BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Keuntungan Dapur Di Depan Rumah & Tips Penataannya
0
0

5 Keuntungan Dapur Di Depan Rumah & Tips Penataannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Umumnya posisi dapur terletak di belakang rumah. Bagian depan rumah selalu diisi dengan ruang tamu. Bila Pins bosan dengan desain hunian seperti ini bisa mencoba dapur di depan rumah.

Posisi dapur di depan rumah memiliki banyak keunggulan. Tampilannya apik dan bisa memberikan Pins kelebihan sebagai berikut ini : 

Pengawasan Mudah

anak sedang duduk di meja bar di dapur di depan rumah
Pexels

Dapur di depan rumah mempermudah pengawasan khususnya saat memasak. Area ini merupakan kawasan yang sering digunakan baik siang maupun malam hari. 

Bagian depan rumah yang diisi ruang tamu jarang dijangkau sehingga menjadi peluang bagi penjahat. Ketika Pins kurang siaga, pencuri dapat menyelinap dari pintu depan yang tak terkunci saat memasak.

Lain cerita bila dapur bersebelahan dengan ruang tamu di area depan rumah. Ketika memasak Pins bisa mengawasi anak balita yang sedang bermain di ruang tamu. Pekerjaan di dapur dapat segera terselesaikan sambil menjaga anak.

Baca juga: Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Terjaga Kebersihannya

dapur di depan rumah yang menyatu dengan ruang tamu
Pexels

Kegiatan memasak memang membutuhkan banyak peralatan dan bumbu. Saat meracik makanan tak jarang bumbu terciprat ke lantai ataupun dinding. Apalagi saat memasak dalam jumlah besar.

Tenagapun habis sehingga menunda membersihkan dapur. Berbeda jika lokasinya di depan rumah. Mau tak mau Pins harus segera membersihkan dapur usai digunakan sebab bila ada tamu tentu tak enak dipandang.

Area depan mudah dilihat siapapun yang melintas. Kerapian dan kebersihannya perlu terjaga agar memberi kesan baik bagi tamu yang berkunjung ke rumah.

Fleksibel Dalam Menjamu Tamu

ibu memberikan gelas ke anak di dapur di depan rumah
Pexels

Kemudahan menjamu tamu bisa sangat terasa jika dapur di depan rumah. Ketika tamu datang biasa disuguhkan minuman untuk menyambut mereka. Pins tidak perlu berjalan jauh untuk menyiapkannya.

Minuman yang tersaji bisa langsung diseduh. Saat ingin menjamu dengan makanan pun tidak membutuhkan waktu lama. Dapur dengan meja bar bisa menjadi tempat hangout yang menarik di dalam rumah.

Makanan tidak mengotori area lainnya di rumah. Saat ingin bersih-bersih Pins tak jauh dari lokasi kitchen sink.

Desain Dapur Unik

Pexels

Posisi dapur di bagian depan rumah memang tergolong unik. Pins bahkan bisa membuat dapur semi outdoor jika memang halaman depan tergolong luas. Dapur bisa menyatu dengan tama yang membuat hunian terasa unik.

Dapur seperti ini juga memberikan keuntungan dalam hal sirkulasi udara. Aroma makanan tidak menyebar ke ruangan lainnya. 

Baca juga:

Pencahayaan lebih Baik

pencahayaan dapur di depan rumah dekat dengan taman
Pexels

Memasak di tengah malampun tidak akan membuat Pins takut. Dapur berada di depan rumah terasa lebih aman karena dekat dengan jalan raya. Selain itu pencahayaan alami lebih baik di dapat dari posisi ini.

Cahaya matahari pagi masuk lewat jendela sehingga ruangan tidak terlalu gelap. Pins bisa sekaligus menghemat energi listrik untuk penerangan. 

Keuntungan lainnya adalah bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kebakaran dari gas bisa mudah dipadamkan. Pins juga mudah mengecek dapur lewat jendela luar  tanpa harus masuk ke dalam rumah saat terburu-buru.

Tips Penataan Dapur Di Depan Rumah

dapur di depan rumah dengan jendela besar
Pexels

Walaupun memberikan banyak keunggulan namun penataannya terbilang tidak mudah. Letaknya seperti dua mata pisau karena potensi menimbulkan masalah aroma.

Apalagi pada rumah padat penduduk tentu akan mengganggu tetangga. Untuk itu ada baiknya Pins perhatikan poin berikut ini agar dapur terasa nyaman bagi semua orang : 

Sirkulasi Udara

Dapur yang posisinya di depan rumah berhubungan langsung dengan area terbuka. Pipa buangan limbah lebih dekat dengan arah saluran air utama dalam kompleks perumahan.

Jarak antara dapur dengan jalan raya cukup lebar. Tujuannya agar aroma masakan tidak langsung terasa dari luar rumah. Letakan tanaman yang mampu menyerap bau di area depan dapur.

Letak Garasi

Posisi ventilasi dapur tidak menghadap area garasi. Pastikan ada batas pemisah yang cukup tebal diantara keduanya. Tujuannya agar ketika menyalakan kendaraan maka asap tidak langsung masuk ke dapur.

Meja Bar

Area dapur dengan ruang di sebelahnya bisa memakai atau tanpa partisi. Partisi tidak solid dapat menjadi pilihan misalnya berupa rak terbuka atau kisi-kisi kayu. Partisi memberikan privasi lebih ketika hendak memasak.

Pins dapat menambahkan meja bar lengkap dengan kursi di dekatnya. Dapur menyatu dengan ruang makan dan bisa dijadikan lokasi untuk nongkrong dengan tamu saat beraktivitas di dapur.

Kabinet

Gunakan kitchen set yang menyediakan banyak storage sehingga dapur lebih terorganisir. Kitchen set juga menyatukan bagian meja counter dengan kitchen set. Pins dapat dengan mudah membersihkan dan merapikannya.

Baca juga:

Rincian Biaya Membuat Dapur

Dalam membangun dapur Pins perlu menghitung upah tukang bangunan, cat dinding, serta storage. Adapun contoh perhitungan biaya dapur kecil dengan meja granit adalah sebagai berikut : 

Keterangan UnitTotal Biaya
Tukang Bangunan2 orang (5 hari)(@Rp100.000/orang)Rp1.000.000 
Cat DindingRp500.000
Keramik DindingRp400.000
Meja granit2 unit @Rp400.000Rp800.000
KawatRp20.000
Pelapis MejaRp30.000
Nat Khusus HitamRp15.000
Besi 82 @Rp35.000Rp70.000
PasirRp400.000
Semen2 sak @Rp40.000Rp80.000
Batu Bata30 @Rp1.000Rp30.000
Bata Tempel2 dus @Rp125.000Rp250.000
WastafelRp300.000
Total Biaya Dapur KecilRp3.895.000

Dapur di depan rumah memberikan banyak keuntungan khususnya dalam hal pengawasan. Meskipun begitu penataannya tidak boleh sembarangan sebab dekat dengan area luar.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image : Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download