Pinhome

  • Blog
  • Infografis
  • Panduan Membersihkan Rumah dengan Decluttering dalam 7 Hari

Infografis

Panduan Membersihkan Rumah dengan Decluttering dalam 7 Hari

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Apakah kamu masih mempunyai masalah dengan kondisi rumah atau apartemen yang berantakan? Wah, pasti menyebalkan sekali ya Pins? Tahukah kamu bahwa kondisi rumah yang berantakan bisa memicu gangguan kecemasan lebih sering muncul? 

Pinhome – Mengutip artikel yang dibahas oleh Halodoc, ternyata sempat ada riset mengenai gangguan kecemasan. Riset tersebut menyatakan bahwa orang-orang yang cepat gelisah terbukti mempunyai ruang tamu yang berantakan. Jika kita pahami lebih dalam mungkin ada benarnya juga ya Pins. 

Baca Juga: Cara Membersihkan 1m2 Lapangan dan Perataan

panduan decluttering rumah
(IDN Times Jogja)

Misalnya kita ambil contoh, ketika meja kerja berantakan maka apakah kamu mudah berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan? Coba bandingkan ketika meja kerja kamu rapi, apakah kamu lebih nyaman dan semangat bekerja? Jika ada perbedaan yang kamu rasakan di dalam dua kondisi tersebut, maka kondisi yang rapi bisa berdampak positif pada diri kita.

Munculnya trend decluttering dan Marie Kondo 

panduan decluttering rumah
(The Conversations)

Gaya hidup minimalis telah muncul di antara tahun 1950-1960. Awalanya istilah ini muncul untuk mendeskripsikan sebuah aliran seni. Seiring berkembangnya zaman, istilah ini dikaitkan ke dalam gaya hidup minimalis. 

Pengaruh media sosial tentunya menjembatani hal ini hingga bisa tersebar ke seluruh dunia. Salah satu bagian gaya hidup minimalis adalah “beberes” atau membereskan rumah yang berantakan. Namun tidak sampai di situ saja, setelah membereskan rumah, dilanjutkan dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak berguna lagi. Hingga hanya menyisakan barang yang masih digunakan secara rutin.

Budaya tersebut pun melahirkan banyak influencer baru di ranah beres-beres rumah seperti Marie Kondo, Matt D’Avella, Joshua Fields Millburn and Ryan Nicodemus dengan channel YouTube The Minimalists.

Kini decluttering dan gaya hidup minimalis nampaknya sudah menjadi kebutuhan. Apalagi sejak topik mengenai keduanya terus digaungkan dan dikaitkan dengan kesehatan. Lalu sebenarnya apa sih dampak merapikan rumah? Mari kita simak penjelasannya berikut.

Manfaat merapikan dan membersihkan rumah

panduan decluttering rumah
(IDN Times)

Pins, pada dasarnya kita semua sudah mengetahui bahwa membereskan rumah memiliki manfaat ya. Keuntungan utamanya adalah rumah akan menjadi lebih rapi dan bersih. Namun, apakah ada lagi alasan di balik merapikan rumah? Mari kita simak bersama.

Memudahkan pergerakan di dalam rumah

Pins, membereskan rumah bisa memudahkan pergerakan kamu. Artinya jika ruangan lebih rapi, bersih dan tidak terdapat tumpukan barang berlebih, maka kamu pun akan dengan mudah beraktivitas. Benar begitu bukan?!

Melindungi dari cedera 

Pins, rumah yang berantakan bisa menyebabkan cedera. Percaya tidak? Jadi begini, ketika ada tumpukan barang yang menggunung, kamu pasti tidak tahu ada apa saja di tumpukan tersebut. Misalnya jika ada pakaian yang menumpuk, bisa saja di bawahnya ada gunting atau pisau yang tertindih. Nah, jika kamu tidak waspada bisa saja benda tajam itu melukai kamu. Untuk mengantisipasi hal itu maka kamu perlu merapikan semua barang ya.

Membuat suasana lebih nyaman

Kenyamanan tempat tinggal tentu menjadi poin utama yang akan membuat kamu betah di rumah. Salah satu hal yang bisa membuat kamu nyaman tentunya kondisi rumah yang tertata dan terorganisir Pins.

Menghindari penumpukan debu, kotoran dan bakteri

Selanjutnya di aspek kesehatan. Rumah yang rapi dan bersih tentunya akan menyehatkan penghuni rumah. Hal ini karena debu dan kotoran biasanya akan menempel pada sela-sela di perabot rumah. Jadi, ayo mulai merapikan rumah yuk Pins.

Panduan Membersihkan Rumah dengan Decluttering dalam 7 Hari

panduan decluttering rumah
(Pinhome)

Setelah kamu mengetahui apa saja manfaat membersihkan rumah, selanjutnya kamu bisa membersihkan rumah dalam 7 hari lho. Tujuannya agar per hari kamu bisa fokus untuk membereskan rumah di setiap ruangan. Yuk kita simak panduan membersihkan rumah dengan decluttering dalam 7 hari.

Hari ke-1: Lemari Pakaian

Di hari pertama, kamu bisa mulai untuk fokus membersihkan dan merapikan lemari pakaian. Pertama-tama silakan pisahkan pakaian formal, pakaian untuk bekerja, pakaian untuk santai dan baju rumah. Lalu kamu bisa menumpuk atau menggantung dengan hanger sesuai warna. Ini akan membantu kamu menghemat waktu Pins saat akan mengambil pakaian. 

Hari ke-2: Kamar Tidur

Selanjutnya di hari kedua, area yang perlu kamu bersihkan adalah kamar tidur. Membersihkan kamar tidur akan membutuhkan waktu yang lama. Kamu mungkin akan berpikir bahwa area ini bisa saja dibersihkan dengan cepat. Namun, pada kenyataannya kamu perlu memilah barang mana saja yang perlu disingkirkan. Terkadang ada barang-barang yang mengandung memori dan emosi kita akan terlibat di sana. Inilah yang akhirnya membuat kita lama untuk mempertimbangkan, apakah harus menahan barang tersebut atau menyingkirkannya. Oleh karena itu, satu hari cukup untuk merapikan kamar tidur.

Hari ke-3: Dapur

Selanjutnya di hari ketiga adalah dapur. Kamu perlu merapikan dapur agar terhindar dari gangguan kecoa, tikus, atau semut. Nah, maka dari itu merapikan dapur adalah hal wajib yang harus kamu lakukan. Hindari untuk menumpuk barang terlalu banyak karena bisa menjadi sarang kecoa Pins. 

Hari ke-4: Kamar Mandi

Di hari keempat, kamu bisa fokus untuk membersihkan kamar mandi. Buang semua sampah yang menumpuk. Untuk mengantisipasi sampah berlebih, pastikan kamu menggunakan botol atau wadah isi ulang untuk menampung sabun, sampo dan produk kebersihan lainnya.

Hari ke-5: Dokumen Kerja

Hari kelima yang harus kamu rapikan dan bereskan adalah dokumen kerja. Dokumen kerja di sini bukan hanya kertas yang dicetak atau setumpuk laporan ya Pins. Pastikan kamu juga menata isi laptop kamu. Gabungkan file dokumen ke dalam satu folder yang sama. Berikan nama pada setiap folder agar kamu lebih mudah mencari file yang ingin digunakan nantinya. Hapus dokumen yang tidak lagi digunakan untuk mengurangi beban memori pada laptop. Hapus juga folder recycle bin agar ruang penyimpanan tersedia lebih banyak.

Hari ke-6: Barang Pajangan

Di hari keenam kamu bisa fokus untuk membersihkan dan menata barang pajangan. Mungkin untuk beberapa orang barang pajangan bisa menghias rumah, namun kamu harus selektif nih dalam meletakkan barang pajangan. Pikirkan apakah pajangan tersebut sesuai dengan interior rumah. Souvenir dari acara pernikahan teman sepertinya perlu dipertimbangkan jika ingin dijadikan pajangan ya Pins. Terlalu banyak memasang pajangan akan membuat lemari atau meja di rumah kamu terlihat berantakan. Akhirnya, debu dan kotoran akan lebih menempel pada sela-sela pajangan.

Hari ke-7: Isi Laci

Nah, di hari terakhir kamu perlu membersihkan isi laci Pins. Umumnya kita akan meletakkan barang apa saja di dalam laci, baik itu gunting, pulpen, koran, kabel bekas dan lain-lain. Kebiasaan ini harus dihentikan ya Pins, karena itu hanya akan membuat laci berantakan. Gunakan laci di rumah hanya untuk meletakkan barang-barang yang sering kamu gunakan ya. Selain itu, pastikan satu laci memuat barang yang sejenis misalnya alat tulis seperti pulpen, pensil, penggaris, penghapus dan lainnya. Sementara laci yang lain digunakan untuk menyimpan kabel seperti kabel pengisi daya, headset, dan kabel-kabel lain.

Itu saja Pins informasi mengenai panduan membersihkan rumah dengan decluttering dalam 7 hari. Semoga informasinya membantu ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel