utamanya saja, maka dapur memanjangmu akan jauh terlihat lebih luas dan lapang. Hal ini pula akan mendorong kamu untuk memanfaatkan area dapur beserta perabotnya dengan maksimal.

Minim Penggunaan Dekorasi

cara menata dapur kecil memanjang
(Homes and Gardens)

Selain kebersihan dan tata letak ruang interior dapur, dekorasi juga menjadi penentu terciptanya pandangan yang proporsional. Dekorasi yang ditempatkan dengan benar akan membuat ruang terlihat lebih indah dan menarik. Namun, bila berlebihan hal tersebut juga tidak baik. Semakin banyak dekorasi di dalam dapur, justru akan membuat dapur terlihat sumpek dan sesak. Cobalah untuk menggunakan dekorasi yang berguna seperti lampu gantung atau tanaman hias yang tidak berlebih.

Itulah beberapa tips cara menata dapur kecil memanjang yang pastinya bisa kamu terapkan dalam dapur minimalis di rumah. Semuanya tergolong sederhana dan tentunya tidak menyulitkan bukan? Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tips Desain Dapur Terbaik Untuk Keluarga


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel