Pinhome

Transit Oriented Development (TOD), Trend Baru Hunian Milenial

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Transit Oriented Development – Salah satu pertimbangan yang paling penting saat membeli rumah adalah mengenai lokasi. Apalagi di masa sekarang, di mana harga properti strategis di tengah kota tak lagi bersahabat sementara properti yang berada di daerah pinggiran, kendati tak kalah bagus, memiliki potensi kendala biaya transportasi.

Dilema inilah yang dibaca oleh para pengembang yang akhirnya menciptakan solusi hunian baru yang dijuluki Transit Oriented Development atau TOD. Seperti apakah detailnya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Pinhome — Ini nih, Pins, problematika milenial masa kini, terutama yang tinggal di kota-kota metropolitan seperti Surabaya atau Jakarta. Karena lahan yang semakin sempit di pusat kota dan permintaan yang semakin tinggi membuat harga properti di tengah kota makin melambung setiap tahunnya.

Inilah mengapa banyak orang memilih untuk tinggal di pinggir kota, atau biasa disebut daerah sub-urban, seperti Depok, Bekasi, Bogor, atau Sidoarjo. Lalu bagaimana dengan transportasi? Inilah mengapa TOD atau Transit Oriented Development bisa jadi solusi terbaik untuk para milenial.

Baca juga: 

Transit Oriented Development (TOD)

Sesuai dengan namanya, Transit Oriented Development adalah konsep yang ditawarkan oleh developer atau pengembang untuk mengatasi permasalahan yang sudah disebutkan di atas.

Tujuan dari pengembangan konsep hunian Transit Oriented Development (TOD) ini adalah memaksimalkan kawasan transit transportasi secara optimal.

Maka jangan heran jika hunian-hunian berkonsep TOD ini memiliki begitu banyak pilihan akses yang sangat mudah, seperti exit tol, stasiun KRL, pengembangan MRT, dan sebagainya.

Baca juga:

Hunian Pilihan Berkonsep TOD

Kabar baik buat Pins yang sedang mencari rumah, Pinhome memiliki beberapa pilihan proyek hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) di kawasan Jabodetabek. Selain strategis dan aksesnya serba mudah, proyek-proyek ini harganya juga terjangkau di kelasnya. Apa saja?

Tenjo Metropolis

transit oriented development

Tenjo Metropolis merupakan salah satu hunian TOD dengan harga terjangkau bagi millennial, namun tidak mengurangi kenyamanan dan fasilitas yang ditawarkan. Tenjo Metropolis dilengkapi ruang hijau terbuka agar sirkulasi udara lebih baik. Sehingga kegiatan berolahraga dan aktivitas luar ruang lebih segar.

Baca juga: 

Green Avenue

transit oriented development

Green Avenue didesain dalam bentuk apartemen untuk kamu milenial yang aktif, simple dan praktis. Ini ditunjukan dari desain fasade yang atraktif dan interior minimalis.

Hunian ini menyediakan banyak unit studio yang diminati milenial, ditambah jarak menuju LRT Jatimulya hanya 30 m, akses bus Transjakarta & Transpatriot, dan Green Walk Mall yang mendukung gaya hidup masyarakat modern.

Adhi City Sentul

Adhi City Sentul adalah hunian yang memiliki visi “Integrated Future City” ini memaksimalkan penggunaan angkutan umum dan pendekatan tata ruang campuran.
Hunian ini diusung bagi segmen senior millennial dan active boomer yang akan menikmati nuansa alam dipadukan fasilitas berupa kluster rumah tapak, fasilitas sosial dan wisata, serta pusat bisnis dan finansial yang akan meningkatkan kualitas hidup.
Akses terdekat dari kawasan hunian ini adalah LRT Sentul dan pintu tol Sentul yang hanya berjarak satu menit saja!

Baca juga: 

Grand Citeras

transit oriented development

Grand Citeras berdampingan dengan Citra Maja, yang ditunjuk pemerintah sebagai kawasan kota baru.

Lokasi Grand Citeras dekat dengan Stasiun Citeras yang akan diperbaharui dan dimodernisasi pemerintah, sekaligus menghubungkan ke Tanah Abang. Hunian ini memiliki potensi investasi yang menarik beberapa tahun ke depan.

Urban Signature

Hunian dengan konsep Transit Oriented Demand selanjutnya adalah Urban Signature. Apartemen ini dibangun di atas mall 3 lantai yang didominasi oleh pusat kuliner dan perbelanjaan, sekaligus akses langsung LRT Ciracas.

Kemudahan tersebut tentu akan meningkatkan produktivitas konsumen, sebagaimana konsep Urban Signature “Harmony & Quality Life”, yaitu menyegarkan kembali para penghuni dari hiruk-pikuk ibu kota Jakarta.

Baca juga: Mau Beli Rumah? Cek Perbandingan KPR Konvensional dan Syariah

Keunggulan Hunian Berkonsep TOD

Setelah mengetahui apa itu Transit Oriented Development dan beberapa proyek dengan konsep tersebut, sebenarnya apa sih keunggulan dari hunian berkonsep TOD ini?

1. Strategis dan jarang terdampak macet

Pins yang tinggal metropolitan seperti Jakarta atau Surabaya pasti sudah paham betul tentang masalah satu ini. Tak hanya makan waktu dan biaya, kemacetan ini juga jadi salah satu pemicu stress yang paling sering dikeluhkan oleh para milenial yang tinggal di daerah sub-urban.

Dengan memiliki hunian berkonsep TOD, Pins dijamin memiliki akses yang mudah ke berbagai pilihan moda transportasi, seperti LRT, MRT, Transjakarta, tol, dan sebagainya.

Sehingga, Pins memilih rute dan moda transportasi yang paling mudah dan nyaman untuk kegiatan sehari-hari. Pun tak dapat menghindari macet, rumah Pins sudah dekat. Lebih gampang, bukan?

2. Lebih terjangkau

Karena letaknya tidak di tengah kota, otomatis harga rumah berkonsep TOD ini lebih terjangkau. Walaupun lebih murah, fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh proyek-proyek berkonsep TOD tak kalah dari rumah-rumah di pusat kota, lho!

Coba cek deh proyek-proyek yang ada di Pinhome. Dengan harga yang ditawarkan, hunian TOD dijamin good deal banget!

3. Prospek investasi bagus

Yang menarik dari konsep TOD ini adalah prospek investasinya yang sangat menjanjikan, Pins! Bayangkan saja, titik akses transportasi sudah pasti merangsang ekonomi masyarakat sekitar; apalagi jika ditambah hunian.

Selain itu, ada beberapa proyek TOD yang memiliki visi jauh di depan, menyesuaikan dengan rencana pengembangan pemerintah sehingga dapat dipastikan harga tanah di kawasan TOD akan terus meningkat juga. Investasi yang menarik!

Gimana, Pins? Tertarik untuk memiliki properti di kawasan hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD)? Yuk mulai browsing halaman Pinhome buat cek informasi lebih lengkap!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel