BlogPemilik PropertiFinansialMau Bangun Rumah 50 Juta? Bisa Dong! Ini Kisaran Biaya dan Model Terlengkapnya
0
0

Mau Bangun Rumah 50 Juta? Bisa Dong! Ini Kisaran Biaya dan Model Terlengkapnya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Nov 10, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
bangun rumah 50 jutatop-right-banner

Pins ingin bangun rumah 50 juta? Tentu sangat bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan pemilihan material yang akan digunakan pada bangunan. Selain itu, rumah budget 50 juta ini juga bisa menjadi inspirasi untuk Pins yang ingin membangun rumah dengan konsep minimalis. Bangun rumah dengan modal hanya 50 juta saat ini banyak digemari oleh generasi milenial. Lalu, bagaimana cara bangun rumah 50 juta? Yuk, simak cara membangun dan model rumah yang unik dengan budget murah berikut ini!

Kamu juga dapat menemukan rumah yang cocok dengan selera kamu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Pins jika kamu menginginkan pembangunan rumah dengan budget 50 juta, maka kamu dapat memperkirakan harga estimasi suatu rumah di PinValue.

Baca juga:

Cara Bangun Rumah 50 Juta

Rumah menjadi pemenuhan penting dalam kehidupan manusia. Dengan rumah, manusia dapat melindungi dirinya dari perubahan cuaca, hujan, dan panasnya sinar matahari. Rumah menjadi tempat untuk manusia meluangkan waktunya dalam beristirahat, menghabiskan waktu bersama keluarga, dan menjadi tempat ternyaman untuk disinggahi.

Dalam perwujudan membangun tempat tinggal impian, dibutuhkan sejumlah dana yang cukup untuk mendirikan tempat tinggal kamu. Maka Pins akan merekomendasikan membangun rumah dengan budget 50 juta, lengkap dengan kisaran biaya dan model bangunannya:

1. Menghitung Luas Bangunan

Source : Pinterest

Langkah pertama untuk bangun rumah 50 juta adalah menghitung luas bangunannya terlebih dahulu. Jika harga per m2 rumah batu bata sudah termasuk finishing lantai keramik dan plafond gypsum adalah Rp.2.000.000,- maka dengan dana Rp.50.000.000,- Pins bisa mendapatkan tempat tinggal seluas 50jt/2jt = 25m2. Jadi Pins bisa membangun rumah dengan ukuran 5m x 5m, atau ukuran lainya yang luasanya kurang lebih dua puluh lima meter persegi.

Tapi Pins tak perlu khawatir dengan luas bangunan saat ini, karena nantinya bisa dibangun secara bertahap untuk memperluas bangunan rumah. Temboknya cukup menggunakan batu bata saja tanpa plester aci, dengan lantai plester screed, dan tidak perlu melakukan pemasangan plafon. Ketahui juga cara menghitung luas bangunan atau rumah.

2. Memilih Pondasi yang Akan Digunakan

Untuk pondasi pada rumah budget 50 juta Pins tidak perlu menggunakan batu kali. Cukup dengan menggunakan pondasi batu bata saja, atau jika kondisi tanahnya memungkinkan bisa langsung dipasang sloof beton bertulang. Pondasi ini tentu aman untuk digunakan Pins, karena bangunan ini hanyalah untuk rumah 1 lantai dengan atap baja ringan yang bebanya tidak terlalu berat. Penting untuk diketahui ciri pondasi rumah yang kuat dan aman.

3. Memilih Bahan untuk Pembuatan Dinding

Source : iStock

Pada dinding bagian luar Pins bisa memasang batu bata plester aci finish cat agar aman dan tidak mudah dijebol. Sedangkan pada sisi bagian dalam cukup memakai penyekat ruangan rangka kayu atau baja ringan, biayanya lebih murah serta tidak perlu diplester dan diaci. Ketahui juga cara menghitung luas rangka atap baja ringan dalam m2.

4. Memilih Jenis Atap yang Akan Digunakan

Rangka pada atap rumah bisa menggunakan bahan dari baja ringan yang lebih murah dan awet dibanding kayu. Untuk penutup atapnya Pins bisa menggunakan bahan galvalum tetapi perlu diberi peredam agar tidak berisik saat hujan.

5. Memilih Jenis Keramik untuk Lantai

Source : iStock

Pins bingung bangun rumah 50 juta harus menggunakan lantai yang bagaimana? Tenang saja, Pins bisa menggunakan keramik yang harganya murah, atau cukup dipasang karpet lantai saja. Ketahui cara menghitung luas tanah berdasarkan bentuknya.

6. Memilih Jenis Plafon yang Akan Digunakan

Bagaimana dengan pilihan plafon yang akan digunakan pada rumah budget 50 juta? Jika rangka atapnya sudah menggunakan bahan yang bagus maka Pins tidak perlu memasang plafon pada rumah. Cara mudahnya adalah menggunakan rangka atap yang bisa ditutup dengan gypsum atau rangka besi hollow untuk biaya yang lebih murah. Ketahui perbedaan plafon gypsum vs plafon asbes.

7. Membuat Gambar Denah Rumah Terlebih Dahulu

Source : iStock

Untuk Pins yang akan bangun rumah 50 juta bisa melakukan pembuatan denah rumah terlebih dahulu. Denah tersebut berfungsi untuk memperkirakan budget yang akan diperlukan untuk pembangunan. Termasuk menentukan pilihan material bangunan yang akan digunakan pada setiap ruangan. Pins juga bisa menggunakan ahli bangunan untuk memperkiraan kisaran biaya yang dibutuhkan sesuai dengan denah yang ada.

Baca juga: 

10 Contoh Rumah Dengan Biaya 50 Juta

Setelah mengetahui rincian biaya yang dibutuhkan beserta tipsnya, Pins bisa menggunakan beberapa rekomendasi desain rumah dengan biaya 50 juta berikut ini!

1. Rumah Bergaya Industrial

Source : Pinterest

Desain rumah industrial bisa menjadi pilihan Pins untuk bangun rumah 50 juta. Penggunaan bahan yang sederhana dengan model yang simpel ini cocok untuk dijadikan sebagai hunian yang terkesan murah tetapi indah dipandang.

Baca juga: 13 Pertimbangan dan Tips Renovasi Rumah Type 36

2. Rumah Bergaya Rustic

Source : Pinterest

Pins ingin memiliki rumah dengan harga yang murah tetapi unik? Ya, pilihan termudahnya adalah dengan menggunakan desain rustic minimalist. Desain rumah yang satu ini banyak digunakan pada daerah pedesaan, tetapi Pins bisa membuatnya nampak lebih moderen dengan menggunakan bahan atau ornamen yang unik. Perhatikan tips menerapkan dekorasi rustic di rumah.

3. Rumah Bergaya Vintage

Source : Aquila Style

Penggunaan material kayu pada rumah tentu bisa menjadi pilihan terbaik untuk memangkas biaya pembangunan. Pins bisa menggunakan desain rumah bergaya vintage sebagai solusi terbaiknya. Kamu dapat mencoba ide desain rumah vintage yang keren.

4. Rumah Bergaya Modern Minimalis

Source : Teh Talk

Rumah dengan gaya modern minimalis menjadi salah satu model bangunan yang banyak digemari oleh kaum milenial. Mengapa? karena bahan bangunan yang digunakan akan jauh lebih sedikit dan murah dibandingkan model lainnya. Tentunya, cara ini bisa digunakan oleh Pins untuk bangun rumah 50 juta.

Baca juga:

5. Rumah Bergaya Cottage

Source : Pinterest

Pins ingin memiliki rumah dengan gaya yang unik? Ya, pilihan terbaiknya adalah dengan menggunakan desain cottage seperti gambar di atas. Bentuknya sangat unik dengan penggunaan material kayu yang tentunya juga murah. Cobalah referensi desain cottage minimalis yang bikin betah.

6. Rumah Bergaya Tropis

Source : Dezen

Rumah dengan gaya tropis didominasi oleh kesan natural yang kuat. Pins bisa menggunakannya untuk mensiasati pembangunan rumah yang murah. Tentunya, dengan rumah budget 50 juta Pins sudah bisa membangun rumah dengan model tropis. Ketahui tips desain rumah tropis, serasa liburan tiap hari.

7. Rumah Bergaya Mediterania

Source : Architectural Designs

Rumah dengan gaya mediterania memiliki konsep yang simpel dengan harga material yang murah. Tentunya, Pins bisa menggunakan desain rumah berikut ini untuk hunian yang murah tetapi juga keren. Ketahui karakter pada konsep desain rumah mediterania kekinian untuk rumah.

8. Rumah Kontainer

Source : APK Pure

Desain rumah kontainer saat ini sudah banyak digunakan di luar negeri. Pins bisa menggunakan desain rumah kontainer ini sebagai solusi bangun rumah 50 juta. Bahan yang digunakan cukup simpel dan Pins bisa menerapkan berbagai konsep yang digemari. Pins kamu dapat mengetahui desain rumah kontainer dan contoh desainnya.

9. Rumah Bergaya Victorian

Source : Family Home Plans

Pins ingin menggunakan desain rumah ala luar negeri? Solusinya adalah dengan memilih konsep rumah bergaya victorian. Desain rumah yang satu ini hampir sama dengan konsep rustic atau vintage yang didominasi dengan material kayu pada bangunan. Ikuti tips desain rumah gaya victorian klasik.

10. Rumah Bergaya Barn House

Source : Pinterest

Untuk Pins yang ingin membangun rumah budget 50 juta bisa menggunakan desain barn house yang satu ini. Konsep yang digunakannya sangat unik dengan penambahan material kaca pada bagian depan rumah untuk pencahayaan yang lebih baik. Kamu dapat mengetahui desain ruangan terbuka di dalam rumah yang oke untuk sirkulasi udara.

Itulah beberapa cara bangun rumah 50 juta dengan rincian lengkapnya beserta pilihan desain terbaiknya. Tentunya, Pins saat ini sudah siap kan untuk membangun rumah budget 50 juta sesuai dengan hunian impian? Selamat mencoba!

Baca juga:

Feature Source Image: Homedit


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download