BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Ide Desain Kitchen Island yang Menarik dan Clean
0
0

15 Ide Desain Kitchen Island yang Menarik dan Clean

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 15, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jika sudah memiliki dapur berkabinet lengkap, rasanya ada yang kurang bila tidak dilengkapi dengan kitchen island untuk mengisi ruang di tengah ruang dapur tersebut. Kamu bisa menjadikan kitchen island ini sebagai tempat makan bersama, tempat memasak, mini bar, atau Kamu bisa jadikan kitchen island sebagai tempat menyimpan barang dapur. Kitchen island dapat menjadi tempat multifungsi yang dapat difungsikan sesuai kebutuhan Pins. Simak artikel ini untuk mendapatkan ide desain kitchen island yang menarik dan clean!

Kamu dapat menemukan rumah yang memiliki kitchen island di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung, atau Kamu juga bisa membangun kitchen island Kamu sendiri di rumah baru menggunakan Pengajuan KPR Ciptakan dapur modern untuk mendukung kenyamanan keluarga!

15 Ide Desain Kitchen Island yang Menarik dan Clean

Kitchen island merupakan kabinet dapur yang tata letaknya berada di tengah-tengah ruangan dapur dalam wujud meja yang pada umumnya berbentuk persegi panjang. Biasanya warna dari kitchen island akan senada dengan warna kitchen set-nya, tentu warna yang sama ini dapat menciptakan keserasian yang indah pada dapur Kamu. Penambahan kitchen island di dapur Kamu akan meluaskan fungsi dapur, karena aktivitas di dapur tidak hanya pada kitchen set saja. Kamu dapat memanfaatkan kitchen island sebagai ruang baru untuk mengerjakan aktivitas tersebut. 

Selain digunakan sebagai menyimpan barang-barang dapur, ternyata kitchen island mengalami perkembangan yang semakin beragam fungsionalnya, yaitu kitchen island dimanfaatkan sebagai meja makan bersama yang modern dan sebagai tempat tambahan untuk memasak. Tidak hanya itu, bagi ibu yang ingin selalu memperhatikan anaknya di kala memasak, penggunaan kitchen island yang ditambahkan kursi anak-anak dapat membantu ibu merasakan tenangnya memasak.

Terdapat hal yang perlu diperhatikan Pins saat Kamu akan membangun kitchen island di dapur Kamu, yaitu Kamu harus menentukan kehadiran kitchen island tersebut akan difungsikan sebagai apa? Apakah sebagai tempat menyimpan tambahan, tempat memasak, atau meja makan bersama. Lalu, Kamu juga harus menyesuaikan ukuran kitchen island yang Kamu buat dengan ukuran dapur Kamu. Hal ini bertujuan agar kehadiran kitchen island tidak membuat ruangan Kamu menjadi terlalu sempit. Terakhir, Pins harus membuat zona clearance yang idealnya adalah 1 meter, agar saat Pins melakukan aktivitas di dapur dapat tetap leluasa bergerak.

Berikut ini beberapa desain kitchen island yang menarik dan clean:

1. Kitchen Island Berwarna Hitam Putih

island
Source : iStock

Desain kitchen island yang pertama yang dapat Kamu jadikan sebagai referensi adalah kitchen island berwarna hitam putih atau bergaya monokrom. Kitchen islandnya dibuat berbentuk letter L yang terdapat bagian wastafel di satu sisinya dan satu sisi lagi menjadi tempat bersantai atau mini bar. Kitchen island satu ini dibuat sangat multifungsi di bawah wastafel terdapat storage room yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang Kamu.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Dapur Sederhana Tanpa Kitchen Set

2. Kitchen Island Berunsur Kayu

island
Source : iStock

Desain kitchen island selanjutnya dapat Kamu pilih jika menginginkan kabinet Kamu memiliki unsur kayu yang terkesan menghangatkan. Warna kayu kabinet dipadukan dengan warna putih pada beberapa furniture dan keseluruhan warna dinding.

Kitchen island-nya berbentuk persegi panjang yang cukup untuk memenuhi 5 kursi. Model kitchen island ini tidak sebagai meja makan, namun dapat digunakan untuk tempat bersantai sambil ngemil. Jika Kamu ingin menjadikan kitchen island tersebut menjadi meja makan, Kamu dapat membuat ruang pada bagian bawahnya dan mengganti jenis kursi yang digunakan. Ketahui juga apa saja yang biasanya menjadi isi kitchen set!

3. Kitchen Island Berwarna Hijau dan Berunsur Marmer

kitchen
Source : iStock

Kitchen island ketiga ini dapat Kamu ikut desainnya jika menyukai sentuhan marmer yang indah dan mewah diaplikasikan di dapur Kamu. Penggunaan warna hijau gelap pada kabinet kitchen set tetap mendukung kitchen island yang menggunakan bahan marmer berwarna putih bercorak hitam.

Bentuk kitchen islandnya berupa persegi panjang, dilengkapi dengan wastafel tepat di bagian tengah. Kitchen island satu ini difungsikan sebagai tempat bersantai ria, mengobrol, serta tempat meneguk secangkir kopi atau teh.

4. Kitchen Island Serba Putih yang Elegan

kitchen
Source : iStock

Desain kitchen island berikut ini dapat Kamu jadikan referensi untuk mewujudkan rumah dengan dapur seputih gambar di atas. Seluruh komponen dapur diberikan warna putih dan seluruh kabinet baik kitchen set dan kitchen island menggunakan material kayu yang dicat putih. Pemanfaatan kitchen island yang berada di tengah tersebut, digunakan sebagai tempat duduk sejenak untuk bersantai dan terdapat wastafel.

5. Kitchen Island Minimalis Abu-Abu

kitchen
Source : iStock

Kitchen island kelima yang direferensikan untuk Kamu adalah kitchen island bergaya minimalis dengan balutan warna abu-abu. Kitchen island kali ini berbentuk persegi panjang yang di bagian atasnya ditambahkan keramik berunsur marmer. Sungguh mewah bukan!

Selain sebagai tempat untuk memasak, kitchen island satu ini dijadikan sebagai tempat menyimpan barang, yang jika diperhatikan secara seksama tempat menyimpan barang tersebut didesain terbuka dengan sekat bertingkat.

6. Kitchen Island Modern Berbalut Abu Cerah

kitchen
Source : iStock

Desain kitchen island selanjutnya memiliki gaya modern yang dikemas dengan warna abu cerah pada setiap dindingnya, kitchen set, kitchen island, dan bahkan kursinya juga dipilih yang berwarna senada. Kitchen islandnya dipilih yang berbentuk persegi panjang dengan dilengkapi kursi mini bar untuk Kamu menghabiskan waktu bersama keluarga. Ketahui juga rekomendasi kitchen set mini bar untuk dapur Kamu yang kecil.

7. Kitchen Island Bergaya Semi Modern

desain kitchen
Source : iStock

Kitchen island ketujuh yang dapat dijadikan sebagai inspirasi desain pemenuhan dapur Kamu adalah kitchen island bergaya semi modern. Dapat terlihat yang paling mencolok adalah penggunaan material kitchen island dan kitchen set yang dipadukan dengan batu alam dan juga kayu. 

Lalu, dindingnya dibuat berbeda yaitu terdapat dinding batu bata tanpa plester dan dinding berwarna putih berplester. Walaupun berbeda begitu, desain ini seimbang karena penggunaan materialnya yang saling mendukung.

8. Kitchen Island Mini di Dapur Mini

desain kitchen
Source : iStock

Desain kitchen island selanjutnya cocok bagi Pins yang memiliki rumah dengan luas dapur yang tidak terlalu besar, karena menggunakan kitchen island yang mini pula. Kitchen island ini menggunakan warna putih yang senada dengan kitchen set-nya. Pada bagian mejanya dilapisi keramik yang senada pula dengan warna lantai berunsur kayu.

Kitchen island satu ini difungsikan hanya sebagai tempat meletakkan makanan atau sebagai tempat bersantai, karena bentuknya yang kecil. Pemilihan kursi yang simpel juga menjadi penting agar tidak memenuhi ruang dapur yang sempit. Gunakan trend warna kitchen set yang selalu eye-cathing!

9. Kitchen Island Minimalis yang Cocok untuk Dapur Mini

desain kitchen
Source : iStock

Kitchen island kesembilan ini masih sama dengan sebelumnya, yaitu mengambil tema kitchen island minimalis yang cocok untuk ukuran dapur mini. Warna kitchen island yang digunakan adalah warna abu-abu yang disesuaikan dengan warna dinding. Kitchen set yang dipadupadankan dengan warna putih, tetap dapat bersanding dengan bagus di dekat warna abu.

Penggunaan kitchen islandnya dipilih berbentuk persegi panjang, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga penambahan kitchen island ini tidak mengganggu mobilitas Kamu dan keluarga.

10. Kitchen Island Lucu Berwarna Tosca

desain kitchen
Source : iStock

Kitchen island selanjutnya bertema lucu dengan warna tosca yang memenuhi cat kitchen island dan kitchen set. Kitchen island-nya difungsikan sebagai tempat wastafel dan tempat menyimpan peralatan dapur. Dapat terlihat di gambar, tidak terdapat kursi di area kitchen set tersebut. Meja makan disiapkan menyendiri tidak menyatu dengan kitchen island.

11. Kitchen Island Bergaya Modern Klasik

desain kitchen
Source : iStock

Kitchen island kesebelas yang dapat Kamu jadikan referensi pembuatan kitchen island Kamu, adalah kitchen island bergaya modern klasik. Komponen dapur dipilih menggunakan kabinet kayu warna putih dengan tambahan keramik granit hitam di atasnya. Kitchen island ini difungsikan sebagai tempat untuk memasak dan menyimpan barang-barang dapur baik di atas meja dan di dalam kabinetnya.

12. Kitchen Island Sederhana Berwarna Putih

desain kitchen island
Source : iStock

Kitchen island berikut ini dapat Kamu ikuti jika menginginkan kitchen island yang sederhana dengan sentuhan putih suci. Kabinet-kabinet yang disusun rapi dicat dengan warna putih yang membuatnya senada dengan kitchen island berbentuk persegi panjang tersebut. Untuk kitchen island kali ini dapat difungsikan sebagai meja makan sekaligus tempat ngemil dan minum santai.

13. Kitchen Island Warna Putih Berpadu Biru

desain kitchen island
Source : iStock

Kitchen island ketiga belas ini memiliki model perpaduan antara warna putih dan biru. Warna putih yang mendominasi ruang dapur ditambah dengan warna biru yang semakin mencerahkan area dapur tersebut. Kitchen islandnya berbentuk persegi panjang dengan tambahan meja berkeramik di atasnya. Pada kitchen set-nya terdapat corak batu bata yang tidak diplester dengan warna senada dengan kabinet dapur dan dinding.

14. Kitchen Island Mini Berbentuk Persegi

desain kitchen island
Source : iStock

Kitchen island selanjutnya memiliki keunikan yang tepat digunakan untuk ruang dapur berluas mini. Bentuk kitchen island ini adalah kotak persegi yang pas sekali untuk diletakkan wastafel dan beberapa laci untuk menyimpan peralatan dapur. Dengan kitchen island mini, di ruang dapur yang mini dapat menciptakan keleluasaan yang pas.

Baca juga: Percantik Dapur dengan 15 Merk Kitchen Sink Berkualitas

15. Kitchen Island Berunsur Kayu Dua Sisi

desain kitchen island
Source : iStock

Kitchen island terakhir yang dapat Kamu ikuti desainnya adalah kitchen island dengan unsur kayu dan memiliki dua sisi meja yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat beraktivitas memasak seperti meracik bahan makanan dan sisi meja satunya sebagai tempat bar mini untuk bersantai ria. Kabinet hingga kursi kitchen island mendapat sentuhan kayu dan mejanya terbuat dari batu granit. Walaupun mejanya memiliki dua sisi, tetapi sudah diperhitungkan luas dan lebarnya agar tidak mengganggu ruang gerak di dapur.

Itulah beberapa desain kitchen island yang menarik dan clean. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan ukuran ruang dapur Kamu ya Pins, agar ukuran kitchen island tidak melebihi idealnya dan menghambat aktivitas di dapur. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Kamu!

Baca jugaIni Dia Ukuran Standar untuk Kitchen Set Rumahmu

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download