BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Cara Membuat Kerangka Kitchen Set Sendiri dengan Mudah
0
0

6 Cara Membuat Kerangka Kitchen Set Sendiri dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 17, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara-membuat-kerangka-kitchen-settop-right-banner

Saat ini, dapur memang sengaja dibuat cantik dengan tampilan yang elegan dan minimalis. Estetika pada dapur tetap dipertimbangkan namun juga memaksimalkan fungsi dapur. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali istilah-istilah baru pada dapur, salah satunya kitchen set. Sudah tahukah Pins cara membuat kerangka kitchen set?

Perangkat dapur yang satu ini dibuat secara custom karena menyesuaikan luas dapur atau bahkan sesuai dengan model yang diinginkan oleh konsumen. Namun, tantangan dalam menggunakan kitchen set ini juga ada lho!

Sebelum memahami cara membuat kerangka kitchen set berikut ini, pastikan untuk mengunduh aplikasi Pinhome. Kamu bisa menemukan hunian sekitar Gedung Sate, rumah di Pasar Kemis, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence. Miliki hunian dengan desain dapur yang diinginkan dan sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Kerangka Kitchen Set

(Pinterest)

Sebelum masuk ke langkah-langkah membuat kitchen set, penting untuk mengetahui fungsi dari kitchen set itu sendiri. Umumnya penggunaan perangkat dapur ini adalah sebagai tempat penyimpanan di dapur. Peralatan dapur yang banyak memang membutuhkan storage lebih agar semua peralatan memasak tersimpan rapi di dapur.

Namun fungsi kitchen set tidak hanya itu, lho! Fungsi selanjutnya adalah menambahkan estetika pada dapur. Dengan barang-barang dapur yang tersimpan rapi, tentu membuat dapur tampak lebih bersih.  Kini setelah mengetahui manfaat kitchen set, ketahui pula cara membuat kerangka kitchen set di bawah ini!

1. Membuat Desain Kitchen Set

(Pinterest)

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat kerangka kitchen set adalah membuat desain. Terlebih, jika desain kitchen set sesuai dengan konsep interior dapur dengan tampilan yang cantik, tentu hal ini membuat dapur kamu semakin menarik.

Dapur yang menarik tentunya juga akan membuat kamu betah berlama-lama di dapur memasak hidangan lezat untuk keluarga bukan? Ya, jadi keberadaan kitchen set ini memang cukup penting di dapur.

Dalam merancang kitchen set, Pins harus memikirkan matang-matang bentuk, lebar, tinggi yang tentunya harus disesuaikan juga dengan kondisi dapur. Jangan sampai kamu salah menentukan ukuran atau bentuk karena kondisi dapur setiap orang berbeda-beda. 

Jadi penting juga untuk kamu mulai menentukan dimana nantinya lokasi kitchen set ini akan diletakkan. Buatlah desain kitchen set secara utuh agar kamu tidak kebingungan lagi saat memulai proses pembuatan kitchen set.

Tentukan model hingga warna yang sesuai dengan keinginan kamu. Jangan lupa untuk menyesuaikan model dan warna dengan konsep interior dapur ya!

Baca juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis Sederhana

2. Menyiapkan Alat dan Bahan

(Pinterest)

Kitchen set adalah perangkat dapur yang digunakan untuk menyimpan alat-alat rumah tangga, khusus peralatan memasak yang sangat diperlukan di dapur. Kitchen set ini memiliki bentuk kabinet yang sangat memungkinkan Pins untuk menyimpan banyak barang di dapur. 

Untuk membuatnya dibutuhkan beberapa alat dan bahan. Pins perlu menyiapkan bor listrik terbaik, obeng, lem, kuas roda, circle saw sekrup, dan meteran. Siapkan juga material kitchen set yang akan menjadi bahan utama dalam proses pembuatan kitchen set ini. 

Gunakanlah material dengan memiliki daya tahan yang baik. Karena kitchen umumnya sering cipratan air atau bahkan panasnya api akibat paparan api dari kompor. Jadi selektiflah dalam memilih material yang akan digunakan dalam membuat kitchen set.

3. Lakukan Pemotongan Bahan

(Pinterest)

Jika desain sudah selesai serta alat dan bahan sudah siap, maka tahap selanjutnya adalah pemotongan bahan. Dalam tahap ini, Pins harus memotong bahan sesuai dengan bentuk kitchen set yang telah kamu rancang sebelumnya.

Pastikan bahwa material cukup sesuai dengan kebutuhan kamu. Potonglah material kitchen set mengikuti pola desain yang sudah kamu buat serapi mungkin.

Pemotongan bahan ini bisa menggunakan circle saw yang mana memudahkan kamu dalam memotong bagian lekukan.  Pada cara membuat kitchen set yang satu ini, Pins harus berhati-hati karena jika salah memotong, bisa-bisa bahan tidak bisa digunakan.

4. Mulai Pengeleman Bahan

(Pinterest)

Jika semua pola sudah terpotong dengan rapi, maka tahap selanjutnya adalah mengelem bahan-bahan yang sudah dipotong supaya merekat satu sama lain. Gunakan kuas roda untuk mempermudah proses pengeleman agar lem merata dan bahan merekat sempurna. Tekan antar bahan agar benar-benar merekat.

Baca juga: 8 Inspirasi Kitchen Set Apartemen Yang Tak Makan Tempat

5. Pemasangan Bahan

(Pinterest)

Tahap selanjutnya adalah melakukan pemasangan bahan. Jika semua material kitchen set sudah dilem, maka Pins bisa mulai melakukan pemasangan bagian-bagian kecil pada kitchen set, seperti rak-rak di dalamnya, pintu dan gagang pintu.

Dalam proses ini kamu akan membutuhkan obeng dan sekrup. Pastikan sekrup yang kamu miliki mencukupi kebutuhan pemasangan bagian-bagian kecil ini ya!

6. Finishing

(Pinterest)

Tahap terakhir dari cara membuat kitchen set adalah melakukan finishing. Pada tahap ini, kitchen set yang sudah jadi dan terpasang harus kamu mulai instal pada dinding atau pun bagian dapur sesuai dengan rencana awal.

Namun, pastikan dapur dan rak sudah dalam keadaan bersih. Jadi, Pins tidak perlu melakukan pembersihan lagi saat kitchen set sudah terpasang rapi.

Itulah 6 cara membuat kerangka kitchen set yang sangat mudah untuk kamu tiru di rumah. Semoga dengan ulasan di atas lebih memudahkan kamu untuk melakukan instalasi kitchen set secara mandiri.

Baca juga: 15 Desain Meja Cor Dapur Bentuk L yang Kuat


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download