Pinhome

Tips Properti

Apartemen atau Rumah? Pilih Hunian Terbaik Versi Pins

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Hunian merupakan salah satu kebutuhan utama, karena itu Pins harus cermat dalam menentukan pilihan. Sekarang ini hunian tidak hanya berbentuk rumah, kelangkaan lahan memunculkan banyak apartemen sebagai solusi. Lalu, manakah yang harus Pins pilih? Apakah apartemen atau rumah?

Pinhome – Memilih hunian, seperti apartemen atau rumah, yang tepat memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada banyak faktor yang harus dipikirkan agar hunian terpilih bisa menjadi tempat ternyaman bagi Pins sekeluarga.

Jenis hunian yang paling populer ada diantara apartemen atau rumah. Nah, buat Pins yang lagi mencari hunian dan masih bimbang memilih antara kedua hunian ini, sebaiknya simak dulu uraian tentang dua hunian populer ini sebelum menentukan pilihan.

Membandingkan Apartemen Dengan Rumah

Apartemen atau rumah, Pins pasti sering dihadapkan oleh dua pilihan itu saat sedang memilih sebuah hunian. Sebenarnya hal ini bukan hal yang mengherankan mengingat hunian ini merupakan tempat yang paling banyak diminati. Jadi, untuk menentukan mana hunian idaman, Pins bisa melihat perbandingan antara kedua hunian tersebut.

1. Lokasi

Sebelum menentukan pilihan antara apartemen atau rumah, Pins bisa melihat perbandingan kedua hunian tersebut dari sisi lokasi. Apartemen biasanya di bangun di tengah kota yang dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti perkantoran, swalayan, dan tempat hiburan.

Ini dilakukan agar penghuninya lebih mudah dalam melakukan mobilitas. Sebaliknya, pembangunan rumah biasanya tidak pernah melihat lokasi. Ada kalanya rumah di bangun dekat dengan pusat kota. Tidak jarang Pins menemui rumah yang berada di pinggiran kota jauh dari keramaian.

2. Harga

Jika Pins mau membandingkan antara apartemen atau rumah, harga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Secara kasat mata, apartemen dapat dimiliki dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan rumah. Ini tidak mengherankan, sebab ketika Pins membeli apartemen, hanya bangunannya lah yang menjadi hak milik.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan pembelian rumah, dimana ketika Pins membeli rumah, tidak hanya bangunan saja yang dibeli melainkan juga dengan tanahnya.

3. Fasilitas

Setiap hunian baik itu apartemen atau rumah pasti dilengkapi oleh fasilitas pendukung. Namun, ketika Pins membeli sebuah rumah di perumahan, fasilitas yang diberikan tidak akan selengkap apartemen.

Saat membeli sebuah apartemen, Pins biasanya juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola seperti kolam renang, lobi, lapangan tenis hingga taman bermain.

4. Keamanan

Salah satu kelebihan apartemen dibandingkan dengan rumah adalah sistem keamanannya yang sangat ketat. Tidak sembarang orang diperbolehkan untuk masuk ke dalam apartemen. Kalaupun ada yang masuk, maka petugas keamanan akan melakukan pemeriksaan.

Tidak hanya itu, di sekitar apartemen biasanya juga dipasang kamera cctv untuk memantau lingkungan di sekitar apartemen.

Hal tersebut tidak akan ditemukan di lingkungan perumahan dimana biasanya hanya dilakukan penjagaan seadanya. CCTV juga biasanya hanya dipasang pada titik-titik tertentu bahkan terkadang tidak dipasang.

5. Ketersediaan Ruang

Sebenarnya baik apartemen atau rumah, keduanya memiliki ruang yang cukup bagi penghuninya. Namun, bagi Pins yang membutuhkan banyak personal space, tinggal di apartemen mungkin bukan pilihan terbaik. Ini dikarenakan ruang di apartemen sangat terbatas.

Ruangan yang Pins miliki saat membeli apartemen hanyalah ruang kamar. Taman, halaman dan teras merupakan ruang yang tidak akan bisa Pins nikmati dari sebuah apartemen.

Sebaliknya, sebuah rumah memiliki banyak ruang yang bisa Pins gunakan secara bebas. Pins bisa menggunakan taman, atau halaman dan teras sesuka hati karena kesemua itu adalah milik Pins pribadi.

6. Biaya Perawatan

Ketika Pins bimbang memilih apartemen atau rumah, biaya perawatan hunian bisa menjadi salah satu pertimbangan. Apartemen biasanya menarik biaya untuk melakukan perawatan. Karena itulah lingkungan di apartemen tidak pernah kotor.

Selain biaya perawatan, Pins juga harus membayar biaya listrik, air dan langganan parkir. Semua biaya tersebut tentu saja tidaklah murah.

Sementara itu, biaya perawatan rumah jauh lebih murah atau bahkan tidak ada jika Pins mau membersihkan lingkungan sendiri. Pins juga tidak perlu membayar parkir karena telah memiliki garasi sendiri.

7. Peraturan dan Larangan

Salah satu hal yang paling mencolok dari apartemen adalah adanya peraturan dan larangan yang harus dipatuhi oleh penghuninya. Ada kalanya peraturan dan larangan tersebut menyulitkan penghuni apartemen seperti larangan membawa hewan piaraan atau larangan memodifikasi ruangan.

Hal ini tentu tidak akan terjadi ketika Pins tinggal di rumah. Meskipun apartemen atau rumah sama-sama memiliki aturan, tetapi peraturan dan larangan di rumah adalah hal yang Pins tentukan sendiri. Ketika Pins tinggal di rumah, Pins juga bebas memodifikasi rumah atau memelihara seekor binatang.

Baca juga: Beli Rumah Atau Apartemen, Mana yang Cocok Untuk Millenial?

Faktor-Faktor Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Hunian

Memilih hunian baik apartemen atau rumah tidaklah semudah seperti yang Pins bayangkan. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum suatu hunian dipilih. Ini dilakukan agar Pins tidak salah pilih dan bisa mendapatkan hunian impian yang nyaman.

1. Budget

Faktor terpenting saat memilih sebuah hunian entah apartemen atau rumah adalah budget. Pins harus bisa menyesuaikan budget dengan hunian yang akan dipilih. Jika Pins akan memilih apartemen, pilihlah jenis apartemen yang masih terjangkau oleh kantong.

Begitu juga apabila Pins akan membeli rumah. Jangan tergoda oleh ukuran rumah sehingga Pins harus mengeluarkan biaya jauh di atas kemampuan Pins. Over budget saat membeli apartemen atau rumah harus dihindari sebisa mungkin karena bisa menyusahkan.

2. Lingkungan Sekitar

Satu hal lagi yang perlu Pins perhatikan sebelum memilih apartemen atau rumah, yakni lingkungan sekitar. Meskipun apartemen bisanya memiliki lingkungan yang lebih aman dibanding rumah, bukan berarti Pins bisa asal memilih apartemen. Perhatikan lingkungan geografi apartemen dan juga suasana sosial di gedung apartemen.

Baik bagi apartemen atau rumah, lingkungan sekitar merupakan hal yang penting. Ketika Pins memilih rumah, pastikan lingkungan sekitar aman dan nyaman untuk ditinggali, sehingga Pins akan merasa betah.

3. Dekat Dengan Sekolah

Bagi Pins yang sudah berkeluarga dan memiliki anak usia sekolah, faktor jarak sekolah dengan apartemen atau rumah yang akan dipilih perlu dipertimbangkan. Sebaiknya Pins memilih hunian yang dekat dengan sekolah agar tidak merasa repot mengantar anak ke sekolah.

Meskipun Pins sekarang belum memiliki anak, tidak ada salahnya memilih hunian baik itu apartemen atau rumah yang dekat dengan sekolah. Bisa saja dimasa depan, hunian yang dekat dengan sekolah tersebut bisa dijadikan investasi.

4. Tetangga

Pins harus ingat bahwa Pins tidak tinggal sendirian baik itu di apartemen atau rumah. Ada orang lain di sekitar Pins yang disebut tetangga. Oleh karena itu, sebelum memilih hunian tidak ada salahnya jika Pins memeriksa kebiasaan calon tetangga.

Pastikan bahwa tetangga di apartemen atau rumah yang akan Pins pilih tidak menimbulkan rasa tidak nyaman, karena memiliki perbedaan mendasar. Dengan begitu Pins akan merasa nyaman dan betah tinggal di hunian tersebut.


Sebagai salah satu kebutuhan utama, Pins harus benar-benar mempertimbangkan hunian yang akan ditinggali baik itu apartemen ataupun rumah. Ini dikarenakan, hunian tersebut akan menjadi tempat Pins pulang dan tempat Pins menghabiskan waktu. Sehingga, Pins harus benar-benar nyaman dengan hunian tersebut.

Sesudah memutuskan untuk memilih jenis hunian baik apartemen atau rumah, Pins bisa mencari mana hunian yang tepat di Pinhome.id. Ada banyak desain rumah yang bisa Pins pilih. Pinhome merupakan solusi tepat transaksi properti.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel