BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Ventilasi Dapur Agar Sirkulasi Lancar
0
0

10 Ide Desain Ventilasi Dapur Agar Sirkulasi Lancar

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 8, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dalam membuat dapur tidak hanya mempertimbangkan luasnya saja melainkan ventilasinya. Desain ventilasi dapur mempengaruhi sirkulasi udara yang baik khususnya dalam mendapatkan oksigen yang cukup.

Dapur merupakan tempat dimana Pins memasak dan mencuci piring sehingga beresiko menimbulkan bau dan limbah rumah tangga. Menentukan desain ventilasi sama pentingnya dengan iklan jual rumah.

Dalam menjual rumah bekas di kab Mojokerto, hunian sekitar Paragon Glodok maupun perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa pasti perlu menunjukan interior rumah termasuk bagian dapur. Pembeli akan lebih tertarik dengan dapur yang mempunyai  desain ventilasi yang baik.

Ide Desain Ventilasi Dapur

Ventilasi dapur yang baik seharusnya mampu mengeluarkan asap dan aroma dari dapur ke luar. Selain itu sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik sehingga terjadi pergantian udara. Berikut merupakan beberapa ide desain ventilasi yang bisa Pins gunakan:

1. Desain Ventilasi Cooker Hood

Source : Pexels

Apartemen maupun rumah tapak yang tidak punya lahan begitu luas umumnya memakai cooker hood terbaik. Alat ini mampu menghisap asap dapur yang mana didalamnya terdapat kipas mekanik. Peletakannya di atas kompor dan mampu menghilangkan sisa pembakaran asap, bau, uap, panas dan sisa lemak.

Cooker hood mempunya beragam bentuk yang bisa disesuaikan dengan interior dapur, yakni:

  • Chimney style mempunyai bentuk cerobong dan ditempel di dinding
  • Fully integrated tergabung langsung dengan perlengkapan dapur seperti kitchen set
  • Island style memiliki bentuk seperti chimney yang dipasang di tengah ruangan
  • Visor atau conventional umumnya ditancapkan langsung  ke dinding luar
  • Canopy atau semi integrated mirip dengan fully integrated namun tidak disembunyikan

Baca juga: 7 Tips dan Cara Mengecat Tembok yang Lembab

2. Desain Ventilasi Exhaust Fan

Source : GharPedia

Dapur tanpa jendela tetap harus mempunyai ventilasi dan bisa memakai exhaust fan. Fungsinya mirip dengan cooker hood yakni menyedot udara dalam ruangan tersebut. Dengan adanya ventilasi ini saat memasak asap dan aroma tidak terperangkap di dalam dapur.

Jenis exhaust fan ada beragam yang terbagi berdasarkan tempat pemasangannya antara lain:

  • Exhaust fan atap terhubung dengan saluran pembuangan yakni Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR). Letaknya biasa di loteng dengan pipa sebagai penyalur udara ke luar rumah
  • Exhaust fan dinding terbaik dipasang berhadapan langsung dengan area terbuka. Ukurannya beragam mulai dari 8 inci, 10 inci maupun 12 inci.
  • Exhaust fan jendela biasa dipasangkan pada jendela kaca dengan ketebalan 3-7 mm yang menghadap ke area terbuka
  • Inline exhaust fan memiliki beberapa komponen yakni saringan luar, kipas penyedot, saringan dalam dan pipa. Exhaust fan dipasang di tengah saluran yang terhubung antara saringan dalam dan luar agar mudah membuang asap ke area terbuka

3. Desain Ventilasi Skylight

Source : Unsplash

Ventilasi atap dapur sering dipilih karena mampu menjaga sirkulasi udara sekaligus memaksimalkan cahaya masuk ke dapur. Skylight atap merupakan atap transparan yang terbuat dari kaca. 

Cara mengaturnya sama dengan jendela yakni bisa ditutup dan dibuka. Adapula skylight yang tanpa bukaan namun udara tidak dapat masuk dan keluar hanya mampu memaksimalkan cahaya matahari.

4. Desain Ventilasi Cerobong

Desain Ventilasi dapur dengan Cerobong 
Source : Unsplash

Desain ventilasi dapur dengan cerobong umumnya terdapat pada rumah lama. Konsep desain ini minimalis namun punya banyak fungsi khususnya dalam menjaga sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Asap yang dihasilkan ketika memasak akan masuk ke cerobong yang ada di atasnya. Pergantian udara dapat dimaksimalkan bila ditambahkan dengan jendela sekat. Letak jendela bisa berdekatan dengan cerobong atau berlawanan dengan ventilasi ini. Desain ventilasi ini unik dan mampu menambah nilai estetis dalam dapur serta fasad rumah.

5. Desain Ventilasi Jendela Sudut

Source : Unsplash

Seperti namanya lokasi ventilasi berada di sudut ruangan. Tempatkan jendela sudut dengan lebar dan ukuran yang disesuaikan kebutuhan. Desain ventilasi ini memberikan kesan segar dan terang ketika memasak.

Modelnya cocok sekali untuk dapur mungil dan ingin meminimalisir penggunaan energi listrik sebagai bantuan penerangan. Keunggulan dari jendela sudut adalah menciptakan kesan dapur yang luas dan lapang.

Baca juga: 8 Pilihan Bahan dan Model Atap Dapur Terang

6. Desain Ventilasi Sepanjang Dinding Atas

Source : Pinterest

Dinding selain sebagai sekat ruangan dapat pula berguna menjadi ventilasi. Misalnya desain dinding dalam gambar di atas sengaja dibuat berlubang dan tak sampai menyentuh plafon. Meskipun simpel namun model ventilasi seperti ini mudah dibersihkan sewaktu-waktu.

7. Desain Ventilasi Terbuka

Source : The Patio Company

Apabila Pins punya lahan yang cukup luas dapat pula membuat ventilasi dapur tanpa jendela. Maksudnya dapur terletak di ruang terbuka sehingga tak jarang tanpa sekat dan langsung berupa rekomendasi kitchen set. Dapur seperti ini masih memakai atau tanpa atap dan sering dipakai untuk acara barbeque.

8. Desain Ventilasi Jendela dan Tirai

Desain Ventilasi dapur dengan Jendela dan Tirai
Source : Pexels

Gunakan gorden tarik untuk menjaga privasi dapur dari orang luar. Sementara ventilasinya bisa memakai jendela kaca yang langsung mengarah ke area terbuka. Jendela ini bisa dipasangkan dengan meja bar sebagai tempat makan minimalis. Tampilan dapur terkesan modern dan cahaya matahari bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

9. Ventilasi Roaster

Source : Diadona

Roaster dinding kini banyak diminati sebagai ventilasi untuk dapur sekaligus memaksimalkan pencahayaan. Roaster ini memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam dapur. Pins bisa pula menempatkan roaster di atas kompor, tengah dapur dan sebagainya.

10. Ventilasi Dapur Pintu Kaca

Source : Diadona

Pintu kaca bisa jadi opsi selanjutnya sebagai ventilasi sekaligus sekat. Akses keluar dan sirkulasi udara dalam dapur lebih baik termasuk pencahayaannya.

Apapun desain ventilasi dapur yang Pins pilih harus memastikan mampu mengeluarkan asap dari dalam rumah. Dengan begitu ketika masak, asap tidak terjebak di dalam dapur saja. Pergantian udara dari luar ke dalam rumah dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Baca juga: 12 Desain Meja Cor Dapur Bentuk L yang Kuat

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi New Abaya Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download