Pinhome

Uncategorized

Ini Penyebab Anda Sulit Beli Rumah Di Usia 30an

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan sebuah aset yang berharga bagi semua orang. Memiliki rumah tentunya bukanlah suatu hal yang mudah. Selain lokasinya yang semakin tergeser ke pinggiran kota ternyara juga harga yang semakin naik dari tahun ketahun. Memiliki rumah juga sulit apabila telah memasuki usia 30an. Berikut ini adalah penyebab Anda sulit beli eumah di usia 30an.

usia beli rumah
usia beli rumah

Tidak seimbangnya kenaikan harga tanah dengan kenaikan gaji

Harga rumah dari tahun ketahun pasti akan mengalami kenaikan. Biasanya kenaikan harga rumah di perkotaan mencapai hingga 30 %. Hal tersebut tentunya tidak seimbang dengan kenaikan gaji karyawan kantoran. Kenaikan gaji yang hanya berkisar antara 10-15% inilah yang menyebabkan mengapa kita semakin sulit untuk membeli rumah.

Dalam diri Anda masih terdapat keraguan meskipun telah memiliki uang muka

Sebagian orang terkadang masih merasa ragu membeli rumah meskipun mereka sudah mempunyai uang muka mencapai setengah harga rumah. Orang-orang tersebut cenderung berfikir bahwa membeli rumah secara tunai lebih menguntungkan daripada pembelian secara kredit.  Hal tersebut ternyata tidak sesuai dengan realita.

Cara berfikir orang-orang tersebut ternyata tidak sesuai dengan realita. Pasalnya apabila Anda telah berkeinginan untuk membeli rumah idaman Anda mulai dari sekarang meski dengan kredit. Anda pasti akan lebih mudah untuk memilikinya karena harga yang belum terlalu mahal. Pastikan Anda telah menyisihkan sebesar 30 % uang dari pendapatan setiap bulannya serta membayarkan uang muka minimal 60 % dari harga rumah.

Kenaikan harga material bangunan setiap tahunnya

Harga material bangunan setiap tahun pasti akan mengalami kenaikan. Meskipun Anda telah mempunyai tanah pastinya akan mengalami kesulitan dalam membangun sebuah rumah apabila tidak mempunyai cukup uang.  Harga material rumah yang mahal biasanya merupakan hasil impor. Kenaikan harga material biasanya mencapai 10%. Pastikan bahwa Anda sudah mulai menabung dari sekarang untuk membangun rumah.

Rasa takut untuk mengajukan KPR

Pengajuan kredit rumah (KPR) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan apabila Anda berkeinginan membeli rumah tetapi tidak mempunyai dana yang cukup. Sebagian orang akan merasa ketakutan terlebih dahulu ketika ingin mengajukan KPR, hal ini dikarenakan mereka khawatir apabila tidak dapat membayar cicilan rumah tepat waktu setiap bulannya.

Ketakutan pengajuan KPR mengakibatkan kita akan menunda untuk membeli rumah sampai mempunyai uang yang cukup. Hal tersebut sangatlah tidak benar, seharusnya kita sudah mensiasati untuk konsisten ketika ingin membeli rumah. Ketika kita sudah berani mengambil resiko untuk membeli rumah maka kita akan berusaha dengan cara apapun untuk dapat membayar cicilan rumah.

Itulah beberapa penyebab mengapa Anda sulit membeli rumah di usia 30an. Hal utama yang dibutuhkan ialah niat dan juga mempunyai sejumlah modal. Mulai dari sekarang tabunglah sejumlah penghasilan Anda untuk membeli rumah idaman dimasa depan.

Tags :

Bagikan Artikel