Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Buat Perantau Milenial, Lebih Baik Sewa Rumah atau Apartemen di Jakarta?

Tips Properti

Buat Perantau Milenial, Lebih Baik Sewa Rumah atau Apartemen di Jakarta?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 7 menit membaca

Tahu gak yang harus Pins siapin kalau mau kerja di Jakarta? Selain mental yang kuat, pikirin juga di mana tempat tinggalnya; karena lahan di Jakarta semakin terbatas dan harga tanah terus meroket. Pilihannya adalah sewa rumah atau apartemen di Jakarta. Dua opsi ini yang sering dijadikan solusi para perantau milenial. Kalau Pins gimana?

Pinhome – Sebenarnya, mau sewa rumah atau apartemen di Jakarta sama-sama menguntungkan. Semuanya punya plus-minus masing-masing yang harus Pins pertimbangkan. Makanya, artikel ini gak cuma ngebahas tentang sewa rumah di Jakarta dan gimana tinggal di apartemen aja. Ada juga poin-poin penting yang harus dipikirkan sebelum memutuskan sewa tempat tinggal.

Sewa Rumah yang Tepat di Jakarta
Sewa rumah akrab disebut juga dengan “ngontrak“. Artinya, seseorang membayar secara bulanan atau tahunan kepada si pemilik rumah sebagai kesepakatan untuk dihuni. Sejumlah rumah di Jakarta banyak yang disewakan oleh pemiliknya seperti ini. Harganya pun bervariasi dan tentu saja tergantung lokasi. Semakin lokasinya strategis atau elite, ya harganya semakin mahal. Besar kecilnya rumah menjadi faktor kedua yang menentukan harga tersebut.

Melihat tren anak muda jaman sekarang yang lebih suka berpindah, maka sewa rumah menjadi opsi yang sering dipilih. Buat mereka sewa rumah atau apartemen di Jakarta bikin hidup lebih fleksibel, gak ribet, dan simpel saat menemukan tempat hunian yang lebih menarik. Ada juga yang memiliki alasan lain, seperti:

  • Lebih hemat. Banyak yang sewa rumah atau apartemen di Jakarta bersama temannya agar biaya sewa menjadi lebih murah.
  • Tinggal hanya sementara. Salah satu alasan adanya sistem pembayaran bulanan untuk sewa rumah atau apartemen di Jakarta karena nggak semua orang mau selamanya tinggal di satu lokasi.
  • Harga rumah makin mahal. Mahalnya harga rumah dan lahan menjadikan banyak yang mengambil opsi sewa rumah atau apartemen di Jakarta.

Nah, kalau Pins harus menyewa rumah dulu, gak apa-apa kok. Tapi harus selektif, ya, karena inilah sikap utama yang harus dilakukan dalam menentukan sewa rumah yang tepat. Selektif ini dalam banyak hal, yaitu saat memilih lokasi serta teman berbagi kalau berencana tinggal bersama. Cari lokasi yang sesuai kebutuhan, aman, bersih, dan nyaman. Setiap orang punya standarnya masing-masing.

Selain itu, carilah teman berbagi yang kooperatif. Bisa pusing kalau sewa rumah atau apartemen di Jakarta dengan orang yang gak commit, apalagi urusan bayar. Pins bisa pusing sendiri nanggung biaya sewa. Awalnya mau hemat malah terbebani sendiri. Nggak cuma itu, penting juga sharing tempat tinggal dengan teman yang rajin. Kebayang gak hidup bareng dengan orang yang jorok dan malas bersih-bersih?

Tren Anak Muda Tinggal di Apartemen Jakarta
Saat harus memilih sewa rumah atau apartemen di Jakarta, sebagian milenial ada juga yang memutuskan tinggal di apartemen. Semakin hari jumlah orang-orang ini semakin bertambah hingga akhirnya kini jadi tren. Inilah yang menarik sebab keputusan menyewa apartemen bukan karena urusan kantong. Umumnya mereka adalah anak muda yang berpenghasilan lumayan tinggi, lingkungan pergaulannya bergengsi, dan standar hidupnya berkelas.

Keputusan ini sah-sah saja, sebab Pins perlu ingat kalau standar setiap orang berbeda. Mengingat di apartemen fasilitasnya lebih lengkap, tentu saja orang-orang ini sangat mengedepankan kenyamanan. Kalau tinggal di apartemen, seluruh kebutuhan pribadi ada di satu tempat ditambah fasilitas lainnya, seperti gym, laundry, cafe, jogging track, supermarket, dan masih banyak lagi.

Kalau Pins tertarik untuk sewa apartemen di Jakarta, gak perlu bingung karena ada banyak sekali pilihannya, mulai dari harga hingga lokasi. Sesuaikan dulu dua hal itu dengan diri Pins sekarang. Sebagai catatan, semakin strategis lokasinya, maka semakin mahal harganya. Pokoknya mau sewa rumah atau apartemen di Jakarta, Pins harus ingat harga akan berbanding lurus dengan seberapa strategis lokasinya.

Baca juga: Beli Rumah Atau Apartemen, Mana yang Cocok untuk Millenial?

Pikirkan Ini Sebelum Sewa Rumah atau Apartemen di Jakarta
Gimana, Pins, sekarang udah tahu mau sewa rumah atau apartemen di Jakarta? Kalau masih bingung, ini nih beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan. Sebagai perantau di ibu kota, kita harus bisa memutuskan semuanya dengan bijak, termasuk urusan tempat tinggal.

1. Jarak ke kampus atau kantor
Perantau di Jakarta bukan hanya pekerja, tapi banyak juga yang mahasiswa. Apapun status Pins, saat akan memutuskan sewa rumah atau apartemen di Jakarta pastikan jaraknya gak terlalu jauh dari kampus atau kantor. Walaupun harus naik angkutan umum, carilah yang lokasinya dekat halte busway, stasiun, terminal, atau akses transportasi lainnya.

Memang banyak yang mengalah sedikit dengan mengambil sewa rumah atau apartemen di Jakarta dengan jarak jauh. Tapi bukan berarti malah menyulitkan diri untuk aktivitas sehari-hari. Saat ini rumah sewa dan apartemen banyak tersebar di berbagai daerah di Jakarta kok. Tinggal pilih yang jaraknya mendekati kampus atau kantor.

2. Harga Sewa
Umumnya sewa rumah atau apartemen di Jakarta sistemnya adalah tahunan. Tapi ada juga yang menyewakannya dengan sistem bulanan atau per enam bulan. Mau bagaimana pun sistemnya, pertimbangkan harga sewa dengan apa yang Pins dapat, misalnya dari fasilitas, kondisi bangunan, dan lainnya. Jangan sampai harga mahal tapi gak sebanding dengan yang dirasakan.

Ngomongin soal harga, ini pun nggak lepas dari budget yang dimiliki. Sesuaikan biaya sewa rumah atau apartemen di Jakarta dengan kemampuan. Kalau bayarnya bulanan, hitung berapa uang yang didapat setiap bulannya. Sedangkan kalau dapat yang sistem tahunan, coba total biaya sewa dibagi dua belas bulan. Bandingkan hasilnya antara sewa rumah atau apartemen mana yang lebih layak.

3. Lingkungan Tempat Tinggal
Ini berhubungan dengan kenyamanan seseorang. Hal yang paling utama dilihat dari lingkungan adalah keamanannya. Gak nyaman, kan, kalau Pins tinggal di tempat yang rawan pencuri, air susah, mudah kebanjiran, dan sebagainya. Standar lingkungan setiap orang akan berbeda. Makannya saat akan sewa rumah atau apartemen di Jakarta perlu survey langsung untuk tahu lingkungan yang sebenarnya.

Faktor selanjutnya yang dinilai dari lingkungan adalah keramaian. Sejumlah orang yang memilih sewa apartemen karena lebih tenang, individualis, dan terjaga privacy-nya. Meskipun, tak semua lokasi rumah sewa berada di lingkungan perumahan yang ramai dan orang-orang sekitarnya senang berkumpul bersama tetangga.

4. Lamanya Sewa
Pikirkan rencana jangka panjang Pins karena akan menentukan lamanya sewa rumah atau apartemen di Jakarta. Seperti yang disebutkan di atas kalau sistem sewa ada yang bulanan, per enam bulan, hingga tahunan. Kalau rencananya cuma sebentar, maka lebih baik sewa apartemen. Meski pun lebih mahal tapi cukup sulit mendapatkan pemilik rumah yang mau dibayar sewa per bulan.

Namun sebaliknya, apabila Pins berencana akan lama tinggal di lokasi tersebut, maka bisa bebas memilih sewa rumah atau apartemen di Jakarta. Satu hal tambahan yang perlu Pins tahu kalau biaya sewa kemungkinan akan naik setiap tahunnya. Jadi, siap-siap untuk yang satu ini, ya!

5. Aktivitas Saat Weekend
Ini nih yang jarang terpikirkan oleh mereka yang mau sewa rumah atau apartemen di Jakarta. Coba pertimbangkan aktivitas apa yang akan Pins lakukan selama weekend. Apakah lebih senang menyendiri, nonton film, baca buku, atau tiduran? Sebaliknya, mungkin Pins akan lebih banyak di luar atau mengajak teman-teman untuk kumpul. Itu semua akan mempengaruhi keputusan Pins lho.

Kalau Pins ingin santai sendirian dengan tenang, bisa sewa rumah atau apartemen. Tapi kalau akan lebih sering undang teman untuk datang, pikirkan lagi saat akan menyewa apartemen. Sebab biasanya aturan penghuni apartemen tidak boleh membuat kegaduhan. Pins bakalan ditegur oleh penghuni sebelah atau sama security.


Melihat banyaknya opsi hunian memang agak bikin bingung saat harus memutuskan sewa rumah atau apartemen di Jakarta. Keduanya gak ada yang lebih baik selama disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. Bisa juga tanya teman atau anggota keluarga yang ada di Jakarta dan minta pendapat mereka sebaiknya bagaimana. Masukan mereka bisa jadi poin pertimbangan tambahan lho!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel